Cara Input Banyak Channel IPTV di DVB-T2 Matrix Apple

Memasukkan Daftar Channel IPTV DVB T2 Matrix – Di beberapa Negara Maju di Dunia sudah menggunakan siaran Televisi Digital karena dinilai lebih canggih dan menghemat penggunaan Bandwidth. Begitu juga Indonesia, Mulai masa peralihan dari TV Analog ke Digital Mulai 2021 sampai akhir 2022 dengan melakukan ASO (Analog Switch Off) secara bertahap di beberapa wilayah.

Input channel lengkap IPTV di STB DVB-T2 Matrix apple

Bagi sobat pengguna TV Analog tidak perlu mengganti televisi dengan Smart TV. Cukup menambahkan alat decoder seperti STB (Set Top Box) atau DVB. Bahkan penala sinyal yang digunakan masih menggunakan antena UHF.

Di kesempatan ini admin akan memberikan tips khusus bagi para pengguna DVB-T2 Matrix Apple yang ingin menambahkan saluran IPTV. Dimana kita bisa menikmati ratusan channel Televisi dalam Lokal dan Luar Negeri, semisal HBO Sport, Fox News, Al Jazeera, Nat Geo, BBC News, dan masih banyak lainnya.

Cara Input Daftar Channel IPTV di DVB-T2 Matrix

Sebelum lanjut ke pembahasan cara menambah dan memasukkan daftar channel siaran IPTV di STB matrik (DVB-t2), yang perlu dipersiapkan yaitu Donggle WiFi. Dimana Rata-rata DVB merek Matrik tidak memiliki Penerima WiFi atau jaringan internet bawaan maupun socket LAN.

Sobat juga memerlukan Flashdisk atau Media penyimpanan USB untuk menyimpan file Download List channel IPTV supaya siaran bisa diputar di DVB Matrix. Adapun urutannya nanti sebagai berikut :

  • Download  Daftar Channel IPTV lengkap Terbaru >> Disini

Sobat bisa menyimpan hasil download daftar channel IPTV ke flashdisk, Hardisk eksternal USB atau menggunakan memori card dengan menggunakan adapter-nya.

  • Nyalakan TV dan DVB Matrix
Baca juga:  Mengatasi Memori HP Samsung J2 Prime Cepat Habis

Pastikan dongle WiFi sudah terpasang dan siap digunakan, serta koneksi internet menyala dan lancar.

  • Colokkan Flashdisk ke DVB-T2

Setelah TV dan STB menyala, masukkan Flashdisk yang berisi file playlist IPTV yang sudah diunduh.

  • Pilih Menu IPTV

Bila menu IPTV tidak ada berarti sobat harus melakukan upgrade software terbaru DVB-T2 Matrix dahulu supaya mendapat list aplikasi terbaru. Admin berasumsi di STB sobat sudah ada aplikasi IPTV-nya dan lanjut ke langkah berrikutnya.

  • Pilih menu My IPTV
Menu MyIPTV di DVB-T2

Setelah masuk ke opsi paling atas yaitu My IPTV, akan muncul halaman Local

  • Pilih opsi Impor Siaran

Tekan tombol Biru di remot DVB untuk memilih menu Impor Siaran

  • Pilih Lokasi File channel IPTV
Mmeilih lokasi penyimpanan file m3u channel iptv

Bila flashdisk terdeteksi maka akan tampil tulisan USB (C), Silahkan masuk dengan menekan tombol OK di remot

  • Pilih File IPTV yang berformat m3u

Gerakkan tanda panah di remot untuk memilih playlist daftar channel IPTV dan tekan OK

  • Siaran sudah dapat diputar
daftar channel lengkap lokal dan internasional di IPTV DVB-T2 MATRIX APPLE TERBARU

Pertanyaan dan Jawaban

Mengapa siaran IPTV selalu gagal diputar ?

Ada beberapa penyebab channel siaran di IPTV tidak dapat diputar atau biasanya ada tulisan “Gangguan memainkan saluran”. Yang pertama yaitu koneksi internet yang tidak stabil atau lemot.

Setelah memastikan jaringan internet lancar dan channel IPTV tidak bisa diputar atau selalu gagal dimainkan meski berulangkali dicoba, biasanya disebabkan alokasi pengguna yang sudah penuh atau memang alamat IP channel sudah berubah.

Simak juga : Daftar Channel IPTV lengkap Dalam dan Luar Negeri

Apakah bisa mengedit file M3U IPTV ?

