Mengapa HP Hilang tidak dapat di lacak Lokasinya ? Berikut Penyebabnya!

Salah satu kelebihan smartphone android yaitu dapat diketahui keberadaannya saat hilang atau lupa menaruhnya di suatu tempat. Tidak jarang kasus pencurian ponsel bisa diungkap dengan melakukan pelacakan lokasi dari fitur yang memang sudah disematkan pada sistem operasi android.

Tidak menemukan lokasi HP dicuri

Namun jangan salah, meskipun terlihat canggih tetap saja penggunalah yang menjadi peran penting supaya semua fitur tersebut dapat berfungsi dengan baik. Jadi proses pelacakan bisa dilakukan apabila sebelumnya, pemilik ponsel sudah mengaktifkan fitur info lokasi di gadgetnya.

Secara sederhana penjelasanya begini, Ponsel Android semisal Xiaomi, Samsung, Vivo, OPPO dan tipe lainnya memiliki fitur bernama ‘Info Lokasi’. Dimana fungsi fitur tersebut bisa sudah diaktifkan, Bila suatu saat Ponsel Hilang bisadilacak keberadaanya meski jauh lokasinya dengan antarmuka Maps (Peta).

Penyebab HP Android Hilang tidak bisa dilacak

Adapun aplikasi untuk melacak Android hilang sangat banyak, seperti aplikasi Find My Phone (Temukan ponsel saya) milik Google yang mudah penggunaannya dan lain lain sebagainya.

Sedangkan kasus kehilangan HP androd yang selalu gagal untuk di tracking posisinya bisa disebabkan oleh beberapa sebab seperti tidak mengaktifkan fitur lokasi, koneksi data tidak aktif, beralih akun dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Melacak Lokasi Orang Dari Nomor HP Secara Presisi

Jadi semisal ingin melacak HP Samsung, Xiaomi, Vivo, OPPO, Advan dan sejenisnya yang hilang, Namun selalu tidak menemukan lokasinya alias gagal, bisa disebabkan beberapa hal seperti berikut ini.

Lupa Mengaktifkan Info / akses Lokasi

Hampir semua Smartphone android dibekali fitur Akses lokasi. Dimana fungsinya untuk mengijinkan server google melacak secara real time keberadaan smartphone saat kondisi Online.

Semisal fitur ini sudah diaktifkan dan sambungan data juga hidup, maka di sistem di background akan melakukan sinkron otomatis ke server google untuk mendeteksi lokasi ponsel saat itu juga.

Harap diingat, ketika mengaktifkan akses lokasi sebaiknya biarkan GPS di ponsel tetap menyala agar tracking bisa sepresisi mungkin.

Kebanyakan pemilik HP android lupa tidak mengatur Akses atau Info lokasi di pengaturan sistem, sehingga menyebabkan ponsel tidak dapat dilacak posisinya ketika hilang atau terselip di suatu tempat.

mengaktifkan fitur akses lokasi di HP Xiaomi Redmi

Sebagai contoh, pengaturan di HP Android Xiaomi / Redmi untuk menghidupkan fungsi Akses lokasi yaitu Masuk ke menu Setelan > Lokasi > Akses Lokasi. Untuk tipe lain caranya hampir sama, hanya letak menunya saja yang sedikit berbeda.

Tidak Mengaktifkan Akses Internet

Walau telah menghidupkan akses lokasi di HP Android masih belum cukup untuk menentukan posisi ponsel saat hilang disebabkan Internet off. Mengapa demikian ?

Baca juga:  Apa pengaruh Memori MicroSD Error terhadap kinerja Android ?

Simak juga : Benarkan bisa melacak posisi Orang dari Nomor WhatsApp ? dan Cara melacak HP iPhone sampai Ketemu kembali.

Sinkron data jarak jauh tentu memerlukan koneksi data internet. Bagaimana bisa info lokasi di ponsel android kita bisa terlacak kalau tidak ada data yang diunggah ke server pelacakan google yang sudah terhubung ke akun milik kita ?

Jadi pastikan saat bepergian atau keluar rumah selalu mengaktifkan sambungan data internet di ponsel android agar bisa dengan cepat melakukan pelacakan ponsel ketika hilang atau dicuri orang.

Akun Google tidak Aktif / Berubah

Penyebab ketiga HP android gagal dilacak posisinya yaitu akun google tidak aktif, Sudah berganti atau Lupa akses masuknya.

Maksudnya begini, Info pelacakan posisi ponsel berkaitan dengan akun google yang aktif di smartphone. Jadi untuk melakukan tracking atau proses pelacakan, nantinya kita harus masuk dengan akun yang sama dari perangkat lain.

Bila semisal kita lupa akses Email seperti lupa kata sandi atau alamat Gmail-nya, tentu proses pelacakan tidak dapat dilanjutkan. (Simak : Cara melacak posisi Xiaomi Redmi Note 7 yang hilang )

Baca juga:  9 Cara Mengatasi Game Keluar Sendiri di Android (Force Close)

Begitu pula bila ada kasus ponsel yang hilang sudah diganti Email atau akun google-nya oleh orang lain, maka tracking tidak bisa dilakukan karena syaratnya hanya satu yaitu pengguna harus mengetahui alamat dan password akun miliknya untuk proses login di aplikasi pelacak ponsel.

Android Di reset Ulang

Paling berat kejadiannya kalau ponsel kita yang hilang sudah direset atau di flashing orang lain. Dimana semua isi pengaturan akan kembali ke sistem bawaan pabrikan saat HP direset ulang.

Dengan kondisi Smartphone sudah dikembalikan ke pengaturan awal bawaan pabrik, tentu akun google dan Info lokasi juga tidak berfungsi sebelum disetel kembali oleh pemiliknya.

Untuk mengantisipasi orang lain mereset HP kita yang hilang, sebaiknya sesegera mungkin untuk melakukan pelacakan sesaat kita merasa kehilangan ponsel, semakin cepat lebih baik daripada kedahuluan orang lain.

Itulah beberapa faktor utama yang dapat menyebabkan kita selalu gagal melacak posisi HP Android hilang atau terjatuh di suatu tempat. Semoga tips diatas selalu membuat kita berhati-hati dengan barang berharga untuk menghindari kejadian tidak diinginkan.

Artikel Terkait