Cara Menghilangkan Embun di Lensa Kamera HP Tanpa Tukang Servis

Cara Menghilangkan Embun di Lensa kamera HP – Apapun merek ponselnya entah itu Samsung Vivo Sony OPPO dan sebagainya, kalau sudah lensa kameranya mengembun pastinya hasil Jepretan tidak akan maksimal dan buram.

lensa kamera HP berembun

Karena beberapa sebab, Uap air bisa masuk ke dalam body ponsel dan menyebabkan air terperangkap didalamnya tidak bisa menguap dengan leluasa.

Bisa saja Embun di kamera HP atau di bagian layar depan karena ponsel terkena air hujan meskipun tidak menyebabkan komponen lain rusak dan sistem masih berfungsi normal.

Cara Hilangkan Embun di Kamera Depan / Belakang

Mari langsung saja kita simak bagaimana menghilangkan uap air atau embun yang menempel di layar kamera HP tanpa mendatangi tukang servis:

1. Beras

menanam HP dalam beras

Beras ampuh juga untuk menghilangkan embun yang menempel di kamera ataupun layar HP, dan cara pemakaiannyapun mudah, cukup masukkan beras ke dalam wadah dan benamkan HP kedalamnya.

Tutup rapat wadah yang isinya beras dan HP tersebut untuk beberapa jam atau kalau bisa semalaman agar lebih maksimal menghilangkan kelembaban di dalam ponsel.

Baca juga:  Membuka WhatsApp selalu keluar tanggal salah, ini Solusinya!

Cara pertama ini lebih mudah dan murah, bahkan sudah terkenal dari dulu kalau ponsel terkena air hujan dibenamkan dalam beras agar tetap kering dalamnya.

2. Silica Gel

silica gel untuk mengeringkan HP

Kita bisa memanfaatkan silica Gel untuk menghilangkan uap air yang menempel di kamera HP dengan mudah dan murah.

Silica Gel berfungsi untuk menyerap kelembaban dan umum ditemui ketika kita membeli produk obat kemasan atau saat membeli sepatu baru.

Bilamana kita atau teman mempunyai seilica gel silahkan gunakan, caranya letakkan ponsel pada wadah dan taburkan butiran silica, kemudian tutup wadah tersebutdan biarkan untuk beberapa Jam atau semalaman lebih bagus.

3. Hair Dyer

Ada juga cara mudah menghilangkan uap air menempel di kamera HP dengan menggunakan hair dryer. Pengering rambut ini sangat ampuh untuk menguapkan sisa air yang menempel di lensa kamera dan juga layar HP dengan cepat.

Yang perlu diingat, saat menghembuskan udara panas dari hair dyer ke kamera HP cobaah untuk tidak pada satu titik agar jangan terlalu panas menerpa permukaan ponsel.

Baca juga:  Memperbaiki BBM selalu Menyambungkan Padahal Internet Aktif

Kalau tipe ponsel baterainya bisa dicopot maka lepas dahulu baterai dan hembuskan juga uap panas ke sela-sela lobang yang ada di area baterai.

4. Sinar Matahari

Kalau yang lebih murah dan mudah juga ada untuk mengeluarkan embun yang menemel di kamera HP atau layar yang lembab, yakni dengan menggunakan paparan sinar matahari.

Yang perlu diingat jangan menjemurnya terlalu lama, karena bisa membuat layar depan ponsel kusam karena kepanasan.

Nah, itulah tips mudah dan murah menghilangkan kamera HP yang mengembun tanpa bantuan tukang service untuk membongkarnya, Semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "Cara Menghilangkan Embun di Lensa Kamera HP Tanpa Tukang Servis"