HP Baterai Tanam Terendam air Bagaimana mengatasinya?

Tips mengatasi HP baterai tanam terendam air – Mungkin anda sedang mencari solusi ketika ponsel milik kita tercebur air atau baru saja kehujanan, apalagi HP tersebut mempunyai tipe baterai Non Removable yang tidak bisa dicopot secara cepat karena tertutup rapat dengan baut pengikat di cassingnya. Nah apa yang mesti dilakukan ketika ponsel kita baru saja tercebut air dan tidak sempat membawanya ke tempat service saat itu juga?

HP terendam air

Sebuah perangkat Elektronika, entah itu smartphone, televisi, komputer dan lain sebagainya akan terjadi konsleting atau arus pendek ketika kaki-kaki komponen yang dialiri arus listrik bersentuhan satu dengan lainnya.

Apalagi medianya adalah air, dimana air merupakan konduktor yang dapat menjadi penghantar arus dan bisa menyebabkan hubungan pendek antara kedua kutub arus yang berlawanan.

Banyak sekali kejadian HP atau smartphone rusak karena salah dalam penanganan ketika baru saja tercebur air, entah itu terkena air sebagian pada bodi ponsel atau tercebur seluruh bodi. Kita tentunya tidak akan tahu air akan masuk lewat celah mana di HP tersebut.

Baca juga:  Tips Vivo Y71 menampilkan Kecepatan Internet di layar

Mengatasi HP baterai tanam kecebur air

Apalagi saat ini banyak ponsel keluaran terbaru yang belum mempunyai sertifikat anti air namun sudha menggunakan jenis baterai dengan metode Non removable yang artinya baterai dibuat semi permanen di balik cassing penutup komponen agar tidak mudah dilepas pasang oleh penggunannya.

Bagi yang memiliki Hp dengan tipe baterai Removable alias bisa dilepas pasang, mungkin bisa dnegan cepat menyelamatkan HP miliknya dengan sesegera mungkin melepas baterai ketika Ponsel baru saja tercebur ke air.

Dengan begitu bisa diminimalisir terjadinya arus pendek yang bisa saja terjadi karena air yang meresap dan menghubungkan kaki-kaki komponen di ruang mesin HP serta menyebabkan arus pendek.

Kali ini admin akan berbagi tips bagaimana melakukan penyelamatan ponsel dengan baterai tanam yang baru saja tercebur air, entah masuk mesin cuci, keccebur bak mandi atau kehujanan di jalan. Silahkan simak tipsnya berikut ini:

Langkah mengatasi HP kena Air

1. Langkah pertama yang harus segera dilakukan adalah mengelap keseluruhan bodi luar ponsel yang kecebur air tersebut

Baca juga:  Membuka WhatsApp selalu keluar tanggal salah, ini Solusinya!

2. Apabila HP masih menyala silahkan shutdown dan jangan sekali-kali mencoba menyalakannya kembali sebelum yakin air di dalamnya kering karena bisa terjadi konsleting dan ponsel mati total

3. Setelah HP mati, sebisa mungkin copot penutup komponen (cassing) belakang. Kebanyakan walau ponsel bertipe baterai tanam untuk penutup belakangnya masih bisa dibuka.

4. Setelah itu panaskan dan angin-anginkan bagian belakang dengan menggunakan hair-dryer, apabila tidak punya bisa mengeringkan melalui paparan sinar matahari. lama tidaknya melakukan pemanasan tergantung kondisi air yang dimungkinkan masuk, lakukan terus dengan menghembuskan udara serta panas agar air segera menguap.

5. Bilamana cassing belakang susah untuk dibuka posisikan ponsel tegak dalam posisi yang tidak diubah, agar air bisa merambat dalam satu titik saja dan akhirnya keluar lewat lubang atau celah pada bodi.

6. Kibas-kibaskan juga ponsel dalam kondisi tegak dalam satu arah agar air cepat menuji satu titik

7. Bila tidak memungkinkan untuk menjemur ponsel atau tidak punya hair dryer bisa melalui cara menanam HP ke dalam beras, diamkan selama beberapa jam. Beras juga bisa menyerap kelembaban udara namun tidak seefektif menggunakan hair dryer.

Baca juga:  Mengaktifkan Fitur Easy Touch Vivo Y71

8. Jangan sekali-kali mencoba menyalakan ponsel sebelum yakin benar air didalam sudah menguap sempurna.

9. Apabila sudha dirasa cukup kering, sambil berdoa tentunya, nyalakan ponsel.

10. Apabila menyala dan tidak ada problem apapun, coba lakukan pengisian daya

11. Dan bila semua normal berarti ponsel sudah aman dan siap anda gunakan kembali

Catatan: Untuk yang sudah berpengalaman membongkar ponsel bisa dengan mudah melakukan pengecekan kondisi air yang masuk ke dalam ruang hardware.

Kelemahan dan kekurangan cara diatas tentunya akan mengandung unsur coba-coba karena kita tidak tahu apakah air di dalam smartphone sudah hilang atau belum karena hanya menggunakan feeling.

Namun demikian, cara diatas sangat ampuh untuk kita anda yang ingin melakukan penyelamatan pertama pada kejadian HP kemasukan air agar tidak terjadi arus pendek yang akhirnya menyebabkan ponsel matot (mati total).

Itulah tips mudah melakukan pertolongan pertama pada kondisi HP dengan baterai Non removable kemasukan air, semoga bermanfaat. #Tutorial

Artikel Terkait

3 Comments

  1. Kalau misalnya nih hpnya kecebur terus ga di shutdown abis itu konslet bisa di perbaiki gak

    1. ada kemungkinan bisa diperbaiki meski HP Telah terendam di air, harus dilakukan pengecekan menyeluruh komponen mana yang konsleting dan perlu diganti.

  2. Halo kak,saya butuh pencerahannya nih.
    Saya membawa hp samsung A50 ke Kamar mandi hotel.Saya ingin mandi.Hp saya taruh di sebelah wastafel, dan sudah saya pastikan kering.lLalu sehabis saya mandi,saya mencoba menyalakan hp ,tetapi tidak bisa.Lalu saya mencoba pengisian Daya,tetap tidak bisa.
    Lalu saya keringkan menggunakan hair drayer dan mencoba menyalakannya
    Namun tetap tidak bisa
    Ada pencerahannya ga kak ?
    Please jawab ☹☹

Comments are closed.