Cara Berbagi Slide Presentasi PowerPoint PPT di Zoom PC atau HP

Sejak pemberlakukan WFH atau Work From Home dan Pembelajaran sekolah Jarak jauh di masa Pandemi Covid-19 saat ini, Aplikasi Zoom semakin populer di seluruh dunia dengan fitur teleconference via jaringan Internet.

share PPT powerpoint di Zoom

Aplikasi Zoom bisa mengakomodasi tatap muka virtual secara realtime sampai 100 orang dan durasi maksimal 40 Menitdengan versi gratisannya. Bagi yang ingin menambah jumlah peserta bisa menggunakan versi Zoom premium alias berbayar tanpa dibatasi waktu.

Di kesempatan ini admin ingin membahas bagaimana cara menampilkan presentasi berupa file PPT atau PPTX di aplikasi Zoom PC maupun Smartphone.

Tidak hanya file PowerPoint saja yang bisa dibagikan, Kita juga dapat membagikan file Dokumen Word, Excel dan video interaktif lainnya menggunakan fitur Share Screen di Room pertemuan Zoom yang kita buat.

Berbagi file PPT PowerPoint di Zoom

Pada tutorial di bawah ini saya bagi menjadi dua tips, yaitu cara sharing video presentasi yang telah dibuat dari PowerPoint di Zoom Laptop atau PC dan juga menggunakan aplikasi Zoom di smartphone.

Baca juga:  Cara Terbaru Aktivasi OVO dan Dana untuk Pemula

Share PPT di Zoom Laptop / PC

Sebelumnya pastikan sudah memiliki akun dan membuat Room di Zoom, Lalu install aplikasi Zoom di laptop. Setelah itu ikuti langkah-langkah menampilkan file PPT di ruang meeting berikut ini.

  1. Buka file PPT /PPTX presentasi yang ingin dibagikan
  2. Kemudian Login ke Akun Zoom atau masuk ke Room yang sudah dibuat
  3. Di deretan menu bagian bawah, tekan tombol Share Screen
  4. Kemudian pilih file PPT presentasi yang diinginkan Kemudian Tekan Share
  5. File akan segera ditampilkan di seluruh peserta Zoom
  6. Bila sudah merasa cukup, Untuk menutupnya silahkan tekan tombol Stop Share

Bagi sobat semua yang yang tidak memiliki perangkat Komputer saat meeting di aplikasi Zoom dan ingin berbagi file PPT, masih bisa menggunakan Zoom di perangkat smartphone karena menunya sama saja.

Share PPT File di Zoom via Smartphone

  1. Pastikan sudah menginstall dan memiliki akun Zoom
  2. Buat ruang pertemuan baru atau Jalankan yang sudah ada
  3. Tekan tombol Share dan pilih menu Screen
  4. Cari file PPT presentasi yang sudah tersimpan di ponsel
  5. Bila koneksi internet lancar maka file PPT akan ditampilkan ke peserta Zoom
  6. Tekan tombol Stop Share bila ingin menutup sesi presentasi
Baca juga:  Cara Cek Tilang Online dan Pasal Besaran Denda Pelanggaran Lalu Lintas

Melakukan pertemuan tatap muka lewat Zoom di Komputer atau Laptop memang lebih mudah karena selain layar yang luas juga mudah untuk menavigasi beberapa menu tanpa harus menggeser-geser layar layaknya layar smartphone.

Bagi sobat yang merasa durasi waktu 40 menit terlalu pendek dan meeting bisa menghabiskan beberapa Jam, masih bisa menggunakan versi gratisan meskipun dibatasi 40 menit per sesi.

Adapun caranya cukup mudah, sebelum melewati tenggat waktu 40 menit, Beritahukan ke peserta meeting agar berpindah ke ruang baru, buatlah Room Zoom baru dan mulai jalankan lagi pertemuan, begitu seterusnya.

Bila dirasa peserta melebihi 100 orang serta durasi lebih panjang sampai berjam-jam, dan setiap hari mengharuskan ada tatap muka Online, maka opsi untuk membeli akun Zoom Premium bisa dipertimbangkan karena banyak fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan.

Itulah beberapa tips menggunakan aplikasi Zoom untuk menampilkan dan berbagi presentasi berupa file PPT (PPTX) PowerPoint di ruang meeting Online, Semoga bermanfaat.

share PPT powerpoint di Zoom
Next Post

No more post

Artikel Terkait