Bisa, Sobat bisa mengedit, Menambah atau menghapus isi daftar siaran atau Channel IPTV dengan menggunakan aplikasi Notepad di Laptop atau smartphone. Jangan lupa setelah selesai simpan kembali dengan format m3u dibelakangnya.

Baca juga:  Cara Berbagi Slide Presentasi PowerPoint PPT di Zoom PC atau HP

Karena umumnya masalah siaran IPTV tidak dapat diputar karena perubahan alamat IP Streaming, maka sobat harus mencari IP Address yang valid dan memasukkan ke dalam daftar putar.

Adapun untuk mencari IP channel tertentu yang valid dan bisa diputar di IPTV, kita harus mencobanya satu-persatu dan bisa dicari di mesin penelusuran google.

Flashdisk Tidak terdeteksi di DVB-T2 Matrix

Karena interface perangkat menggunakan port USB, maka pilihan penyimpanan bisa menggunakan Flashdisk, USB HDD eksternal atau kartu memori. Namun bila gagal terdeteksi maka yang bisa sobat lakukan urutan solusinya sebagai berikut :

  1. Lepaskan dan colokkan ulang flashdisk ke STB atau DVB
  2. Matikan dan nyalakan (Reboot) kembali DVB-T2
  3. Pastikan konektor USB flashdisk masih normal
  4. Coba Cek apakah flashdisk bisa diakses di komputer Untuk mengetahui apakah masih berfungsi normal atau tidak.
  5. Bila perlu Format dulu flashdisk (Opsional)

Bagaimana merubah daftar Channel IPTV di DVB ?

Seperti yang admin jelaskan diatas, untuk merubah daftar channel siaran IPTV di perangkat DVB-T2 Matrix maupun tipe lainnya hanya perlu mengunduh dan memilih daftar putar yang diinginkan.

Jadi semisal ada 2 playlist IPTV berformat M3U di flashdisk, maka untuk berpindah satu daftar ke daftar lainnya cukup menggunakan opsi Impor siaran, otomatis daftar chanel akan berubah.

Apakah siaran di IPTV berbayar ?

IPTV yaitu Internet Protocol Television, dimana streaming siaran televisi menggunakan jalur internet. Dimana pada pengembangannya, Siaran Televisi menggunakan protokol internet adalah berbayar.

Baca juga:  Cara Mengecek Sisa Kuota paket Yellow IM3

Namun mengapa banyak yang gratis tanpa membayar iuran bulanan ?. Meskipun pada dasarnya berbayar, namun beberapa layanan server (Bisa legal maupun tidak resmi) memuat ulang streaming melalui server mereka, sehingga yang kita dapat secara gratisan sebenarnya berasal dari alamat IP milik server lain.

Jadi masalah gangguan atau channel tidak dapat diputar bisa terjadi karena streaming siaran tidak melalui halaman resmi berbayar, hanya pengalihan alamat yang dilakukan beberapa pemilik server.

Berbeda dengan IPTV dengan metode berbayar, jarang terjadi lag atau macet saat melakukan streaming karena dari satu jalur khusus yang terverifikasi.

Apakah Daftar Channel IPTV bisa digunakan di STB Indihome ?

Bisa, Playlist channel yang sudah didownload bisa digunakan di aplikasi IPTV STB Indihome maupun di Smartphone dan beberapa tipe STB/DVB Lainnya.

Apakah cara input chanel IPTV seperti diatas bisa dilakukan pada beberapa tipe STB atau DVB lainnya ?

 Caranya umum menu untuk memasukkan list channel siaran TV IPTV pada perangkat DVB / STB hampir sama, cukup menyesuaikan beberapa opsi menunya saja.

Adapun beberapa merek STB yang direkomendasikan Pemerintah (Kominfo) untuk menangkap siaran TV Digital diantaranya :

  • Evercoss STB1
  • Tanaka T2
  • Akari (ADS-210, ADS-2230, ADS-168)
  • Matrix Apple
  • Ichiko 8000HD
  • Venus Brio
  • Polytron PDV 600T2
  • Nexmedia DVB-T2 / NA1300

Demikianlah beberapa ulasan dan tips penggunaan DVB-T2 matrik, khususnya cara menginput daftar channel TV Nasional maupun Internasional di aplikasi IPTV. Semoga bermanfaat dan share bila tips ini berguna bagi teman lainnya, terima kasih.

Artikel Terkait