Cara Uji kecepatan Internet HP android tanpa install Aplikasi

Cara test kecepatan internet Android tanpa aplikasi – Koneksi jaringan data internet tentunya berpengaruh pada kecepatan uploadd serta download, dimana keduanya menentukan kualitas jaringan serta provider yang kita pilih selain faktor lain seperti mode jaringan 3G atau 4G, dan juga adanya kendala sistem maupun kendala pada penyedia jaringan itu sendiri.

menguji kecepatan koneksi internet android

Untuk tahu seberapa kecepatan internet yang kita dapat di HP android memang mudah dilakukan, hanya dengan menggunakan aplikasi speed test yang banyak beredar di google play store dan langsung bisa dijalankan untuk menguji seberapa kecepatan upload, download maupun nilai ping yang kita dapatkan.

Namun tool atau aplikasi penguji kecepatan koneksi internet biasanya hanya sesekali saja dipakai alias jarang sekali dipakai sehingga akan sia-sia saja menginstallnya di HP android kita.

Jadi ada solusi yang ditawarkan google search engine atau mesin pencari, dimana dengan menggunakan mesin penelusuran google saja kita bisa mengetahui seberapa kecepatan internet dari jaringan yang kita punya.

Cara Uji kecepatan internet HP Android tanpa aplikasi

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mana mungkin google bisa melakukan test atau uji kecepatan internet di HP kita?, hal itu tidak ada yang tidak mungkin bagi google yang punya developer canggih didalamnya.

Baca juga:  10 Kode Rahasia di HP Samsung Galaxy J7 yang wajib diketahui!

Tahu sendiri kan, kalau di mesin pencari google itu selain bisa digunakan untuk menelusiri kata kunci juga bisa digunakan untuk berbagai tool seperti papan hitung (kalkulator), menghitung kurs dengan cepat, melakukan konversi suhu, mengetahui cuaca dan jam di berbagai negara dengan cepat dan lain sebagainya.

Langsung saja admin akan memberikan tips menguji kecepatan internet di HP android tanpa menginstall aplikasi speed test dan hanya berbekal browser saja, silahkan disimak tipsnya di bawah ini:

1. Buka aplikasi browser bawaan android, atau paling powerfull apabila sudah ada browser chrome gunakan saja.

2. Setelah itu masuk ke alamat situs google.com atau google.co.id

3. Kemudian ketik kata kunci di kolom pencarian ‘Speed test google

test speed internet google

4. Nantinya di hasil pencarian teratas akan terlihat tool uji kecepatan internet, silahka langsung saja klik tombol ‘jalankan uji kecepatan’

5. Tunggu sampai proses pengujian speed downloadd dan upload dilakukan oleh google

hasil uji kecepatan google speed test

6. Hasilnya akan terlihat pada halaman yang ditampilakn berikutnya berupa speed Download anda serta berapa speed upload dalam satuan Mbps

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

7. Apabila tidak yakin dengan hasil yang ada, bisa melakukan uji coba lagi dengan langsung menekan tombol ‘Uji lagi’

Dengan mengikuti tips diatas kita dengan mudah melakukan uji coba kecepatan koneksi internet di dari kartu selular provider yang ada di HP android tanpa repot menginstall aplikasi speed test net yang malah membebani resource RAM HP kita. semoga ulasan admin diatas bermanfaat untuk pembaca sekalian, terima kasih. #Tutorial

Leave a reply "Cara Uji kecepatan Internet HP android tanpa install Aplikasi"