Tips Pindah WA ke HP lain Tanpa Kehilangan isi Chat

Memindahkan Nomor WhatsApp ke HP baru tanpa kehilangan isi pesan atau Inbox sangat mudah dilakukan. Bahkan kita bisa secara otomatis melakukan setting jauh hari sebelumnya untuk menyimpan cadangan pesan WA ke akun google Drive.

memindah nomor WA ke hp lain chat tidak hilang

Namun banyak pengguna WhatsApp yang belum mengerti cara mencadangkan (backup) data chat ke google drive. Meskipun sebenarnya sudah ada cadangan data whatsApp yang tersimpan secara otomatis setiap 24 jam sekali di perangkat HP, persisnya di memori internal.

Banyak juga pengguna WhatsApp yang kehilangan data chatting setelah memindah nomor akun ke ponsel lain atau bahkan saat melakukan reset HP, yang sebenarnya hal tersebut dapat diatasi dengan mudah sebab pihak WhatsApp sendiri sudah memberikan fasilitas backup.

Tips Agar chat WA bisa kembali saat Pindah ke HP Lain

Meski padda artikel sebelumnya admin sudah membuat tips bagaimana memindah nomor akun WA ke ponsel android baru dengan cara otomatis melalui google drive, kali ini ini admin akan memberikan tips manualnya dan mudah dilakukan oleh siapapun pengguna smartphone android.

Baca juga:  Cara Membuka Blokir Mandiri Online Banking Tanpa Menuju Bank

Simak juga tips WA dibawah ini:

1. Sebelumnya persiapkan dulu memori eksternal atau microSD yang sudah tertancap di Ponsel yang lama, yang nanti tujuannya untuk menyalin file database chattingan WA ke ponsel llain.

2. Setelah itu, buka aplikasi files atau file manager, Setiap tipe dan merek android bisa beda penamaan pembuka berkas file.

3. Kemudian masuk ke drive ‘perangkat saya‘ atau memori internal

memindah Aplikasi WA ke HP baru

4. Selanjutnya temukan folder yang bernama ‘WhatsApp‘, dan salin semua file didalamnya sekaligus foldernya ke memori MicroSD ponsel

5. Kita juga bisa menyalin (copy) file khusus databasenya saja, letaknya di dalam folder WhatsApp > Databases, kemudian pilih salah satu cadangan chat WA terbaru yang paling atas semisal bertuliskan ‘msgstore.db.crypt12’, salin ke memori card.

pindah WhatsApp tidak hilang isi chat

6. Setelah data ter-copy, matikan ponsel dan cabut kartu SIM selular beserta microSD-nya, kemudian pindah ke ponsel yang baru

Baca juga:  Mengubah Koneksi Data Kartu SIM 1 dan 2 HP Redmi Note 7/Pro

7. Di HP android yang baru, silahkan unduh dan pasang aplikasi WhatsApp, setalahnya jangan dijalankan dulu

8. Buka file manager, dan cari file yang kita copy tadinya, yakni folder ‘whatsApp’ beserta isinya, Salin semua file database WA ke memori perangkat (internal memori)

9. Setelah berhasil, silahkan jalankan aplikasi whatsApp untuk pertama kali, dan ikuti prosesnya seperti autentifikasi nomor HP dan pengembalian cadangan pesan.

10. Bila proses selesai, kita akan mendapati isi chat di halaman WhatsApp sudah kembali seperti semula saat kita menggunakan HP android yang lama.

Itulah cara manual mengembalikan isi pesan WA bila ingin pindah ke HP lain. Namun bila tidak ingin repot, silahkan cadangkan melalui akun google drive agar saat tiba-tiba ponsel error maka bisa kembalikan file chatting dari penyimpanan drive google.

Leave a reply "Tips Pindah WA ke HP lain Tanpa Kehilangan isi Chat"