Cara Merubah Password Email dan melihat Pembobol Akun

Elektronic Mail atau disebut juga E-Mail tidak dapat dipisahkan dari aktifitas Online. Hampir semua aplikasi seperti media sosial, Game, Marketplace dan selainnya akunnya tertaut dengan alamat Email penggunanya. Adapun mengganti password Email bisa dilakukan melalui Ponsel atau dari Komputer dan caranya sangat mudah.

Mengganti kata sandi Email yang dibobol

Karena pentingnya akun Email, menjaga kerahasiaan kata sandi wajib dilakukan. Adapun cara memperkuat keamanan password agar tidak mudah ditebak orang lain atau peretas, direkomendasikan untuk membuat kombinasi angka dan abjad serta menghindari menggunakan sandi dari data identitas diri semisal Nama, tanggal lahir dan sejenisnya.

Rata-rata semua smartphone android mewajibkan penggunanya untuk menggunakan Email dari produk google yaitu Gmail. Tanpa memasukkan akun Email google ke smartphone android maka kamu tidak bisa menginstall aplikasi dari play store dan layanan google lainnya.

Begitu juga bila kamu punya akun di marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli dan sejenisnya, Jangan sampai Email yang digunakan untuk login ke akun jual beli tersebut sampai dibobol atau jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab.

Baca juga:  Cara Melaporkan Situs Penjiplak Konten ke Google Copyright Removal

Oleh karena itu, kalau khawatir Email kamu dibobol atau digunakan orang di perangkat lain, sebaiknya ganti password secara berkala dan pastinya mudah kamu ingat.

Bagi kamu yang belum tahu dimana letak pengaturan ganti kata sandi Email di smartphone, Admin contohkan cara merubah password akun Gmail di HP Android Xiaomi di bawah ini:

Cara Ganti Password Email di HP Android

  1. Buka aplikasi Gmail di Smartphone
  2. Klik foto profil Email kamu di pojok kanan atas
  3. Pilih ‘Kelola akun Google anda’
  4. Setelah halaman akun google terbuka, Pilih tab Keamanan
  5. Geser layar agak kebawah di bagian halaman Login ke Google
  6. Ketuk Sandi untuk mulai merubah password Email
  7. Di halaman selamat datang, masukkan password Email lama kamu untuk verifikasi, lalu klik tombol berikutnya
  8. Bila berhasil masuk, input sandi baru dan ketuk selesai
cara ganti password GMAIL dari HP android

Setelah berhasil mengganti password Gmail, kamu akan ditanya oleh google apakah ingin keluar dari perangkat lain yang sedang aktif atau tidak.

Bila kamu merasa perangkat yang pernah login ke Email benar millikmu, maka abaikan saja. Namun apabila kamu curiga Email diakses di ponsel orang lain yang tertera di akunmu, maka bisa memilih untuk keluar dari semua perangkat.

Baca juga:  Cara Otomatis Reset HP Samsung bila Salah Kode 15 Kali

Bagaimana cara melihat orang yang mengakses Akun Email kita ?

Untuk melihat siapa saja yang login ke akun Email kamu caranya cukup gampang, pada tab keamanan di akun google, geser layar kebawah. Di bagian menu ‘Perangkat Anda’ akan tertera Nama ponsel atau perangkat Komputer yang sedang akif login ke Gmail kamu.

Bila kamu merasa tidak login ke akun google (Email) dari perangkat yang tertera, maka keluarkan saja. Cara mengeluarkan pembobol Email yang login ke akun kamu cukup pilih nama perangkat yang ingin dikeluarkan dan tekan tanda silang.

Artikel Terkait