Cara Simpan Foto dan Video di Google Drive HP Android

Dengan memanfaatkan penyimpanan di google Drive untuk file Foto, Video dan file dokumen lain bisa mempermudah mengaksesnya darimanapun berada. Bahkan di HP android umumnya juga sudah disediakan aplikasi berbagi via drive google, sehingga langsung bisa digunakan oleh pemiliknya.

mengunggah file foto video ke drive google

Selain dapat menyimpan berbagai file ke akun google Drive, kita juga dapat membagikan link tautannya ke teman agar bisa dilihat dan diunduh. Dan jangan khawatir, selama kita belum mengaktifkan link berbagi yang ada di setiap file di google drive maka selama itu pula file yang ada tidak dapat dilihat orang lain atau bahkan mengunduhnya sekalipun.

Salah satu keuntungan menyimpan file foto, video dan file lain ke akun drive google yakni kita tidak disibukkan membawa kesana kemari memori penyimpanan seperti flashdisk, MicroSD, Hardisk dan lain sebagainya. Bahkan selama ada akses internet, kita dapat mengunduh, upload dan membagi filenya dari perangkat komputer atau ponsel dimanapun berada.

Dan kelebihan lainnya, ruang penyimpanan google drive sangat besar yakni 15 GB apabila kita menggunakan akun GMAIL yang standar (gratisan). Ukuran ruang penyimpanan yang cukup besar daripada beli kartu memori. Bahkan kalau kita mempunyai banyak akun Email google, maka bisa dibayangkan kita kalikan saja 15 GB dengan jumlah akun kita.

Baca juga:  Cara Reset Ulang HP Huawei Nova 3i saat Sistem Error

Cara Upload Foto / Video di google Drive

Berikut ini admin bagikan tips cara mengunggah file gambar atau video melalui aplikasi google drive di smartphone android. Kalaupun anda menggunakan laptop atau komputer, caranya sama saja.

  1. Buka menu galeri di smartphone anda, kemudian cari dulu mana gambar atau video yang ingin anda unggah nantinya

menyimpan foto video ke google drive android

  1. Kemudian klik opsi bagikan atau share, dan pilih ‘Simpan ke Drive’
  2. Pada tampilan tersebut, anda dapat mengubah nama file, memilih akun Email yang digunakan untuk penyimpanan dan juga folder mana kita meletakkan unggahan foto/video tersebut. Lalu klik Simpan.

upload foto video ke google drive

  1. Tunggu sampai proses mengunggah file selesai

Cara berbagi file foto / Video dari Google Drive

Untuk membagikan tautan link file foto yang sudah tersimpan ke akun drive dari HP android sangatlah mudah, berikut tutorialnya:

  1. Pada tampilan aplikasi google drive, silahkan cari file yang ingin dibagikan tautannya
  2. Seanjutnya, klik pada menu dibawah file tersebut berupa ikon titik tiga

membagi link tautan foto video drive google

  1. Pada opsi yang muncul, aktifkan opsi ‘Berbagi Link’ dengan menggeser slider sampai berwarna biru
  2. Nantinya akan muncul link tautan yang bisa anda copy atau bagikan via media sosial dan teman anda bisa melihat sekaligus mengunduhnya.
Baca juga:  Bagaimana Melacak HP Vivo Hilang sampai Ketemu Kembali ?

Bilamana suatu saat anda ingin foto atau file video yang sudah terlanjur dibagikan linknya ingin dinonaktifkan, caranya mudah, tinggal geser saja opsi ‘berbagi link’ ke posisi off.

Demikianlah pembahasan tentang cara mengunggah dan berbagi file dari akun google drive via smartphone android, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Simpan Foto dan Video di Google Drive HP Android"