Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon

Cara restart paksa HP OPPO layar macet tidak respon – Kejadian menyebalkan saat asik bermain ponsel android tiba-tiba layar hang dan tidak respon sama sekali, ingin direstart paksa dengan menekan tombol 2 detik juga tidak keluar menu reboot dan restart di layar.

merestart paksa hp oppo

Kejadian Layar android yang tidak bergerak sama sekali bisa menyebabkan semua menu yang ada tidak bisa diakses dan akibatnya pengguna smartphone mau tidak mau harus melakukan restart atau memuat ulang sistem agar bisa digunakan kembali.

Baca juga:

Namun permasalahannya terkadang pengguna HP OPPO atau Android apapun merek dan tipenya bisa mengalami layar diam atau tidak merespon saat disentuh dan semua tombol fisik tidak bisa digunakan.

Cara restart paksa HP OPPO

Sebelum membahas bagaimana cara meloading atau memuat ulang sistem yang tidak respon sama sekali dan ombol power juga tidak bisa berfungsi saat ditekan selama dua detik unuk memunculkan fungsi reboot maka sebaiknya kita ketahui dahulu apa penyebab layar android macet.

Baca juga:  Tips Kaya Ala Yusuf Mansur Yang Bisa Kita Praktekkan

Penyebab layar Android Hang atau macet

CPU Sibuk

Salah satu penyebab HP Android OPPO atau tipe lain tiba-tiba macet dan layar tidak respon saat disentuh karena kinerja CPU yang terlalu padat.

Dimana saat banyak proses di sistem yang berjalan dan harus dikerjakan oleh RAM dan prosesor terlalu berat maka bisa menyebabkan alur perintah di CPU harus diselesaikan secara bertahap.

Dan disaat salah satu proses sistem gagal dilaksanakan oleh CPU maka bisa terjadi sistem berhenti. Terkadang saat kita membiarkan untuk beberapa saat sistem akan kembali bisa bekerja dan layar merespon kembali.

Namun saat sistem sudah overload proses bisa menyebabkan sistem crash dan akibatnya layar tidak bisa merespon setiap perintah dari penggunanya.

Banyak aplikasi berjalan

Proses aplikasi di HP OPPO yang belum ditutup secara sempurna ataupun banyaknya proses aplikasi yang berjalan di background juga bisa mengakibatkan sistem menjadi overload prosesnya.

Seiring dengan banyaknya aplikasi yang harus diproses oleh CPU dan RAM yang sudah kehabisan space bebasnya maka sistem bisa crash dan layar menjadi Hang.

Baca juga:  Memindah WA ke HP lain Tanpa kehilangan isi Pesan secara Manual

CPU Overheat

Seiring meningkatnya kinerja sistem di dalam CPU maka akan menyebabkan suhu prosesor dan perangkat keras lainnya juga semakin meningkat.

Tingginya suhu prosesor dan perangkat keras di dalam ponsel yang melebihi batasan toleransi suhu chipset bisa menyebabkan sistem macet. layar tidak respon dan tombol fisik juga tidak berfungsi normal.

Kerusakan Sistem atau Aplikasi

Sistemm yang rusak ataupun aplikasi yang filenya sudah corrupt di HP OPPO juga bsia menyebabkan seringnya layar ponsel tidak merespon saat digunakan.

Kalau kejadiannya sering anda alami padahal aplikasi dan ruang penyimpanan internal masih banyak space kosongnya, cobalah melakukan reset factory terlebih dahulu untuk mengatasinya.

Cara Restart Paksa HP OPPO

Nah, untuk anda yang mengalami HP OPPO layar Hang atau tidak bisa merespon saat disentuh, apalagi kalau tipe baterainya menggunakan tipe Non removable yang tidak memungkinkan untuk dilepas pasang secara mudah maka bisa dilakukan tips berikut ini:

Silahkan tekan tombol power, jangan dilepas sampai beberapa detik lamanya, biasanya sekitar 20 sampai 30 detik, sampai HP OPPO akan padam dengan sendirinya dan seccara otomatis akan restart.

Baca juga:  Cara Mudah Beli Token PLN via SMS Banking BNI

Bila HP OPPO belum berhasil padam, lakukan sekali lagi menekan tombol powernya, jangan dilepas sampai ponsel benar-benar padam dan restart ulang.

Cara diatas umumnya selalu berhasil dilakukan saat Ponsel OPPO mengalami macet atau Hang dan layar sudah tidak bsia merespon lagi terhadap sentuhan. Semoga tips diatas bermanfaat, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon"