11 Cara Menghemat Baterai Advan agar Tidak Panas dan Tahan Lama

Bagaimana mengatasi Batarai Advan yang boros dan HP Cepat panas?, Bagaimana pula agar daya baterai ADVAN bisa tahan lama saat main game atau membuka aplikasi sosial media tanpa seringkali melakukan cas ulang HP?, Untuk mengetahu apa saja tipsnya, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

Baterai Advan Boros dan cepat panas

Sebagai smartphone yang terkenal murah, permasalahan yang sering dihadapi pengguna advan android adalah boros penggunaan baterai dan HP cepat panas. Apalagi saat sedang asik-asiknya main game dan low bat, tentu akan membuat kesal karena harus melakukan isi ulang baterai dan menghentikan permainan.

Yang perlu diingat, jangan melakukan cas HP advan sambil bermain game, video call atau aktifitas berat lain karena bisa menyebabkan baterai rusak melembung dan tidak bertahan lama.

Tips yang akan admin bagikan kali ini bisa diaplikasikan pada semua Ponsel Advan seperti menghemat baterai advan S4p, i5C, s5e, S4t, S50G, S5E 4G, G1 Pro, advan G1 dan beberapa tipe lainnya, karena karakteristik penggunaan daya di HP smartphone android rata-rata sama semua.

Cara Menghemat Daya Baterai Advan

1. Matikan Fungsi Jaringan

jaringan data advan

Fungsi jaringan yang sering menjadi penyebab borosnya daya baterai Advan yaitu GPS, Bluetooth, Wi-Fi dan juga Data kartu Selular. Dimana ketiganya setidaknya bisa kita nonaktifkan bila sudah tidak diperlukan.

Apalagi untuk GPS, mode jaringan ini bila aktif akan sangat cepat menyedot daya baterai dan menjadikan HP sering panas. Jadi, seandanya kita sudah dalam kondisi santai dan tidak membutuhkan semua jaringan tersebut silahkan matikan saja, kalau ingin menyalakan tinggal mengaktifkan lagi, mudah bukan?

2. Kurangi Widget

Widget berfungsi memudahkan penggunanya untuk mengaktifkan fungsi aplikasi secara cepat, dan kebanyakan widget yang menyedot daya baterai diantaranya aplikasi yang selalu terhubung dengan koneksi internet.

Baca juga:  Memunculkan ikon persentase Baterai Nokia 3, 5, 6 dan 8

Widget penyedot daya baterai diantaranya Widget cuaca, Media Sosial, GMAIL dan selainnya. Jadi hapus saja daripada aplikasi terus aktif untuk melayani proses dari widget tersebut dan dampaknya akan boros baterai.

3. Aktfkan Mode Hemat Baterai

Semisal saat kita di perjalanan dan tidak memungkinkan melakukan cas daya baterai Advan, maka sebaiknya aktifkan fitur penghemat baterai.
Untuk advan versi android lollipop keatas sudah dibekali dengan fitur Mode hemat daya, Nantinya sistem akan mematikan beberapa fungsi fitur yang berpotensi boros daya.

Baca Tips Android berikut:

4. Mengatur Sleep Mode Layar

Saat kita sudah tidak menggunakan HP dalam beberapa detik biasanya layar akan meredup dan akhirnya padam atau terkunci. Mode sleep layar dengan durasi yang terlampau lama juga berpotensi memboroskan masa penggunaan baterai.

Bisa dikita kalkulasi secara kasar, kalau setidaknya kita mengubah mode sleep layar dari 30 detik ke 10 detik, maka nyala layar yang menyedot daya baterai akan berkurang drastis dan menambah umur pakai baterai advan.

5. Pengaturan Getar Notifikasi

Tanpa disadari saat ada pemberihtahuan masuk di HP advan, secara default selain ada suara juga menimbulkan getar. Getaran yang kita rasakan di HP tentunya berasal dari Dinamo khusus yang terletak didalamnya dan menggunakan sumber daya baterai tentunya.

Nah, bagi untuk lebih menghemat daya, silahkan matikan getar dan hanya suara saja yang muncul saat ada pemberitahuan atau panggilan masuk di HP. Aktifkan kalau sedang diperlukan saja, semisal saat di keramaian yang tidak memungkinkan kita mendengar suara dari ponsel saat ada panggilan atau pesan masuk.

