Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak terdeteksi di Android

Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak terdeteksi di Android – Beberapa problem error saat menghubungkan flasdisk ke HP android bisa saja terjadi seperti file tidak terbaca, atau malah tidak bisa muncul sebagai USB Eksternal di sistem. Ujungnya kita mengira kalau flashdisk kita rusak atau bahkan menduga sistem di HP yang sedang bermasalah.flashdisk tidak terbaca di android USB OTG

Ada beberapa sebab yang bisa meyebabkan USB OTG tidak mendeteksi flashdisk di HP android. Bisa karena hardware HP yang bermasalah, error pada sistem, Kernel yang versinya tidak support atau bahkan perangkat flashdisk-nya sendiri yang sedang bermasalah.

Masalah yang sering Terjadi di USB OTG diantaranya:

  • Flashdisk USB OTG terdeteksi namun tidak dapat dibaca
  • OTG USB terhubung namun tidak terdeteksi sama sekali di android
  • Flashdisk di USB OTG terdeteksi hanya pada android versi tertentu seperti Kitkat, Lollipop, Marshmallow, Nougat atau Oreo
  • Merek flashdisk tertentu tidak dapat terbaca
  • Flashdisk OTG hanya terbaca di tipe HP tertentu semisal HP OPPO, Xiaomi, Samsung, Lenovo dan lain sebagainya

Simak juga tips : Cara Menggunakan OTG di HP OPPO untuk Flashdisk dan Mouse

Cara mengatasi OTG USB / Flashdisk tidak terbaca di HP Android

Jika anda mengalami problem flashdisk yang tercolok di HP android meski support OTG namun tidak dapat terdeteksi atau tidak terbaca, silahkan simak tips berikut ini.

Baca juga:  Cara Sembunyikan Terakhir dilihat Online WhatsApp

1. Cek kabel USB OTG

USB OTG Error di HP Android

Pertama kali coba cek terlebih dahulu kondisi kabel atau perangkat OTG yang berguna untuk menghubungkan antara HP android dengan flashdisk.

Cara paling mudah adalah pinjam HP teman yang juga sudah mensupport OTG untuk kita coba mencolokkan alat tersebut dan menghubungkan flashdisk.

2. Restart HP

Bilamana sebelumnya ponsel milik kita sudah terbiasa membaca file dari flashdisk dan tiba-tiba tidak terbaca oleh sistem maka coba lakukan restart ulang ponsel.

Melakukan reboot ulang akan membuat sistem fresh kembali dan menormalkan beberapa crash yang sering terjadi pada sebagian aplikasi maupun kegagalan sistem mendeteksi hardware eksternal yang terhubung.

3. Cek flashdisk via PC

Kia bisa melakukan pemeriksaan flashdisk yang tidak dapat terbaca di USB OTG android dengan memanfaatkan laptop atau komputer.

Coba periksa apakah flashdisk dalam kondisi bisa terbaca atau tidak, dan juga pastikan format flashdisk dalam tipe FAT atau FAT32, jangan menggunakan file sistem NTFS yang beberapa ponsel tidak support membaca isinya.

Baca juga:  Cara Blokir dan Batasi klien Hotspot Wi-Fi di HP XIAOMI

4. Format Flashdisk

Kita bisa melakukan format ulang flashdisk di Komputer / Laptop saat tidak terbaca di HP android. Hal ini bisa dicoba dilakukan saat bila sebelumnya flashdisk tersebut masih bisa terbaca dan tiba-tiba tidak terdeteksi oleh sistem android.

cara format flashdisk di laptop

Untuk file system flashdisk yang direkomendasikan saat memformat agar bisa dideteksi oleh android OTG yakni FAT32. Cara format di laptop yaitu klik kanan pada nama flashdisk dan pilih properties, kemudian klik format dan tentukan FAT32 untuk file systemnya, kemudian tekan tombol Format.

Seteah proses pemformatan selesai, silahkan colokkan kembali Flashdisk ke HP android yang tadinya tidak mendeteksi perangkat tersebut.

5. Coba Flashdisk merek lain

Kita juga bisa menentukan apakah flashdisk kita yang trouble dan tidak terbaca di HP android ataukah sistem androidnya yang tidak mensupport perangkat USB Tersebut dengan jalan mencoba menggunakan flashdisk merek lain.

Terkadang beberapa merek flashdisk tidak disupport oleh fitur OTG android merek tertentu. Semisal punya kita flashdisk merek Adata dan tidak terdeteksi, maka coba pakai merek lain seperti Samsung, Acer, Toshiba dna selainnya.

Baca juga:  Tips Foto Selfie Vivo Y71 tidak Terbalik seperti Cermin

Bila ternyata flashdisk tipe lain bisa terbaca di ponsel, maka bisa dipastikan kalau HP kita kernelnya tidak bisa mensupport tipe flashdisk tertentu.

6. Reset HP android

Cara terakhir adalah dengan melakukan reset di HP android kembali ke pengaturan awal atau factory reset. Dan untuk opsi ini bisa dipertimbangkan, apabila kita sangat membutuhkan koneksi OTG untuk keperluan sehari-hari semisal harus transfer data flashdisk ke HP setiap hari dan sebab lain.

Bilamana kita jarang menggunakan memori eksterna seperti flashdisk dan hanya seketika saja, maka bisa dipertimbangkan untuk tidak melakukan reset sistem karena saat ponsel direset maka semua data video, foto, data aplikasi, data akun, kontak telepon dan selainnya akan hilang.

Demikianlah beberapa tips tentang cara mengatasi Flashdisk tidak terdeteksi di HP android. Dan tips diatas bisa dilakukan hampir pada seluruh tipe android seperti Samsung, Xiaomi, lenovo, Vivo, OPPO, Coolpad, dan lain sebagainya.

Tags:
  1. author

    ABDUL WAHID1 year ago

    terima kasih sudah di sharee
    saya dk pernah pake otg tapi sering liat2 aja
    hee

    Reply

Leave a reply "Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak terdeteksi di Android"