Memilih Asuransi Terbaik dan Menguntungkan Untuk Karyawan

Tips Memilih Jenis Asuransi Terbaik untuk Karyawan – Pastinya yang namanya kesehatan adalah hal penting bagi semua orang, tak terkecuali bagi seorang karyawan. Dan biasanya seorang karyawan telah mendapatkan asuransi dari pihak perusahaan tempat bekerja.

memilih asuransi terbaik untuk karyawan

Tentunya asuransi yang didapat disesuaikan dengan level jabatan yang diembannya. Semakin tinggi jabatannya, makin bagus dan lengkap jaminan asuransi kesehatan yang didapat.

Nah, jika dirasa perlu tak ada salahnya bila anda menggunakan asuransi tambahan. Sebagai bahan pertimbangan dalam memilih dan menentukan asuransi terbaik untuk karyawan, tak asa salahnya untuk menyimak ulasan berikut ini.

Tips Memilih Asuransi Terbaik untuk Karyawan

1. Memahami sistem dari asuransi yang akan dipilih

Setiap perusahaan asuransi kesehatan memiliki sistem yang berbeda-beda. Ada yang sifatnya hospital benefit, dan ada pula yang hospital cash plan.

Baca pula:

Untuk jenis asuransi hospital cash plan, pihak asuransi memberikan manfaat penggantian dalam bentuk cash / tunai, jadi pasien harus melakukan pembayaran terlebih dahulu baru setelah itu, harus melakukan proses klaim yang kemudian diganti dengan sistem reimbursement.

Baca juga:  Ide Promosi Online yang Efektif dan Menguntungkan

Sebagai contoh, anda mempunyai plan biaya rumah sakit perhari 1 juta rupiah. Namun nyatanya, dalam tagihan anda hanya dikenai biaya 600 ribu, maka pihak asuransi tetap akan membayarkan sejumlah 1 juta. Namun, bila tagihan dari rumah sakit diatas 1 juta, maka anda harus membayar sisa kekuranganya tersebut.

2. Sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda

Identifikasi kebutuhan anda terlebih dahulu sebelum membeli produk asuransi kesehatan. Misal dari tempat bekerja anda sudah mendapatkan fasilitas asuransi. Nah, cek bagaimana fasilitas yang disedikan asuransi tersebut, apa sisi kekurangannya.

Nah, setelah menemukan apa sisi kelemahan atau kekurangan dari asuransi kesehatan dari perusahaan, maka anda tinggal mencari produk asuransi kesehatan yang bisa menutupi kekurangan tersebut.

Misal asuransi yang diberikan perusahaan, tidak mencakup penyakit a, maka anda cari asuransi yang bisa membackup jenis penyakit tersebut. Atau pertimbangan lainnya.

3. Pilih produk asuransi yang punya jaringan rumah sakit terluas

Sebaiknya anda memilih produk asuransi yang memiliki jaringan yang luas. Yang utama adalah adakah rumah sakit yang paling dekat dengan tempat tingal anda.

Tentunya, semakin banyak rumah sakit yang menjadi rekanan produk asuransi tersebut, semakin bagus. Jadi anda tidak kesulitan bila sewaktu-waktu membutuhkan pelayanan. Entah itu saat ada dikota sendiri atau saat sedang ada di luar kota atau luar pulau.

Baca juga:  Tips Berinvestasi Tanah dengan Keuntungan Maksimal

4. Cermat menentukan premi asuransi

Asuransi kesehatan yang baik dengan pelayanan maksimal, namun mematok premi murah, tentu menjadi dambaan semua orang. Namun biasanya, semakin lengkap layanan dan manfaat suatu asuransi, maka semakin mahal juga premi yang akan anda bayarkan setiap bulanya.

Dan hal ini tentu saja wajar. Namun idealnya, jangan hanya fokus mencari produk asuransi yang memberikan layanan paling lengkap saja, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi anda.

Tentunya mubazir bukan memilih produk asuransi yang menawarkan layanan lengkap dengan premi sangat mahal, namun nyatanya anda tidak pernah memanfaatkan layanan tersebut?

Pastinya sangat tidak bagus, bila kesejahteraan anda nantinya tergangu gara-gara terbebani premi asuransi bulanan yang tinggi. Saran kami, pilih polis asuransi yang preminya maksimal 5 % dari total penghasilan anda.

5. Pilih perusahaan asuransi yang mempunyai reputasi bagus.

Asuransi merupakan produk jangka panjang. Ada baiknya anda mengetahui dengan baik reputasi dan kredibilitas perusahaan asuransi yang akan anda pilih.

6. Pilih asuransi yang memberi kemudahan dalam melakukan klaim

Baca juga:  4 Bisnis Online Terbaru 2019 Paling Menjanjikan

Kemudahan dalam prosedur dan proses klaim merupakan pertimbangan yang wajib diprioritaskan, dalam memilih produk asuransi. Proses yang tidak menyulitkan, seberapa cepat proses klaim, komitmen perusahaan asuransi, harus benar-benar menjadi pertimbangan.

7. Lakukan perbandingan dengan mengecek beberapa produk asuransi

Sebelum anda memutuskan untuk membeli produk asuransi, ada baiknya anda melakukan riset kecil-kecilan untuk membandingkan produk asuransi yang akan anda beli. Anda bisa membandingkan banyak hal, mulai dari premi, manfaat asuransi, rekanan provider rumah sakit, dan sebagainya.

8. Idealnya jangan membeli asuransi melalui tele-marketing

Hindari membeli asuransi melalui tele-marketing. Dalam melakukan pembelian asuransi harus melalui proses tatap muka, penyerahan dokumen dan persyaratan harus jelas dan dibaca satu-persatu baru anda memutuskan untuk menandatangani kontrak asuransi.

9. Pilih asuransi kesehatan murni

Didalam memilih asuransi, sebaiknya anda memisahkan antara asuransi dan investasi. Jika anda membutuhkan asuransi kesehatan, belilah asuransi kesehatan yang murni manfaatnya untuk kesehatan. Biasanya, asuransi kesehatan murni, memiliki manfaat kesehatan yang lebih maksimal.

Nah, itulah diatas beberapa tips dalam memilih asuransi kesehatan bagi karyawan. Semoga bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat.

Leave a reply "Memilih Asuransi Terbaik dan Menguntungkan Untuk Karyawan"