Baca juga:  Upgrade MIUI Redmi Note 7 ke Versi 10.3.4.0 Global Stabil

6. Bersihkan File Sampah

File Temporary, File cache dan file yang tidak berguna di HP advan bisa membuat boros baterai dan mesin lebih cepat panas.

File cache, histori browsing, Histori tontonan video youtube dan selainnya bisa kita bersihkan untuk mengurangi beban kerja prosesor dan RAM yang dampaknya juga membuat awet sistem android kita.

7. Mengatur Kecerahan Layar

Setiap pengguna smartphone pastinya akan memilih mode kecerahan layar sesuai keinginan dan kenyamanan mata. Namun bila terlalu cerah, tentunya juga tidak menyehatkan dan membuat asupan daya baterai di HP advan cepat habis.

Kita juga cepat merasakan panas berlebih di ponsel saat layar terlalu cerah dan menyala dalam waktu yang lama, seperti digunakan nonton video, bermain game atau sekedar chattingan di sosial media.

Atur seminimal mungkin kecerahan tampilan di layar yang penting kita masih nyaman saat kita lihat supaya ponsel tidak lekas panas dan awet dayanya.

8. Memilih Wallpaper

mengatur wallpaper advan

Hindari menggunakan wallpaper berformat Gif atau gambar bergerak di HP advan, karena dampaknya kinerja CPU dan RAM juga akan tinggi sehingga akibatnya baterai Boros dan mesin cepat panas.

Perhatikan pula ukuran file wallpaper bila kita mengunduh dari situs penyedia wallpaper, jangan sampai ukurannya terlalu besar sampai lebih dari 5 MB misalnya, Pakai yang ukuran kecil dengan format jpg.

9. Matikan Latar Belakang aplikasi

Tahukah kita, kalau ternyata banyak proses aplikasi yang berjalan di balik layar atau background saat kita tidak menggunakannya sekalipun.

Umumny aplikasi yang memanfaatkan latar belakang sistem untuk kinerjanya berfungi sebagai sinkronisasi data ke server melalui sambungan internet.

Baca juga:  Bagaimana Restart HP android macet jenis Baterai Tanam

Contoh aplikasi yang menggunakan background untuk berjalan semisal aplikasi sosmed seperti Facebook, WA, BBM, Instagram, Line, Twitter, Messenger dan selainnya.

Bila kita jarang menggunakan salah satu aplikasi tersebut di HP advan, silahkan matikan saja prosesnya melalui menu pengaturan, atau kalau bisa copot saja pemasangannya dari ponsel, install lagi sewaktu ingin menggunakan, lebih mudah dan tidak memboroskan baterai advan milik kita.

10. Hindari Suhu Panas

Suhu HP advan panas

Semisal saat kita keluar rumah dan cuaca sangat panas, jaga jangan sampai HP advan terpapar terik matahari terlalu lama yang mengakibatkan suhu mesin semakin overheat.

Suhu yang terlampau panas, meskipun kita tidak sedang menggunakan ponsel bisa menyebabkan baterai cepat drop dan membuat mesin didalamnya lekas rusak.

11. Hindari Multitasking berlebihan

Proses multitasking maksudnya kita menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan dan saat menutup salah satunya tidak dengan sempurna.

Semisal kita menonton video youtube, kemudian ada inbox masuk dan kita langsung membukanya, maka aplikasi youtube sebenarnya masih berjalan di background meskipun kita menjalankan aplikasi lainnya.

Jadi, Tutup semua aplikasi seccara sempurna sebelum memulai menjalankan aplikasi lainnya supaya daya baterai HP advan lebih awet.

Nah, dari beberapa tips diatas bisa kita tarik kesimpulan, rata-rata kejadian HP ADVAN yang sering low batt atau terlalu panas seringkali disebabkan cara dan perlakuan penggunanya sehari-hari.

Dan saran admin, bila suatu saat ingin menggunakan aksesories atau mengganti sparepart HP Advan seperti baterai, gunakan baterai yang original jangan yang abal-abal meskipun harganya terpaut agak mahal.

Demikianlah tips singkat yang dapat admin bagikan tentang 11 cara menghemat baterai advan yang boros dan cepat panas, semoga bisa bermanfaat dan terima kasih.

Tags:

Leave a reply "11 Cara Menghemat Baterai Advan agar Tidak Panas dan Tahan Lama"