Melacak Posisi Redmi Note 7 Hilang dan Mengetahui Posisinya

Di beberapa tutorial terdahulu admin pernah mengulas tentang cara melacak HP android yang hilang dicuri, terjatuh atau terselip di suatu tempat. Meski tips tersebut secara umum bisa dipraktekkan pada hampir semua tipe smartphone android saat ini. Namun, di sesi kali ini kembali saya khususkan bagi pemilik HP merek Xiaomi Redmi Note 7, bagaimana cara melacak posisinya dari perangkat lain seperti komputer atau meminjam ponsel teman.

Cara yang serupa untuk menemukan kembali ponsel yang dicuri atau hilang nantinya bisa dilakukan di tipe Xiaomi lain seperti tipe Redmi Note 7-Pro, Note 8 / Pro, redmi 6 dan varian lainnya. Karena pada dasarnya, fitur Find device atau “Temukan perangkat” bisa diakses dari aplikasi maupun via browser.

mencari posisi redmii note 7

Disaat kehilangan smartphone, yang terbayang pertama kali umumnya data penting didalamnya selain harga ponsel itu sendiri. Dimana data pribadi yang tersimpan bisa suatu saat tersebar ke publik kalau perangkat tidak cepat ditemukan.

Kelebihan fitur pelacak posisi HP android selain menemukan posisi fisiknya, juga bisa untuk antisipasi data tersebut dicuri oleh orang lain. Dimana ada fitur khusus untuk menghapus seluruh data dari jarak jauh yang pastinya sangat berguna ketika ada file penting didalam memori HP tersebut.

Cara Menemukan Posisi Redmi Note 7 Hilang / Dicuri

Pada tips kali ini admin menjabarkan bagaimana langkah melacak posisi HP xiaomi Redmi Note 7 yang terjatuh atau hilang di suatu tempat hanya dengan menggunakan aplikasi Browser bawaan ponsel. Dimana anda bisa meminjam smartphone milik teman atau bisa juga menggunakan PC (laptop). Silahkan simak tutorialnya di bawah ini.

Baca juga:  Cara Reset Ulang Vivo Y71 dan Mencadangkan Data ke Google

1. Pinjam smartphone android milik teman dan jangan lupa aktifkan dulu koneksi internetnya.

2. Selanjutnya buka aplikasi browser bawaan HP atau bisa menggunakan browser seperti Chrome, Opera dan selainnya.

3. Setelah Browser dijalankan, akses ke alamat Google.com/android/find, lalu tekan buka atau enter.

4. Login ke akun google menggunakan email sama persis dengan yang ada di smartphone yang hilang. Bila lupa akun, maka proses pelacakan tidak bisa dilanjutkan.

5. Bila berhasil masuk, tunggu beberapa saat sampai proses pencarian perangkat ditemukan, dengan ditandai adanya nama Ponsel, kondisi jaringan dan persentase baterai.

6. Coba lihat pada tulisan di bawah nama ponsel Redmi Note 7 yang terlacak, bila tertulis “Last seen just now” atau “baru saja dilihat”, berarti HP yang hilang posisinya masih aktif dan ada yang menggunakannya.

7. Ada 3 opsi penting yang bisa anda manfaatkan di fitur Pencarian perangkat tersebut, diantaranya :

a. Play Sound : gunakan opsi ini untuk menderingkan perangkat dengan volume maksimal meskipun setelan ponsel di mode diam atau silent, HP Redmi Note 7 akan mengeluarkan dering yang keras selama 5 menit.

Baca juga:  Cara Mengatasi Gagal Kirim Video dan Gambar di WhatsApp

b. Secure Device : Fungsinya untuk mengunci perangkat ataupun keluar dari akun google dari jarak jauh. Selain itu anda bisa melihat pesan masuk maupun nomor kontak dari ponsel pelacak. Fungsi ini bisa bermanfaat saat anda khawatir ada yang membuka kunci layar dan ada yang mencuri data penting didalamnya.

c. Erase Device : Fungsinya untuk menghapus semua konten dan data di dalam ponsel yang hilang, tidak terkecuali file foto, video, kontak, akun google dan lainnya. Namun efeknya, setelah melakukan penghapusan maka HP Xiaomi yang hilang sudah tidak dapat dilacak kembali karena google akun sudah terhapus dari perangkat.

8. Saran saya, lebih baik langsung mencari keberadaan ponsel saat sudah terdeteksi dan tampil posisinya di Maps / peta. Bila dirasa sudah dekat dengan lokasi, gunakan menu “Play Sound” agar ponsel berbunyi keras.

Simak juga : Cara Sembunyikan tombol Navigasi REDMI NOTE 7 serta tips Menghubungkan Xiaomi Redmi Note 7 ke TV LED.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul, Apakah HP xiaomi tersebut bisa ditemukan bila koneksi data internet tidak aktif ?. Bisa iya atau tidak. Dimana saat pertama kali ponsel hilang dan anda melakukan pencarian dengan cara diatas, akan terlihat estimasi waktu aktif ponsel terakhir kali. Bila suatu saat penemu HP menyalakan koneksi internetnya, maka anda harus cepat menemukan lokasinya.

Baca juga:  HP Xiaomi untuk Remote TV DVD AC atau Projector, Begini caranya!

Seumpama ponsel yang hilang tidak anda kunci dan oleh si penemu diganti kartu SIM-nya dan mencoba terhubung ke internet, tetap saja smartphone bisa dilacak dengan syarat akun google (alamat email) belum dihapus / diganti dengan akun lainnya.

Begitu juga anda tidak akan bisa mengetahui posisi HP hilang bila sudah direset atau dikembalikan ke pengaturan awal oleh orang lain yang menemukannya.

Tips Supaya HP Xiaomi Bisa Dilacak

Sedia payung sebelum hujan, itulah yang seharusnya dipakai patokan bagi semua pemilik smartphone untuk berjaga-jaga bila suatu saat nanti ada kejadian tidak mengenakkan yakni kehilangan perangkat ponsel.

Dan untuk mengantisipasinya, ada settingan khusus di HP Xiaomi redmi note 7 dan varian sejenisnya, yakni kita harus selalu mengaktifkan fitur akses lokasi. Bagaimana caranya, simak langkahnya berikut ini.

menu setelan lokasi di redmi note 7
  1. Buka menu Setelan di HP Redmi Note 7, lalu menuju ke menu “Setelan Tambahan
  2. Pada halaman setelan tambahan lanjutkan masuk ke opsi “Privasi“, lalu buka “Lokasi”.
  3. Pastikan kondisi “aktif” pada menu Temukan perangkat saya, lalu tutup kembali menu setelan ponsel.

Bila menu temukan perangkat tidak anda aktifkan, maka bila suatu saat terjadi kehilangan ponsel maka sobat tidak bisa melacak keberadaannya.

Kesimpulannya, Selalu aktifkan data internet di smartphone sobat saat dibawa ke luar rumah atau perjalanan, karena kita tidak tahu suatu saat ada kejadian ponsel dicuri atau terjatuh di suatu tempat.

Demikianlah langkah-langkah melacak posisi HP Xiaomi redmi Note 7 yang hilang dicuri atau terjatuh di suatu tempat, semoga bermanfaat dan berhati-hatilah membawa smartphone kesayangan sobat.

Leave a reply "Melacak Posisi Redmi Note 7 Hilang dan Mengetahui Posisinya"