Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Facebook

Bagi sebagian pengguna aplikasi Facebook selular tentu tidak semua menggunakan jaringan WiFi untuk terhubung ke Internet. Banyak Sobat kita yang masih menggunakan jaringan data selular dengan kuota terbatas alias pas-pasan. Oleh sebab itu, pemilik akun harus pandai mengakali supaya kuota internetnya bisa digunakan lebih lama meski sering membuka FB.

cara menghemat data facebook

Kekhawatiran kehabisan kuota internet saat sering bermain facebook, Instagram, berkirim pesan di whatsApp menjadi hal yang wajar. Belum lagi saat ingin mengirim video di facebook, menonton update status video teman dan berkirim gambar tentu semakin menambah beban paketan internet yang dimiliki.

Ada fitur ditawarkan facebook agar bisa hemat kuota internet ketika menggunakan jaringan data selular. Dimana dalam settingan bawaannya, fitur penghemat data ini belum diaktifkan. mengapa demikian ?, karena saat fitur ini diaktifkan maka akan berdampak pada kualitas gambar dan video yang kita unggah. (Simak Tips menghemat Kuota internet saat Nonton Youtube)

Perlu diketahui, saat fitur penghemat data internet pada aplikasi facebook selular diaktifkan, ketika anda mengunggah file gambar, maka resolusinya akan dikurangi secara otomatis oleh server facebook.

Baca juga:  Cara Mengatur Agar Terlihat Offline di Facebook Lite

Dampak resolusi yang diturunkan saat upload gambar di beranda atau status Cerita Facebook, diantaranya saat anda atau orang lain ingin mengunduh file tersebut maka hasilnya tidak sama dengan file asli yang anda miliki, lebih rendah kualitasnya.

Begitu juga ketika ada Video dari status teman atau cerita yang anda lihat juga tidak akan diputar otomatis. Video akan diputar otomatis saat anda berada di jaringan WiFi saja. (Baca Tips Mengganti Nama Profil Facebook Berulangkali)

Namun demikian, anda tidak perlu khawatir, kalau hanya kualitas gambar saja yang dikurangi saat mengunggahnya ke status atau cerita facebook, tidak akan terlihat secara kasat mata kecuali file tersebut di-zoom (diperbesar) atau didownload.

Cara Menghemat kuota Internet aplikasi Facebook

Ikuti langkah di bawah ini bagi anda yang memutuskan untuk berhemat kuota internet ketika tidak berada di jaringan WiFi.

Fitur hemat internet facebook

1. Pertama buka aplikasi Facebook di smartphone anda

2. Kemudian pilih Menu yang ada di pojok paling kanan (ikon tanda garis tiga mendatar)

Baca juga:  Cara Bayar Tiket Kereta Api via Mandiri Mobile Banking

3. Kemudian geser layar agak kebawah dan pilih menu Pengaturan & Privasi

4. Lanjutkan masuk ke opsi “Penghemat Data“, dan aktifkan dengan menggeser slider ke kanan sampai berwarna biru.

Langkah diatas bisa sangat membantu saat anda memiliki paketan data yang hampir habis atau memang ingin berhemat untuk digunakan pada aplikasi lain seperti membuka WhatsApp, Instagram, main game Online, dan membuka aplikasi lain yang membutuhkan data selular.

Leave a reply "Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Facebook"