Kesalahan Otentifikasi WiFi di HP Xiaomi, Penyebab dan Solusinya!

Bagi anda pemilik smartphone Xiaomi mungkin pernah mendapati masalah gagal terhubung ke jaringan internet Wifi dari hotspot atau router di suatu tempat, entah itu di cafe, warkop, pusat perbelanjaan dan lain sebagainya. Meski tidak ada kerusakan di perangkat ponsel, dan sebelumnya juga bisa terkoneksi dengan lancar tanpa memasukkan password lagi di tempat tersebut. Nah, apa yang menyebabkan ada notifikasi kesalahan otentifikasi sehingga tidak bisa tersambung kembali ?.

WiFi Xiaomi gagal tersambung ke WiFi

Tidak hanya di smartphone XIAOMI, hampir semua tipe ponsel android akan muncul peringatan (notifikasi) di saat sistem mendeteksi jaringan wifi yang sebelumnya pernah terhubung namun di saat kembali ingin terkoneksi mendeteksi konfigurasi router jaringan yang sudah dirubah oleh pemiliknya. Akibatnya, sistem ponsel tidak akan bisa mendapat akses ke jaringan, tidak dapat mendapat alamat IP dan akhirya muncul notifikasi “masalah otentifikasi”.

Contoh, misalkan suatu saat HP Xiaomi / Redmi pernah terhubung ke salah satu hotspot, entah di rumah makan, cafe, warkop dan selainnya. Tentunya sudah memasukkan kata sandi dengan benar dan bisa digunakan akses internet normal.

Baca juga:  Fingerprint di Xiaomi Redmi Tidak Fungsi Bagaimana Mengatasinya ?

Baca juga: Cara mengatasi gagal Scan Sidik jari Xiaomi Redmi Note 7 dan tipe lainnya. Simak juga Cara menghilangkan getar dan suara ketukan keyboard HP Xiaomi.

Lalu suatu ketika anda kembali lagi ke tempat tersebut, menyalakan Wifi di Ponsel dan nama SSID (nama jaringan) sudah terdeteksi. Namun permasalahannya, ketika ponsel akan terhubung secara otomatis, tiba–tiba ada pemberitahuan di layar “Tidak dapat terhubung ke jaringan WiFi” dengan ditandai ikon “tanda tanya”. Bla dibuka di menu setelan > Wi-Fi, akan terlihat tulisan ‘masalah otentifikasi’.

Cara Mengatasi masalah Otentifikasi WiFi Xiaomi

Masalah HP Xiaomi tidak bisa tersambung ke jaringan wifi karena masalah otentifikasi, umumnya diakibatkan kesalahan password yang sudah tidak berlaku karena addministrator jaringan (pemilik hotspot / router) sudah mengganti dengan kata sandi yang baru. Akibatnya meski sebelumnya sudah pernah terkoneksi, namun karena sandi sudah diubah, maka sistem ponsel tidak akan mendapatkan IP Address.

Untuk sobat yang kebingungan bagaimana cara kembali terhubung ke hotspot karena masalah otentifikasi di smartphone Xiaomi, simak cara mengatasinya berikut ini:

Baca juga:  Cara Mudah Beli Token PLN via SMS Banking BNI
Menu ubah jaringan WiFi di Xiaomi
  1. Buka menu Setelan, lalu masuk ke menu “Wi-Fi
  2. Pada nama SSID (nama jaringan WiFi hotspot) yang gagal kita koneksikan, tekan tanda panah di sisi kanannya.
  3. Ada 2 opsi tombol yang bisa kita pilih, yakni tombol Ubah jaringan dan Lupakan Jaringan.
  4. Anda bisa coba dulu menekan tombol “Ubah jaringan“, akan muncul kotak isian password WiFi, silahkan input kata sandi wifi dengan benar. Bila tepat mengisinya, ponsel akan mendapatkan alamat IP dan terhubung ke hotspot.
  5. Bila memilih tombol “Lupakan jaringan“, artinya sistem akan log-out dari router / hotspot sehingga kita harus masuk lagi dengan menyentuh nama SSID serta menginput password yang baru.
Memasukkan passwrod wifi di xiaomi

Password WiFi Benar, tapi tidak Konek ?

Lalu bagaimana bila setelah memasukkan password WiFi sudah benar namun tetap saja WiFi tidak bisa menyambung ?, ada beberapa penyebab diantaranya :

a. Adminstrator atau pemilik jaringan Wifi membatasi jumlah pengguna yang bisa terkoneksi ke router. Di router (pemancar WiFi) ada settingan yang bisa membatasi jumlah pengguna (klien), yakni menginput rentang IP address.

Baca juga:  Tips Memasang 2 Aplikasi FB WA dan Instagram di Redmi Note 7

Misalnya pemilik router hanya mengijinkan 10 orang masuk ke jaringan, maka bila anda sebagai pengguna ke 11 dan seterusnya, otomatis hotspot akan menolak permintaan masuk meski sandi sudah benar andda ketikkan. Anda harus menunggu dulu klien yang lain keluar agar bisa terhubung.

b. Mac Address WiFi Xiaomi Diblokir oleh pemilik hotspot. Bila ini yang terjadi, maka andda tidak akan bisa masuk ke jaringan router. Pemilik hotspot bisa memblokir perangkat ponsel anda hanya dnegan menginput mac-address WiFi, entah karena alasan keamanan atau memang pemiliknya tidak menginginkan anda numpang internet di router miliknya.

c. Sistem android di smartphone bermasalah. Adakalanya sistem yang crash bisa menyebabkan otentifikasi WiFi ke router tidak bisa dilakukan. Cobalah merestart (reboot) ponsel terlebih dahulu dan mencoba terhubung kembali.

Semoga pembahasan tentang problem ponsel Xiaomi yang gagal terhubung ke hotspot diatas bermanfaat. Catatan: Untuk contoh diatas saya menggunakan ponsel Redmi Note 7, dan bisa anda praktekkan di beberapa tipe xiaomi lainnya sesuai MIUI atau versi sistem android yang digunakan, hanya sedikit beda tata letak menunya saja.

Leave a reply "Kesalahan Otentifikasi WiFi di HP Xiaomi, Penyebab dan Solusinya!"