Cara Reset HP Sony Xperia kembali ke Settingan Pabrikan

Mereset ulang setelan HP Sony Xperia ke settingan pabrik mudah dilakukan saat terjadi error pada sistem ataupun problem pada beberpa aplikasi. Reset bisa dibedakan menjadi dua yakni hard reset dan Soft reset, dimana keduanya sama-sama mempunyai kemampuan memperbaiki sistem yang bermasalah.

tips reset sistem HP SONY XPERIA

Sony Xperia Smartphone

Perlu diketahui, sesudah melakukan reset di HP Xperia nantinya file aplikasi dan game yang ada didalamnya akan hilang terhapus. Begitu juga file yang ada di memori internal seperti Foto, Nomor kontak, video, music serta data akun pengguna seperti Akun Gmail, Akun FB dan selainnya akan ikut terhapus.

Adapun reset di HP Sony Xperia bisa digunakan saat Ponsel Xperia sering lemot, Internet sering macet, aplikasi sering berhenti berjalan, muncul iklan meski tidak sednag membuka aplikasi, HP bootloop atau keluar logonya saja saat baru dinyalakan dan lain sebagainya.

Di tutorial ini admin akan membahas tentang bagaimana cara factory reset dan hard reset Sony Xperia. Dan untuk hard reset sendiri seringkali digunakan saat sistem tidak bisa mengakses menu pengaturan dan bahkan ponsel posisi tidak bisa masuk ke halaman utama alias bootlop.

Baca juga:  Cara Ubah Jaringan 4G slot SIM 2 HP Samsung Galaxy

Cara Reset HP Sony Xperia (Hard dan Soft reset)

Factory Reset Xperia melalui Menu pengaturan

1. Pastikan dahulu kondisi daya baterai HP Sony masih penuh atau setidaknya diatas 50 persen untuk berjaga-jaga agar tidak kehabisan daya saat proses reset berlangsung.

2. Masuk ke menu pengaturan >> Cadangkan & Setel Ulang >> Kembalikan ke setelan pabrik

3. Lanjutkan proses sampai berakhir dan nantinya HP Xperia akan restart secara otomatis dan tunggu sampai sistem manyala kembali dan dalam kondisi seperti baru bawaan pabrikan.

Reset Sony Xperia via Kode rahasia

Kita juga bisa melakukan reset di HP Sony Xperia melalui Kode rahasia, caranya buka menu telepon dan ketik *#*#7378423#*#*. Nantinya akan muncul peringatan atau notifikasi reset, pilih saja YES dan proses factory reset akan segera dijalankan oleh sistem. Tunggu sampai ponsel restart sendiri dan menyala ulang.

Hard Reset Sony Xperia

Saat menu pengaturan HP Sony tidak bisa diakses, atau kita lupa pola kunci layar xperia atau bahkan saat ponsel Sony bootlop maka bisa dilakukan hard reset melalui antarmuka recovery mode, caranya sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Transfer Pulsa Telkomsel sesama Simpati AS dan Loop

1. Pastikan dahulu baterai kondisinya full atau diatas 50 persen, kemudian matikan (shutdown) HP.

2. Setelah ponsel mati, Tekan secara bersamaan tombol Power dan volume atas sampai muncul logo Sony Xperia

3. bila Logo sudah muncul lepaskan kedua tombol dan tunggu sampai sistem masuk ke halaman recovery mode

4. Silahkan pilih opsi “Wipe data factory reset“, kemudian pilih “Yes– Delete all user data“, gunakan tombol volume untuk navigasinya dan untuk konfirmasi gunakan tombol power

5. Setelah proses selesai, silahkan pilih opsi Reboot syste Now dan tunggu sampai ponsel mati dan restart dengan sendirinya untuk menyelesaikan proses reset.

Cara reset diatas bisa dilakukan untuk berbagai tipe smartphone Sony Xperia seperti Xperia Z5 Z4 Z3, Sony Xperia M5 M4 M3, Xperia L2 L1, tipe Xperia C C3 C4 C5 dan beberapa tipe lainnya.

Perlu digarisbawahi, lakukan dahulu backup data dan menyimpannya ke kartu memori eksternal sebelum melakukan proses reset di HP Android Sony Xperia agar nantinya data penting tidak hilang terhapus.

Baca juga:  Bagaimana Melacak HP Vivo Hilang sampai Ketemu Kembali ?

Dan bilamana sesudah proses reset tidak juga berhasil menyelesaiakan masalah di sistem maka kita bisa melakukan langkah terakhir yakni proses flashing ulang HP Sony Xperia untuk memperbaiki semua masalah sistem yang ada.

Itulah tips perbaikan error di sistem serta aplikasi HP Sony Xperia dengan jalan reset, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca Gusinfo.com semuanya.

Leave a reply "Cara Reset HP Sony Xperia kembali ke Settingan Pabrikan"