Cara Mengatasi Error Kamera HP Xiaomi / Redmi

Permasalahan pada kamera smartphone Xiaomi bisa menjadi problem tersediri bagi beberapa penggunanya yang aktif memotret untuk media sosial atau keperluan fotografi lainnya. Bahkan pada beberapa tipe ponsel Xiaomi terbaru-pun bisa mengalami error pada bagian kameranya.

repair camera xiaomi

Meski semua aplikasi bisa berjalan normal, namun bila ada salah satu fungsi fital seperti di bagian kamera yang sering error saat dipakai memotret seperti tombol shutter tidak bisa ditekan, file foto tidak tersimpan di memri HP, aplikasi kamera tiba-tiba menutup sendiri dan permasalahan lainnya, tentunya harus kita selidiki apa penyebab dan cara mengatasinya.

Di bawah ini admin bagikan beberapa tips untuk mengatasi trouble di kamera HP Xiaomi dengan mengetahui beberapa penyebabnya. Sehingga proses perbaikan sendiri di rumah bisa maksimal sebelum memutuskan membawanya ke service center.

Mengatasi Error Kamera HP Xiaomi / Redmi

1. Tutup semua aplikasi

Langkah pertama yang bisa anda coba untuk mengatasi aplikasi kamera yang tidak bekerja Normal adalah menutup semua aplikasi terbuka yang berjalan di background.

Baca juga:  Cara Hilangkan Getar dan Suara Ketukan Keyboard Redmi Note 7

Dimana seringkali kita membuka dan menutup aplikasi hanya dengan nenekan tombol Home, padahal cara tersebut masih belum menutup sempurna aplikasi sehingga masih berjalan meski tertutup aplikasi lain yang sedang anda buka.

Untuk membersihkan sampah aplikasi yang sempat dibuka sebelumnya pada HP Xiaomi cukup gampang, Tekan saja tombol navigasi Xiaomi ‘kotak’, lalu tutup semua dengan menekan tombol ‘X’. Selanjutnya coba buka kembali aplikasi kamera bawaan ponsel.

2. Bersihkan file Cache

Membersihkan cache smartphone secara berkala dapat meningkatkan kinerja sistem seccara keseluruhan. Dimana file cache, temporary file dan file sampah lainnya akan membebani kinerja RAM dan prosesor HP.

Kerana banyaknya cache dan file sampah bisa membuat beberapa aplikasi seperti kamera tidak bisa berkerja normal. Jadi coba hapus cache di Xiaomi dengan menggunakan aplikasi pembersih bawaan ponsel atau pihak ketiga seperti Ccleaner dan selainnya.

3. Reboot smartphone

Merestart sistem Android menjadi cara ampuh untuk mengatasi berbagai aplikasi yang error seperti sering keluar sendiri, macet, beberapa menu tidak bisa difungsikan dan lain sebagainya.

Baca juga:  Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon

Jadi coba untuk memuat ulang sistem ponsel agar kamera bisa bekerja lagi secara normal bila kedua cara diatas gagal saat dicoba.

4. Install Aplikasi pihak ketiga

Coba unduh dan install aplikasi kamera pihak ketiga di play store, semisal camera 360, Open camera, B612 dan lainnya.

Bila dengan aplikasi kamera bukan bawaan xiaomi ternyata juga tidak dapat digunakan, besar kemungkinan ada masalah pada sistem yang rusak maupun hardware bermasalah.

5. Update Firmware

Melakukan pembaruan secara berkala terhadap software sangat dianjurkan untuk pengguna smartphone android. Biasanya produsen Xiaomi juga rutin mengeluarkan update terbaru MIUI dan firmware yang langsung disebarkan pada setiap penggunanya.

Dimana update resmi dari vendor Xiaomi akan memperbaiki beberapa Bug atau kesalahan pada program ataupun aplikasi yang bermasalah, sehingga diharapkan lebih stabil dan banyak fitur terbaru didapatkan oleh penggunanya.

6. Reset Ulang Xiaomi

Langkah factory reset maupun recovery bisa dilakukan apabila seluruh opsi diatas tidak menyelesaiakan masalah pada kamera maupun aplikasi lainnya.

Baca juga:  Cara Memunculkan ikon Kecepatan Internet di HP OPPO A3s

Dan yang perlu diingat, akibat dari mereset ulang HP Xiaomi adalah hilangnya seluruh data di galeri seperti Video atau foto, setelan jaringan, dan data aplikasi dan data lainnya.

7. Flash ulang HP Xiaomi

Flashing smartphone layaknya menginstall ulang sistem pada perangkat, dimana semua file akan digantikan dengan file sistem yang baru, lebih fresh dan diharapkan menambal beberapa file yang rusak sebelumnya.

Langkah flashing ulang Xiaomi bisa ada lakukan sebaiknya bila masa garansinya sudah habis. Bila masih ada, proses flash firmware akan membuat kartu garansi anda hangus.

8. Sevice center Xiaomi

Tidak jarang pula bagian hadrware atau perangkat keras kamera xiaomi mengalami kerusakan atau menurun kinerjanya, entah sebab HP Sering terjatuh, selalu digunakan pada suhu ekstrem seperti sering terpapar sinar matahari, terkena air hujan dan penyebab lainnya.

Tidak menutup kemungkinan ada jalur pada mainboard xiaomi yang putus atau komponen lain yang berkaitan dengan kinerja kamera rusak bisa menjadi penyebabnya.

Oleh sebab itu, saran saya langsung bawa ke service center xiaomi terdekat di  kota anda untuk perbaikan supaya memperoleh penanganan dari ahlinya.

Catatan, jangan melakukan flashing atau perbaikan hardware seperti membongkar HP xiaomi tanpa pengetahuan dibidangnya. Selain rentan kerusakan juga akan membuat proses klaim garansi smartphone anda hilang.

Leave a reply "Cara Mengatasi Error Kamera HP Xiaomi / Redmi"