Memindah WA ke HP lain Tanpa kehilangan isi Pesan secara Manual

Saat ingin berganti ponsel dan ingin akun WhatsApp tetap menggunakan nomor yang sama maka bisa dilakukan tanpa kehlangan isi pesan. Dimana ada dua cara restore data WA yakni via data yang tersimpan di google drive ataupun melalui database yang tersimpan di memori internal smartphone itu sendiri.

salin WA ke HP baru tanpa hilang isi pesan

Untuk anda yang tidak mau kerepotan saat memindah nomor WhatsApp ke ponsel android yang baru, sebenarnya hanya dibutuhkan file database yang berisi seluruh setelan akun dan juga isi inbox. simak juga tipsĀ Menyembunyikan Status di WhatsApp Kecuali Kontak Tertentu

Bila sebelumnya anda tidak memanfaatkan backup harian, mingguan atau bulanan akun WA melalui google drive, maka ada satu cara lagi yang bisa dilakukan untuk merestore isi pesan WhatsApp yakni dengan menyalin file database yang tersimpan di memori perangkat ponsel lama dan nantinya ditransfer pada smartphone yang baru. baca juga tutorialĀ Cara Menyembunyikan Tampilan Foto Profil WhatsApp

Cara Mengembalikan isi pesan WA ke HP lain

Berikut ini admin bagikan tips bagaimana cara memindahkan aplikasi WhatsApp beserta tanpa kehilangan data inbox, baik itu isi pesan teks, Video, Foto dan dokumen lain yang ada di dalam isi pesan.

Baca juga:  Cara Merekam video Call di WhatsApp HP Android
  1. Persiapkan dahulu memori eksternal (microSD) di HP lama, dimana nantinya memori ini fungsinya menyalin database untuk dipindah ke HP baru.
  1. Setelah siap, pada ponsel yang lama, yang masih menjalankan akun whatsApp, buka aplikasi file manager atau pengelola file
  1. Selanjutnya masuk ke memori perangkat (internal memory)

folder database pesan WA di memori internal

  1. Di sana cari Folder ‘Whatsapp’, silahkan disalin (copy) folder whatsApp tersebut ke dalam memori MicroSD. Dimana dalam folder tersebut ada database dan folder Media yang berisi file pesan, image, video, audio atau dokumen lain yang terkait dengan isi pesan anda.
  1. Setelah tersalin, silahkan keluar dari aplikasi manajer file dan nonaktifkan aplikasi WA, bisa langsung dicopot (uninstall) saja.
  1. Setelah itu matikan smartphone dan lepas memori microSD dan masukkan ke ponsel android lain
  1. Di smartphone baru, silahkan buka aplikasi pengelola file, lalu cari file folder whatsApp yang ada di microSD dan paste (tempel) di memori perangkat.
  1. Setelah file tersalin, silahkan unduh dan install aplikasi WhatsApp
  1. Jalankan WhatsApp dan registrasikan nomor HP anda, kemudian pada halaman restore data silahkan klik saja lanjutkan, dimana nantinya aplikasi akan mendeteksi secara otomatis file database yang sudah anda salin tadi.
  1. Tunggu sampai proses selesai, dan anda akan melihat seluruh file pesan WA sudah kembali sama dengan yang ada di ponsel android lama.
Baca juga:  Tips Pindah WA ke HP lain Tanpa Kehilangan isi Chat

Demikianlah cara manual memindah aplikasi WA beserta isi pesannya dari HP lama ke ponsel baru, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Memindah WA ke HP lain Tanpa kehilangan isi Pesan secara Manual"