Cara Mendapat Peringatan Saat Facebook diakses Orang Lain

Banyak yang khawatir akun Facebook miliknya dibobol orang lain namun tidak tahu bagaimana cara mengamankannya. Padahal di aplikasi FB sendiri sudah disediakan fitur keamanan agar penggunanya mendapat notifikasi saat ada seseorang mencoba login ke akun miliknya, sehingga dapat segera melakukan tindakan pencegahan berupa mengganti kata sandi atau mengeluarkan si pembobol akun agar tidak dapat masuk kembali.

mengamankan akun facebook

Peringatan masuk saat ada orang lain mengakses akun FB kita bisa melalui Notifikasi facebook, via messenger, pesan di SMS maupun via Email. Semua opsi tersebut bisa dipilih sesuai kebutuhan pemiliknya. Semisal si pengguna Facebook ingin ada notifikasi hanya melalui Email, maka saat ada yang masuk FB dari lokasi atau browser yang tidak dikenal akan mendapat peringatan di inbox E-mail yang sudah disetting sebelumnya.

Begitu juga saat anda memutuskan hanya menerima peringatan masuk FB tidak dikenal via pesan SMS, maka melakukan pengaturan berupa menambahkan nomor ponsel aktif bisa dilakukan.

Simak juga : Cara mengatasi Komentar FB tidak Muncul dan Cara Menyimpan Video Facebook Ke Memori HP.

Saran saya, akan lebih aman menggunakan nomor selular dan juga Email untuk mengetahui adanya aktifitas tidak wajar berupa login Facebook tidak dikenal. Diharapkan saat salah satu opsi notifikasi terlambat memberi notifikasi maka opsi satunya bisa memberitahukan kita dengan cepat sehingga bisa dilakukan tindakan pencegahan.

Baca juga:  Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak terdeteksi di Android

Cara Setting Notifikasi Peringatan Masuk Facebook

1. Buka aplikasi Facebook di smartphone, lalu masuk ke bagian Menu, dimana ikon menu berada di samping kanan atas dengan ikon tiga garis horisontal.

2. Kemudian klik pada Pengaturan & Privasi, lalu masuk menu Pengaturan

pengaturan keamanan dan lgin FB

3. Lanjutkan menuju ke opsi Keamanan dan Login, dan di bagian Penyiapan keamanan ekstra buka opsi “Dapatkan peringatan masuk tentang login tidak dikenal

mengaktifkan peringatan masuk FB

4. Ada 4 opsi keamanan peringatan masuk yang bisa anda aktifkan diantaranya :

  • Notifikasi facebook : aktifkan pilihan ini agar saat ada seseorang yang login dari perangkat atau browser tidak dikenal bisa mendapatkan notifikasi langsung di aplikasi FB sobat.
  • Messenger : Hampir sama seperti notifikasi Facebook, namun pesan peringatan hanya masuk pada aplikasi messenger.
  • SMS : Bila ingin mendapat notifikasi saat akun FB kita ada yang mencoba membobolnya via SMS, maka anda harus memasukkan dulu nomor selular yang masih aktif.
  • Tambahkan Email atau nomor selular lainnya : Opsi ini untuk menambahkan akun Email atau mendaftarkan nomor HP anda, sehingga selain opsi diatas anda juga dapat menerima pemberitahuan via Email maupun SMS masuk.
Baca juga:  Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Memori HP

5. Setelah mengaktifkan beberapa opsi keamanan login yang anda inginkan, tutup kembali menu pengaturan FB.

Bila anda kurang yakin apakah fitur keamanan peringatan masuk FB tersebut bekerja sebagaimana yang diharapkan, cobalah untuk logik ke akun facebook melalui perangkat lain, entah smartphone milik teman atau laptop yang belum pernah anda gunakan login sebelumnya ke akun tersebut.

Bila ternyata ada pemberitahuan adanya akses masuk tidak dikenal, maka settingan sudah benar. Dan bila suatu saat anda menerima peringatan adanya aktifitas login tidak wajar dari perangkat lain dan itu bukan anda, langsung buka aplikasi Facebook dan ganti kata sandi anda.

Sesaat setelah merubah kata sandi facebook, nantinya akan ada notifikasi di halaman, apakah anda ingin mengeluarkan semua perangkat yang sudah berhasil masuk atau membiarkannya. Saran saya, pilih opsi keluar dari semua perangkat agar si pembobol FB juga akan log-out dari aplikasi secara otomatis.

Itulah salah satu cara mengamankan akun facebook agar tidak mudah dibobol orang lain yaitu dengan mengaktifkan fitur peringatan masuk via SMS, Notifikasi, Messenger ataupun Email, semoga bermanfaat.

Baca juga:  Cara Ubah Mode Desktop Facebook di HP Android

Leave a reply "Cara Mendapat Peringatan Saat Facebook diakses Orang Lain"