2 Cara Melacak HP Samsung Galaxy yang Hilang Paling akurat

2 cara melacak HP Samsung galaxy yang hilang – Pasti membuat jengkel kalau Posel Samsung kesayangan tiba-tiba Hilang, entah dicuri, terjatuh ketika berkendara, atau terselip di suatu tempat. Melakukan tracking atau melacak HP yang hilang sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah kerena Android sudah membekali dirinya dengan fitur pelacakan yang akurat.

cara tracking dan lacak hp samsung hilang

Ketika Ponsel Samsung Android Hilang, pastinya hal yang pertama dilakukan adalah mencari di sekitar tempat kita tadi berada. Namun yang namanya ponsel sebesar genggaman telapak tangan pastinya sangat sulit untuk menemukannya meskipun itu hanya terselip di suatu tempat di dalam rumah.

Apalagi kalau ponsel sudah dalam kondisi settingan suara di nonaktifkan, tentunya akan sulit melacaknya dengan bantuan ponsel lain yang biasanya kita melakukan panggilan ke HP yang hilang tersebut dan tidak berbunyi.

Cara Kerja Tracking HP Hilang

Sebenarnya cara kerja pelacakan ponsel android, yang dalam kasus kali ini adalah HP Samsung galaxy yang hilang, Ketika aplikasi pelacak dihidupkan, tentunya dari ponsel lain, dan kita masuk ke akun Google atau akun Samsung yang ada di ponsel target, maka server aplikasi akan melakukan tracking posisi ponsel tersebut berada.

Baca Juga tips android berikut:

Agar trecking HP Samsung yang hilang tersebut berhasil dengan akurat, maka aplikasi pelacak juga harus diberi otorisasi lokasi yang asalnya dari ponsel target yang hilang tersebut.

Maksudnya disini, apabila smartphone android Samsung yang hilang tersebut sudah dalam kondisi settingan palacakan lokasi diaktifkan (sebelum ponsel hilang), maka proses selanjutnya akan mudah dilakukan karena server aplikasi pelacak akan segera mensinkronkan data dengan HP yang hilang tersebut dan menampilkan kondisi terkini lokasi dan properti sistem ponsel target.

Baca juga:  Cara Format Kartu Memori di Galaxy J2 Prime, J5 dan J7 Pro yang Benar

Ketika HP Samsung sudah tersinkron dengan server aplikasi (dengan akun yang sama), maka nantinya di antarmuka aplikasi tracking akan menampilkan Peta dengan Pin lokasi ponsel saat itu berada dan juga menampilkan informasi daya baterai yang tersisa, Waktu terakhir online dan lain sebagainya.

Dengan demikian, nantinya setelah aplikasi pelacak Ponsel berhasil terhubung dengan target maka fitur yang bisa digunakan antara lain menghapus data ponsel dari jarak jauh, mengubah password sistem, mengimpor file pesan dan kontak, melakukan dering jarak jauh dan lain sebagainya.

2 Metode pelacakan HP Samsung galaxy Hilang

Nah, Anda pengguna HP Samsung, apapun itu mereknya, entah HP Samsung J2 Prime hilang, Galaxy J1, Galaxy J5, J7, Galaxy seri A, Seri S dan apapun merek HP Samsungnya, maka bisa melakukan pelacakan dengan 2 metode sebagai berikut:

1. Melacak dengan Aplikasi Find My Device

Aplikasi yang sangat populer milik Google ini paling banyak digunakan sampai saat ini. Hampir semua Merek HP Android bisa dilacak menggunakan Aplikasi Find My phone ini.

Dulu aplikasi tracking android hilang milik google ini bernama Android Device Manager dan akhirnya berganti nama menjadi Find My Device sampai saat ini.

Nah, untuk mencoba sesegera mungkin menemukan ponsel Samsung yang hilang tersebut, Pinjamlah Ponsel milik teman dan lakukan tips di bawah ini:

a. Unduh aplikasi Find My Device dari google play store, atau langsung klik tautannya di > Unduh Aplikasi Find My Device

b. Setelah itu, jalankan aplikasinya dan anda diharuskan masuk menggunakan akun google (Alamat Email) yang sama persis dengan ponsel Samsung yang hilang tadi.

c. Setelah berhasil masuk ke aplikasi, Tunggu beberapa saat sampai server aplikasi melakukan sinkron data Lokasi dengan ponsel Galaxy yang hilang.

