Cara Menyambungkan Speaker Bluetooth JBL T5 ke HP Android

Menghubungkan Bluetooth speaker mini T5 JBL ke Ponsel Android memang mudah, Namun bagi sebagian pengguna hal tersebut terasa sulit. Entah karena memang belum familiar dengan perangkat Nirkabel, Tidak tahu letak menu pengaturannya atau takut salah setting dan khawatir merusak perangkat.

pairing bluetooth speaker ke smartphone

Seperti diketahui, Di toko Online banyak tersedia merek mini speaker portabel dengan fitur koneksi bluetooth, Radio dan pembacaan file dari kartu memori. Seperti halnya merek T5 JBL yang harganya cuma 50-an ribu rupiah meskipun barang tersebut palsu alias KW.

Tentunya harus maklum, tidak banyak fitur istimewa yang ada di speaker T5 seperti halnya type JBL Asli. Namun demikian Mode yang ditawarkan sudah pas untuk memenuhi kebutuhan mendengarkan musik dari perangkat portable, seperti Mode FM Radio, Mode TF Memori card atau Flashdisk dan juga koneksi bluetooth ke perangkat Komputer ataupun smartphone.

Di pembahasan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara sinkron HP android dengan Mini speaker merek T5 JBL dan juga cara mengatasi Speaker bluetooth tidak bisa terdeteksi di ponsel.

Baca juga:  Tips WhatsApp Cara blokir Kontak dan pesan masuk

Cara menyambung Bluetooth Speaker T5 dengan HP

Hampir semua smartphone android bisa dihubungkan ke Mini speaker asalkan memiliki koneksi bluetooth yang masih normal, seperti HP merek OPPO, Xiaomi, Samsung, Vivo, Lenovo dan selainnya.

  1. Pertama hidupkan speaker dengan menggeser ke tombol ON dan Nyalakan juga Bluetooth di ponsel
  2. Tekan tombol Mode, Tulisan ‘M‘ di speaker beberapa kali sampai keluar suara ‘Bloetooth Mode‘ dan lampu akan berkedip-kedip
  3. Masuk menu pengaturan di ponsel, Buka Koneksi Nirkabel > Bluetooth
  4. Bila terlihat perangkat baru bertuliskan ‘Speaker T5‘ Klik lalu tekan tombol Pasang
  5. Bila terdengar bunyi koneksi di Mini speaker, berarti kedua HP sudah tersambung, Tutup kembali menu pengaturan
koneksi speaker bluetooth JBL T5 ke HP

Langkah selanjutnya, coba mainkan salah satu lagu di ponsel atau membuka aplikasi youtube. Bila suara terdengar di speaker berarti settingan sudah benar dan bias anda gunakan.

Fungsi Tombol Speaker Bluetooth T5 JBL

  • Tombol tanda M : Berarti untuk memilih mode, Dimana ada 3 opsi yang bisa dipilih yaitu Mode TF (pembacaan melalui memori / Flashdisk, FM Radio dan penyambungan bluetooth).
  • Tombol + dan : Ada dua fungsi menurut cara menekannya, yang pertama fungsi volume bila ditekan beberapa saat dan yang kedua menekan singkat untuk beralih track lagu atau channel radio.
  • Tombol Segitiga : Fungsinya untuk play dan pause, Sedangkan saat di mode radio FM untuk mencari gelombang atau channel bila ditekan sekitar 2 detik-an.
Baca juga:  Cara Bayar Tiket Kereta Api via Mandiri Mobile Banking

Mengatasi Bluetooth Speaker tidak terdeteksi

Trouble perangkat yang memiliki fungsi nirkabel suatu saat bisa saja terjadi, Begitu juga pada Speaker mini T5 yang tidak terdeteksi bluetooth-nya di HP. Simak penyebab dan solusinya di bawah ini.

  • Jangkauan sinyal

Pastikan saat bluetooth speaker tidak terdeteksi di smartphone jaraknya tidak melebihi 10 meter dan tanpa banyak penghalang. Ketebalan tembok juga berpengaruh pada pancaran sinyal Bluetooth, Jadi coba dekatkan speaker dan coba scan ulang dari ponsel.

  • Fungsi Mode salah

Meskipun Tombol bertuliskan huruf M untuk merubah fungsi speaker, terkadang penggunanya lupa untuk beralih pada mode yang diinginkan. Pastikan saat ingin menghubungkan ke smartphone harus beralih ke mode Bluetooth dan lampu indikator sudah berkedip yang berarti siap untuk pairing.

  • Sistem Speaker / Ponsel Sibuk

Terkadang ada kegagalan fungsi sistem, baik itu di perangkat ponsel atau speaker. Solusinya, saat bluetooth speaker error tidak bisa terdeteksi di HP, silahkan matikan perangkat dan nyalakan ulang.

  • Modul Bluetooth rusak

Bilamana sudah mencoba memilih mode dengan benar dan sudah menyalakan ulang speaker dan juga ponsel tetap tidak terdeteksi, kemungkinan besar modul atau hardware bluetooth tidak berfungsi normal atau rusak. Untuk kasus ini, tentu kita harus beralih ke mode lain seperti menggunakan media kartu memori atau flasdisk.

Baca juga:  Tips Beli Paket Internet Simpati 1 GB 10 Ribu 30 Hari

Itulah cara menghubungkan Ponsel dengan speaker T5 JBL melalui koneksi Bluetooth serta solusi saat terjadi error penyambungan perangkat, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Menyambungkan Speaker Bluetooth JBL T5 ke HP Android"