Cara Perbaiki Facebook Error di HP Android

Cara Perbaiki Facebook Error di HP Android – Bagi anda yang menggunakan facebook sebagai aktifitas sosial utama di HP Android tentunya merasa sebal bila tiba-tiba FB Error, jadinya tidak bisa posting, upload foto selfie, berbagi komentar dan trouble lainnya.

cara mengatasi facebook error android

Bilamana Aplikasi Facebook di HP Android and amengalami trouble, anda tidak sendirian, banyak yang mengalami hal yang sama. Karena setiap aplikasi android bisa saja terjadi malfungsi atau sistem di HP yang bermasalah ketika sedang dijalankan.

Adapun beberapa error dan permasalahan yang sering terjadi pada aplikasi Facebook di HP Android diantaranya:

  • FB ketika dibuka tiba-tiba menutup sendiri
  • Ikon Aplikasi Facebook disentuh tidak bisa terbuka
  • Beranda atau timeline FB tidak muncul
  • Muncul pesan dilayar ‘Facebook telah berhenti’
  • dan masih banyak gejala error lain dari FB.

Baca Juga tips berikut:

  1. Tips Video tidak Play Otomatis di Facebook Lite
  2. Tips Merubah Ukuran Huruf di Facebook
  3. Cara Buka FB di Android agar tampilan seperti di Komputer

Mengatasi problem Error Facebook di HP Android

Apabila kita mengalami gejala error di aplikasi FB seperti halnya diatas, maka bisa melakukan langkah-langkah yang admin sajikan pada tips di bawah ini:

Baca juga:  Settingan APN Telkomsel 4G dan 3G Tercepat 2019

1. Restart sistem android

Hal pertama yang anda harus coba lakukan saat aplikasi facebook error dan tidak bisa terbuka seperti biasanya, entah macet atau beranda tidak muncul maka coba lakukan reboot atau restart.

Umumnya aplikasi FB akan berjalan normal lagi saat setelah proses restart dilakukan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya kinerja data di sistem yang harus dibaca oleh CPU sehingga kadang ada delay atau gagal proses sehingga jalan satu-satunya harus dimuat ulang.

2. Hapus Cache aplikasi Facebook

Bila permasalahan tetap terjadi di FB, cobalah untuk membersihkan file tidak penting atau cache facebook.

Data cache umumnya berisi berbagai riwayat data yang sudah pernah dibuka, yakni foto, link url, ink video dan lain sebagainya.

Tidak ada resiko apapun saat kita menghapus cache, karena bukan datanya yang kita hapus namun hanya file jejaknya saja. Jadi cobalah menghapus cache FB terlebih dahulu agar bisa kembali berjalan normal.

Cara hapus cache aplikasi FB umumnya terletak pada Settings (pengaturan) > aplikasi > Facebook > Hapus cache

Baca juga:  Cara mengatasi BBM tidak terhubung padahal internet Aktif

3. Hapus Data FB

Adapun cara lain ketika menghapus cahce sudah tidak bisa mengatasi masalah error di FB maka cobalah menghapus seluruh data aplikasi facebook.

Beda dengan cache, Data aplikas meliputi data asli seperti data password dan username login, data riwayat, data akun dan lain sebagainya.

Perlu diingat, kalau menghapus data aplikasi FB maka nantinya anda saat pertama kali membuka aplikasi facebook diharuskan login kembali dengan username dan password, karena data tersebut sudah hilang terhapus.

Cara hapus data facebook bisa melalui menu pengaturan > Aplikasi > Facebook > Hapus Data

4. Perbarui aplikasi

Hal yang sering terlewat dan tidak diperhatikan oleh para pengguna aplikasi di android adalah lupa tidak melakukan update secara berkala aplikasi FB miliknya.

Melakukan update atau perbaruan aplikasi dengan versi terbaru bisa meningkatkan kinerja sekaligus menambal semua bug dan error yang ada di aplikasi versi sebelumnya.

5. Install Ulang Facebook

Cara terakhir bila semua opsi diatas tidak bisa mengatasi masalah error di Facebook maka lakukan pencopotan aplikasi.

Baca juga:  2 Cara Cepat Screenshot tampilan di HP Vivo Y71

Dengan melakukan uninstall FB dari HP Android maka kita bisa tahu apakah aplikasi sebenarnya yang bermasalah atau sistem di HP android yang sedang error.

Itulah beberapa tips untuk mengatasi Facebook trouble di HP Android yang bisa anda praktekkan, semoga bermanfaat untuk pembaca semua dan selamat bermedia sosial dengan bijak.

Leave a reply "Cara Perbaiki Facebook Error di HP Android"