Baca juga:  Cara Perpanjangan 5 Tahunan STNK Di SAMSAT, Syarat & Prosesnya !

d. Hasilnya akan ditampilkan di layar, yaitu apakah HP samsung masih dalam kondisi aktif ataukan sudah nonaktif yang ditandai dengan notifikasi terakhir kalinya aktif beserta waktu dan tanggalnya sekaligus.

melacak samsung hilang dengan aplikasi find my device

Image: Tracking HP via Find My Device

e. Ketika Aplikasi mendeteksi HP Samsung yang hilang tadi masih aktif, maka bersyukurlah karena fitur aplikasi pelacakan bisa kita gunakan saat itu juga.

f. Apabila anda ingin langsung mencari posisi ponsel bisa berjalan menyusuri letak yang ditampilkan pada Maps.

g. Namun bila ternyata posisi penemuan HP Jauh dan dikhawatirkan nantinya ponsel keburu Off, maka ada fitur canggih yang bisa anda gunakan seperti menghapus semua data di ponsel target atau melakukan penguncian layar dan membuat password baru agar tidak bisa diakses orang lain.

h. Bilamana ternyata di peta letaknya berada di dekat kita, maka ada fitur deringkan ponsel dengan suara maksimal yang bisa diaktifkan. Fitur untuk menderingkan HP jarak jauh ini bisa berfungsi walaupun ponsel dalam kondisi diatur tidak bersuara atau silent.

2. Pelacakan dengan Akun Samsung

Metode tracking HP Samsung Galaxy yang kedua selain menggunakan tips diatas yaitu dengan memanfaatkan server Samsung untuk melakukannya.

Pengguna HP Samsung Galaxy bisa melacak ponselnya yang hilang terjatuh di jalan, terselip atau dicuri orang lain bisa mengunjungi situs Samsung untuk melakukan pelacakan. Nah bagaimana caranya ?

a. Untuk menggunakan metode pelacakan HP dengan Samsung Account yaitu anda harus yakin kalau di ponsel yang hilang tersebut sudah pernah diaktifkan fitur ‘Temukan ponsel saya’ dan sudah mengaitkan akun Samsung ke fitur tersebut. Apabila belum maka fitur ini tidak dapat digunakan.

Baca juga:  Harga HP Samsung A8 Plus dan spesifikasinya

b. Bila anda pernah mengaitkan akun samsung dan mengaktifkan fitur ‘Temukan ponsel saya’ sebalumnya, maka mudah untuk melakukan tracking.

c. Silahkan masuk ke situs https://findmymobile.samsung.com dari HP lain atau bisa menggunakan Laptop yang sudah terhubung ke internet tentunya.

d. Setelah masuk ke situs tersebut, lakukan login menggunakan akun samsung yang sama dengan yang ada di HP Galaxy yang hilang tadi.

melacak HP hilang dengan akun samsung

image: Tracking HP dengan Akun samsung

e. Setelah berhasil login, nantinya anda akan bisa melihat kondisi terkini sistem Samsung apakah masih aktif atau tidak.

f. Bilamana ponsel masih aktif maka anda bisa langsung mencarinya dengan memanfaatkan peta atau Maps yang ada.

g. Dan kita juga bisa melakukan langkah pencegahan agar ponsel tidak diakses orang yang menemukan ponsel kita dengan menggunakan fitur yang ada seperti menderingkan ponsel jarak jauh, menghapus data, mengunci ponsel jarak jauh, memperpanjang masa baterai dan fungsi keamanan lainnya.

Syarat paling utama agar pelacakan HP Android samsung bisa dilakukan dengan akurat maka untuk berjaga-jaga sebelum ponsel hilang harus mengaktifkan dahulu fitur ‘Temukan perangkat saya’ yang ada di pengaturan HP Samsung, Agar nantinya ketika ponsel benar-benar hilang akan mudah ditemukan oleh aplikasi tracking HP.

Dan cara mengaktifkan fitur pelacakan untuk berjaga-jaga apabila nantinya ponsel kita dicuri atau hilang sebagai berikut:

a. Masuk ke menu pengaturan HP samsung > Layar Kunci dan keamanan

cara mengaktifkan pelacakan hp android hilang

b. Lalu masuk ke opsi Pengaturan keamanan lainnya > Lalu ke opsi Administrator perangkat

c. Di halaman yang terbuka silahkan aktifkan opsi ‘Temukan perangkat saya’

mengaktifkan Administrator perangkat di HP Samsung

Itulah tips mencari dan melacak posisi HP Samsung galaxy yang hilang atau dicuri yang bisa admin sajikan di kesempatan kali ini, semoga bermanfaat. Jangan sungkan untuk bertanya dan berkomentar seputar pengalaman melacak HP android hilang, terima kasih.

Leave a reply "2 Cara Melacak HP Samsung Galaxy yang Hilang Paling akurat"