Tips Format Memori MicroSD di HP Samsung Galaxy

Kebutuhan akan format ulang kartu SD atau Memori Card MicroSD di HP Andoid Samsung tidak lepas dari beberapa sebab, semisal file lembat diakses, banyak data tidak terbaca, ada virus yang menginfeksi memori atau bahkan saat baru saja beli kartu penyipanan yang baru.

Cara format micro SD di HP Samsung

Banyak manfaat saat memformat memori card, diantaranya membersihkan semua file dengan cepat, memperbaiki beberapa ruang sektor di penyimpanan, mempercepat dan mengembalikan fungsi akses ruang memori, menghapus file ber-virus yang sulit dibersihkan saat tidak bisa dihapus secara manual dari smartphone dan beberapa keuntungan lainnya.

Bagi anda pengguna HP Samsung, entah itu tipe J1, J2 Prime, J3, J5, seri S, Seri A, Galaxxy M10, M20 dan selainnya, sudah ada menu di dalam pengaturan HP yang bisa kita manfaatkan untuk format ulang memori MicroSD atau sering disebut kartu SD.

Simak juga tutorial Cara menonaktifkan salah satu SIM Card di HP Samsung, dan juga tips untuk Melacak HP Samsung Galaxy yang Hilang, Terjatuh atau dicuri secara akurat.

Baca juga:  Cara Blokir Panggilan masuk di HP Samsung

Bahkan saat kita tidak punya komputer atau Laptop sekalipun, mmformat ulang memori Card sangatlah gampang, cukup dengan HP android semua beres. Bahkan, untuk pengguna yang masih awam tentang istilah sistem FAT, FAT32, EXT, NTFS dan selainnya, dianjurkan untuk formatting dari samrtphone bila penggunaannya memang ditujukan untuk ruang penyimpanan ponsel. Jadi, lebih kompatible dan tidak disulitkan dengan menu dan opsi saat ingin format ulang layaknya di komputer.

Cara Format Ulang kartu Memori di HP Samsung

Apapun merek kartu memorinya, entah itu MicroSD merk Samsung, A-Data, V-Gen, SanDisk, Transcend, Kingston dan lainnya yang saat ini banyak beredar di pasaran, bisa diformat ulang dari HP Android. Silahkan simak caranya di bawah ini:

  • Pasang kartu Memori di HP Samsung dengan benar, Bila sudah terpasang maka lanjut Buka menu Settings (Pengaturan)
  • Kemudian masuk ke menu Pemeliharaan perangkat (Umumnya smartphone samsung dengan versi android KitKat, Lollipop, Marshmallow, Nougat Oreo dan versi diatasanya ada menu ini)
cara formatting microsd di samsung
  • Langkah berikutnya, pada tamplan pemeliharaan perangkat tersebut klik atau masuk ke opsi Penyimpanan, letaknya ada di deretan bawah
  • Di menu penyimpanan tersebut masuk ke opsi menu yang memiliki ikon titik tiga, letaknya di pojok atas kemudian pilih opsi ‘Pengaturan Penyimpanan
  • Masuk lagi ke menu Kartu SD dan pilih Format
memformat kartu memori di hp android samsung
  • Bila da peringatan bahwa seluruh data akan terhapus, setujui saja agar prosesnya segera berlangsung.
  • Tunggu sampai proses format selesai, dan jangan melakukan aktifitas apapun saat proses format memori card berlangsung, waktunya tidak lama hanya beberapa detik saja.
Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Sesaat sesudah format ulang di HP Samsung galaxy berhasil dilakukan, maka bila kita mengakses menu File Saya, akan tampak kosong hanya berisi beberapa folder dari sistem yang tercipta otomatis.

Begitu juga kapasitas memori card tidak akan tampil penuh karena sebagian digunakan untuk keperluan file sistem. Semisal anda punya MicroSD 8 GB, maka yang tampak tidak persis 8GB, pasti terlihat dibawahnya tujuh koma sekian.

Demikianlah pembahasan singkat dari admin tentang cara format kartu memori MicroSD di HP Samsung, semoga bisa dipraktekkan dengan mudah dan bermanfaat.

Artikel Terkait