Cara mengatasi HP Samsung Selalu Gagal kirim SMS

Cara mengatasi HP samsung selalu gagal kirim SMS – Meskipun berkirim pesan Via SMS saat ini sudah bisa tergantikan dengan aplikasi perpesanan via Internet seperti WA, Line, messenger dan sebagainya, namun kirim SMS langsung dengan aplikai perpesanan masih wajib ada dan digunakan sampai saat ini.

gagal kirim SMS di HP samsung

Menjadi masalah tersendiri saat kita ingin mengirim SMS namun selalu gagal, Tidak hanya di HP Samsung saja, namun di semua tipe ponsel seperti Asus, Xiaomi, OPPO, Lenovo dan sebagainya bisa mengalami kegagalan berkirim pesan meskipun pulsa masih ada dan masa aktif juga masih panjang.

Penyebab HP Samsung tidak bisa kirim SMS

Adapun penyebab HP samsung Galaxy tidak bisa mengirim pesan dan selalu gagal meski pulsa utama masih banyak, bisa diakibatkan beberapa sebab seperti aplikasi perpesanan bermasalah dan yang sering terjadi karena pengaturan nomor pusat pesan SMS tidak terisi dengan benar.

Simak juga tips Samsug berikut:

Mungkin ada yang bertanya-tanya, tidak merasa mengotak-atik pengaturan pusat pesan tapi mengapa isiannya berubah atau bahkan kosong?. Banyak kejadian saat kita tidak merasa membuat pengaturan di settingan SMS namun tiba-tiba settingannya berubah sendiri.

Baca juga:  Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon

Sebenarnya secara otomatis sistem dii smartphone akan mendeteksi keberadaan Sim Card yang terpasang dan langsung mengisi pangaturan SMS center dengan defaultnya serta langsung bisa digunakan.

Namun pada sebagian smartphone, adanya kendala sistem maupun aplikasi yang bisa menyebabkan berubahnya isian data sms center sehingga penggunanya harus melakukan settingan ulang agar bisa digunakan.

Cara Mengatasi Gagagal kirim pesan di HP Samsung

Nah, langsung saja kita simak urutan cara mengatur aplikasi perpesanan di HP samsung Galaxy agar bisa kembali berkirim pesan:

1. Restart ponsel

Pertama kali saat tidak bisa mengirim SMS dari HP samsung cobalah untuk merestart dahulu ponsel, matikan dan nyalakan ulang dari awal.

Biasanya dengan cara ini sistem akan melakukan loading ulang pengaturan jaringan serta Pusat pesan yang ada di ponsel. Setelah ponsel menyala cobalah untuk mengulangi mengirim SMS, dan apabila tidak berhasil juga, maka kita lanjut ke tips ke-dua.

2. Pengaturan Pusat Pesan SMS

Umumnya kesalahan isian SMS center menjadi kendala utama pengguna HP Android tidka bisa mengirim pesan ke semua nomor tujuan, nah untuk mengatasinya kita cek dahulu apakah nomor pusat pesan kartu yang kita miliki sudah benar atau tidak.

Baca juga:  Cara Merekam Panggilan Telepon di HP Vivo V9 Tanpa Aplikasi

Untuk settingan SMS Center di HP samsung galaxy bisa disimak caranya dibawah ini, dan untuk tipe smartphone lainnya seperti Zenfone, LENOVO, Xiaomi, OPPO dan sebagainya bisa menyesuaikan tata letak menunya.

Setting SMS center HP Samsung Galaxy

  • Masuk ke aplikasi perpesanan, sesudah itu di pojok kanan atas ada menu yang bisa di klik, silahkan masuk ke dalamnya dan pilih opsi Pengaturan

HP samsung gagal kirim pesan

  • Dari opsi pengaturan pesan tersebut pilih lagi menu Pengaturan Lainnya
  • Kemudian masuk ke opsi Pesan teks >> Pusat Pesan
  • Nah, pada SIM Card pertama silahkan isikan nomor SMS center sesuai kartu yang digunakan, begitu juga pada SIM card kedua

pengaturan pusat pesan SMS samsung

  • – Untuk Pusat pesan SMS kartu Tri, AS, Axis, Simpati, Indosat M3, Metari, XL dan smartfren isiannya sebagai berikut:

Daftar SMS center Operator Selular Indonesia

3 (Tri) : +6289644000001
AS (Telkomsel) : +62 81100000
Indosat IM3 : +62855000000
Indosat IM3 Ooredoo : +628216124
Mentari indosat : +628216124, +62816125
Simpati Telkomsel : +6281100000
XL : +62818445009 / +628184450095
Smartfren : +628811223344

  • Setelah mengisi SMS center sesuai kartu yang kita gunakan, silahkan klik tombol Simpan dan cobalah untuk mengirim lagi pesan ke nomor yang anda tuju.
Baca juga:  Cara Setting Internet APN Axis 4G Tercepat

3. Coba Ganti Slot Sim Card

Bilamana settingan pesan sudah berhasil namun tidak juga bisa untuk mengirim SMS, maka bisa dengan mencoba mengubah letak Sim card dari slot ke-satu ke slot ke-dua atau sebaliknya.

Coba juga apabila ada teman lain yang menggunakan tipe kartu selular sama, coba untuk meminjamnya dan mengirim SMS dnegan nomor tersebut dari ponsel anda.

Bilamana dengan kartu lain dengan provider sama namun bisa digunakan, dan hanya kartu kita saja yang bermasalah tentu kita harus menggantinya atau menukarnya di gerai layanan resmi provider kartu selular.

Itulah beberapa tips mengatasi HP Samsung tidak bisa atau selalu gagal mengirim SMS ke nomor lain, semoga bermanfaat dan bila ada yang masih belum jelas bisa ditanyakan pada kolom komentar di bawah artikel ini.

Leave a reply "Cara mengatasi HP Samsung Selalu Gagal kirim SMS"