Tips Mengatasi HP OPPO Sering Mati dan Nyala Sendiri

Cara Mengatasi OPPO sering mati dan restart sendiri – Error pada smartphone tidak bisa dihindari, seperti halnya Masalah HP OPPO sering mati dan menyala sendiri saat digunakan padahal baterai masih penuh dan beberapa masalah lainnya.

HP OPPO sering mati nyala sendiri

Appaun tipe ponselnya, entah itu OPPO terbaru atau keluaran lama bisa terjadi error tanpa diduga. Semisal kejadian OPPO A37 tiba-tiba mati sendiri, OPPO V5, V9, A83, A39 dan selainnya bisa mengalami hal yang sama.

Bahkan kendala HP restart atau mati sendiri terjadi bukan gara-gara kondisi baterai yang lemah, Seringkali Baterai OPPO penuh tapi sering mati sendiri dan restart ulang ketika sedang asik bermain game atau menjalankan aplikasi.

Sebab HP OPPO Mati dan Nyala sendiri

Bilamana mendapati kejadian Error di HP android, perlu dilakukan urutan pengecekan karena bukan berarti error disebabkan oleh sistem. Bahkan ada sebab lain seperti aplikasi di OPPO yang error atau hardwarenya yang bermasalah.

Baca juga tips OPPO berikut:

Adapun beberapa penyebab HP OPPO tiba-tiba mati sendiri atau restart ulang saat baterai masih penuh bisa diakibatkan hal-hal sebagai berikut:

  • Ada aplikasi dan file sistem yang rusak
  • HP OPPO di root oleh pemiliknya
  • Suhu CPU / Prosesor terlalu panas
  • RAM kehabisan kapasitas memorinya
  • Penggguna OPPO melakukan Custom ROM bukan versi resmi
  • Kesalahan melakukan flashing firmware OPPO
  • Ada malware atau Virus di dalam sistem
  • Sering install aplikasi dari situs tidak resmi, dan lain sebagainya
Baca juga:  Cara Menggunakan OTG di HP OPPO untuk Flashdisk dan Mouse

Cara mengatasi HP OPPO restart Sendiri

  • Bersihkan File sampah dan Cache

Setelah pemakaian yang terus menerus, maka file cache akan menumpuk di ruang penyimpanan internal OPPO sehingga bisa menyebabkan sistem menjadi berat kinerjanya.

Meskipun cache file berguna untuk membantu kinerja prosesor dalam menyiapnak file yang sering diakses pengguna Android, namun seringkali ada banyak cache tidak terpakai menyebabkan error pada HP OPPO.

Hapuslah secara rutin cache file di HP OPPO supaya kinerja sistem menjadi lancar dan tidak banyak ruang penyimpanan yang terbuang sia-sia dan akhirnya memperberat kinerja CPU.

  • Copot Game dan aplikasi

Error aplikasi di HP OPPO

Seringkali banyak Game dan aplikasi yang jarang kita gunakan tetap ada di dalam ponsel. Hal itu juga bisa menjadi masalah tersendiri bagi performa CPU dan RAM di HP OPPO dan memperberat kinerjanya.

Jadi bila HP sering restart atau terkadang mati sendiri saat baterai masih full, coba untuk membuang beberapa aplikasi dan game yang jarang terpakai. Toh nantinya saat kita ingin memainkan bisa mengunduhnya kembali.

  • Aplikasi Error

Bisa juga ada satu aplikasi tertentu saja yang menyebabkan masalah kinerja sistem secara keseluruhan. Semisal saat membuka Youtube tiba-tiba HP macet dan restart namun saat membuka aplikasi lain seperti Facebook, WA, instagram di HP OPPO tidak terjadi problem.

Baca juga:  Tips Hemat Kuota data ketika Nonton Youtube di HP Android

Nah, kita sendiri sebagai pengguna HP android harus jeli aplikasi mana yang berpotensi menyebabkan error saat dijalankan. Solusinya tentu menghapus atau copot aplikasinya dan install kembali dengan mengunduh file aplikasi dari situs terpercaya seperti Google play store.

Baca juga:

 

  • MicroSD bermasalah

Kartu penyimpanan eksternal MicroSD di HP OPPO juga bisa menjadi penyebab ponsel sering restart atau mati sendiri. Bahkan meskipun kartu memori masih bisa diakses bukan berarti tidak ada error didalamnya seperti Bad sector atau ada file corrupt.

Jadi saat mengalami problem HP Error, sistem melambat, atau aplikasi sering macet, cobalah untuk mencopot kartu MicroSD di HP OPPO dan coba jalankan ulang.

  • Menjalankan Anti virus

jenis aplikasi antivirus di OPPO

Coba install antivirus untuk memastikan tidak ada malware di HP OPPO. Namun bila dalam tahap scan sampai akhir tidak ditemukan virus satupun maka sebaiknya copot lagi aplikasi antivirus di HP OPPO agar tidak memberatkan kinerja sistem.

Terkadang jalannya aplikasi antivirus malah memperlambat kinerja sistem disebabkan banyak proses di background secara real time untuk memindai terus-menerus file yang ada di penyimpanan dan sistem.

  • Unroot HP OPPO
Baca juga:  Cara Munculkan Tanda persentase baterai di HP Samsung J2 Prime

Bilamana kondisi ponsel android sebelumnya masih Root, maka cobalah untuk mencopotnya atau Unroot. Dimana tidak disarankan bagi pemilik HP OPPO yang hanya mencoba-coba ingin melakukan root yang akhirnya bisa menyebabkan sistem menjadi error.

  • Reset HP OPPO

Setelah melakukan beberapa pemeriksaan terkait aplikasi dna juga sudah membersihkan cache file namun HP OPPO tetap mengalami error seperti sering mati sendiri, cobalah melakukan reset.

Reset HP OPPO bisa dilakukan melalui tahap yang paling mudah dari antarmuka menu yang ada yakni factory reset. Yang mana fungsinya untuk mengembalikan setelan Menu dan beberapa pengaturan sistem kembali ke kondisi bawaan pabrikan.

  • Flashing ulang Firmware

Bilamana Factory reset dan hard reset di OPPO juga tidak berpengaruh, silahkan lakukan flashing firmware dengan versi pabrikan atau resmi.

Namun bila sesudah melakukan flashing OPPO dengan benar tidak juga mengatasi problem sistem, bisa melanjutkan ke pemeriksaan Hardware, kemungkinan ada permasalahan perangkat kerasnya.

Untuk masalah perbaikan hardware tentu harus menuju ke service center OPPO atau teknisi yang sudah berpengalaman di bidangnya, jangan diotak-atik sendiri malah akan menyebabkan HP OPPO rusak atau mati total.

Itulah pembahasan tentang penyebab dan cara mengatasi Android OPPO yang error mati dan Nyala sendiri meskipun baterai masih penuh, semoga bisa bermanfaat, terima kasih.

Tags:

Leave a reply "Tips Mengatasi HP OPPO Sering Mati dan Nyala Sendiri"