Fingerprint di Xiaomi Redmi Tidak Fungsi Bagaimana Mengatasinya ?

Sensor sidik jari yang tidak berfungsi baik di Smartphone Xiaomi menjadi kendala tersendiri bagi penggunanya. Meskipun dari sisi teknologi tergolong canggih, namun fitur fingerprint bisa saja terjadi error dan tidak dapat mengenali scan jari pemiliknya meski berulang-ulang mencobanya.

Xiaomi fingerprint error tidak fungsi

Di kesempatan kali ini admin ingin mengajak sobat pembaca untuk menyimak bagaimana solusi saat trouble fingerprint di Xiaomi atau HP Redmi yang tidak berfungsi dengan baik. Ada yang kadang bisa masuk kadang sulit, atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Banyak tipe Xiaomi yang sudah menggunakan fitur keamanan fingerprint dan banyak yang mengalami masalah, semisal saja Fingerprint Redmi Note 4X Error, Redmi 3 Pro fingerprint tidak fungsi, Redmi Note 3 bermasalah saat ingin scan sidik jari dan lain sebagainya.

Simak juga tips mengatasi Wifi HP Xiaomi yang gagal konek Internet, dan juga tutorial cara mereset ulang HP Xiaomi saat terjadi masalah error di aplikasi ataupun sistemnya.

Nah, Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah scanner sidik jari di HP Android Xiaomi yang trouble ?, silahkan simak beberapa tips berikut ini:

Baca juga:  Cara Melewati Kunci Mi Akun Xaomi Setelah Reset atau Flash Ulang

1. Restart Dulu HP Xiaomi

Pada saat ada trouble, apapun itu masalahnya di ponsel Android, pertama kali yang harus dicoba adalah me-reboot atau restart sistem.

Dimana dengan mematikan dan menyalakan ulang smartphone android, maka aplikasi dan sistem yang sedang crash / trouble bisa kembali normal.

Meski terlihat sepele, restart ulang HP Android terbukti mampu mengatasi masalah pada sistem dan aplikasi, seperti menu tidak dapat diakses, fitur kunci layar fingerprint macet, aplikasi sering keluar sendiri dan lain sebagainya.

2. Bersihkan Jari dan Sensor

Pastikan sidik jari kamu sudah bersih, karena sensor fingerprint sangat sensitif salam membaca guratan yang ada di jari.

Pastikan juga area sensor juga bersih, lap dengan tissue atau kain halus. Dan bila tipe Scanner Fingerprint ada di bagian layar, pastikan juga screen area scanner dibersihkan dulu sebelum mencoba menempelkan sidik jari.

3. Upgrade ROM MIUI Xiaomi

Adanya bug atau script program di sistem Xiaomi juga bisa menyebabkan gagal membaca sidik jari yang kita tempel ke sensor.

Baca juga:  Cara Hilangkan Getar dan Suara Ketukan Keyboard Redmi Note 7

Coba melakukan update ROM MIUI ke versi terbaru bila ada. Update ROM ke MIUI versi baru yang sudah disupport dan disarankan oleh pengembang MIUI akan membuat sistem stabil dan meminimalisir kesalahan pembacaan scanner fingerprint.

4. Flash Ulang ROM Ke versi Stabil

Bila beberapa cara diatas tidak dapat berpengaruh, maka bisa melakukan flashing ulang firmware atau ROM Xiaomi ke versi Stable yang direkomendasikan.

Hindari menggunakan firmware Xiaomi yang sudah dimodifikasi meski ditawarkan banyak fitur menarik seperti sudah include root dan aplikasi pihak ketiga.

Flashing ulang dengan ROM Xiaomi Versi Stable akan menambal semua bug dan kerusakan sistem, sehingga semua alat seperti fingerprint yang trouble akan kembali pulih bisa digunakan.

Admin sarankan untuk Download MIUI Xiaomi dari situs resminya, supaya terhindar dari script program yang disusupkan pihak ketiga.

5. Bawa ke Service center Xiaomi

Langkah terakhir bila problem tidak dapat diatasi, tentunya anda harus membawa smartphone ke servis resmi Xiaomi terdekat di kota anda.

Baca juga:  Tips Kaya Ala Orang China, Begini Rahasianya!

Dan yang pasti, seumpama ada penggantian sparepart fingerprint biasanya tidak semahal saat mengganti LCD pecah.

Semoga beberapa tips diatas bisa memberikan masukan dan memecahkan masalah saat terjadi trouble Fingerprint di Xiaomi atau Redmi yang tidak berfungsi dengan baik, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Fingerprint di Xiaomi Redmi Tidak Fungsi Bagaimana Mengatasinya ?"