Apa Efek menghapus file di folder thumbnails Android?

Efek hapus thumbnails di HP Android – apa itu file thumbnail dan apa pula fungsinya?, lalu apakah aman tidak ada efeknya bila pengguna HP Android menghapus file yang ada di folder thumbnail tersebut?. Nah, untuk tahu jawabannya, admin akan membahas bab thumbnail di HP android khusus untuk para pembaca semua.

arti thumbnail dna efek hapus thumb data di android

Thumb data atau file thumbnail umum digunakan untuk menampilkan cuplikan image atau gambar dari file aslinya. Maksudnya disini, contoh ketika kit amelakukan pemotretan di kamera HP android dan kita melihat preview hasil jepretan, maka gambar yang tampil tersebut merupakan file thumbnail dari file asli yang sudah tersimpan.

File thumbnail sendiri juga berfungsi ketika kita ingin melihat cuplikan dari beberapa file gambar yang sudah jadi agar terbuka dengan cepat. jari preview dari gambar yang kita lihat di hasil jepretan kamera maupun ketika kita sedang mengedit gambar di ponsel akan tercipta sebuah file di folder thumbnail.

Karena file thumbnail tersimpan secara terpisah dengan folder tertentu, maka secara tidak langsung ruang penyimpanan juga akan berkurang seiring semakin banyaknya kit amelakukan aktifitas kamera dan juga editing foto di ponsel android.

Baca juga:  Cara Mengatur Agar Terlihat Offline di Facebook Lite

Bagi sebagian pengguna android yang memiliki ruang penyimpanan minim, tentunya file di dalam folder thumbnail akan mengurangi ruang penyimpanan dari waktu ke waktu tanpa disadari oleh pemiliknya.

Apakah efek menghapus file thumbnail di Android

Oleh sebab itu banyak pengguna android meakukan penghapusan file di folder thumbnail yang tepatnya berada di Folder utama DCIM tersebut agar ruang penyimpanan ponsel tidak cepat habis.

Seperti diketahui, bahwasanya satu file thumbnail bisa berukuran sama persis dengan file dari foto atau gambar aslinya. Jadi bisa dibayangkan di ponsel kita seperti menyimpan file duplikat.

Nah, yang banyak ditanyakan yaitu apakah aman menghapus file thumbnails tersebut?, jawabannya adalah Aman-aman saja dan tidak ada efek signifikan terhadap kinerja sistem.

Karena data thumbnail tersebut bukanlah file asli dan hanya sekedar file duplikat untuk menampilkan preview gambar, maka boleh dihapus dan tentunya aman, admin sendiri sering melakukannya sejak dahulu di beberapa ponsel dan hasilnya ruang penyimpanan ponsel akan semakin lega.

Baca juga:  Cara Mengunci Aplikasi OPPO A3s dengan Face Unlock

Cara hapus thumbnails di HP android

Lalu bagaimana cara menghapus thumbnails data yang ada di smartphone android agar ruang penyimpanan kita bisa lega dan bisa dipergunakan untuk data yang lain?, simak tipsnya berikut ini:

1. Buka menu atau aplikasi file manager atau pengelola berkas. Di setiap smartphone akan berbeda aplikasi bawaan pabrikan untuk pengelola berkas ini.

bahaya menghapus file thumbnail di hp android

2. Setelah itu, buka drive ‘perangkat saya’, lalu cari filder dengan nama DCIM. Folder ini isinya file dari hasil bidikan kamera di ponsel sobat.

3. Kemudian cari folder dengan nama ‘.thumbnails’

efek menghapus thumbnail di android

4. Setelah itu akan terbuka halaman yang berisi thumbnail data, nah seleksi atau pilih saja semuanya, kemudian lakukan penghapusan.

5. Selesai, dan keluar dari aplikasi manager file

Apakah nanti di folder tersebut akan tercipta kembali file thumbnail?, jawabannya adalah iya. Dimana nantinya ketika anda melakukan beidikan kamera dan file hasilnya ada lihat atau preview maka akan menghasilkan thumbnail data di folder tersebut dan bila sudah banyak bisa anda ulangi untuk dilakukan penghapusan.

Baca juga:  3 Cara Screenshot di HP Huawei Nova 3i dengan Cepat

Itulah ulasan tentang apa arti thumbnails di HP android dan cara menghapusnya, semoga tips admin diatas bermanfaat, terima kasih.

Leave a reply "Apa Efek menghapus file di folder thumbnails Android?"