Mengatur Youtube Tidak Play Otomatis Agar Hemat Data Internet

Mungkin banyak pengguna youtube yang ingin mengatur aplikasinya supaya tidak memutar video secara otomatis saat berada di feed beranda atau sesudah memutar salah satu video.

Setting youtube tidak boros internet

Bagi penggemar nonton ideo youtube tentu tidak ada masalah bila menggunakan jaringan WiFi sebagai akses internetnya. Namun bagi sebagaian yang lain, penggunaan data internet via kartu selular akan berfikir ulang untuk menghemat kuota-nya.

Jadi, untuk menghemat pemakaian kuota internet kala membuka youtube salah satunya dengan cara mematikan autoplay video di menu setelan aplikasinya.

Boros internet kala memutar video youtube juga dapat diatasi dengan mengaktifkan fitur pembatasan kuota selular saat tidak berada di jaringan Wi-Fi. Jadi, kala kita menggunakan data dari kartu SIM maka tampilan video HD akan dinonaktifkan, dan saat terhubung ke WiFi kita bisa menikmati tontonan video dengan kulitas HD yang tentunya lebih besar menyedot data internet.

Cara Mengatur Youtube tidak Play Otomatis

  1. Buka aplikasi youtube di smartphone
  2. Masuk ke opsi akun yang berada di posisi kanan atas
  3. Silahkan menuju ke opsi ‘Setelan‘ dan masuk ke menu ‘Autoplay
  4. Ada dua pilihan fitur yang bisa diatur yakni ‘Autoplay Video berikutnya‘ dan ‘Autoplay di beranda‘, silahkan nonaktifkan kedua opsi tersebut.
mematikan autoplsy video youtube
menu setelan youtube

Seperti diketahui, bahwasanya feed beranda adalah deretan video yang dikelompokkan menurut minat dan kebiasaan pencarian video penggunanya.

Baca juga:  2 Metode Screenshot di HP Samsung A10 A20 A30 dan A50

Dimana setiap pemilik smartphone akan menemui feed video yang berbeda-beda dari pengguna lainnya. Semisal anda suka mencari topik video Vlog artis, ceramah keagamaan, komedi dan lainnya maka otomatis tampilan beranda di aplikasi yooutube akan tampil saran video yang memiliki tema sama.

Dan saat kita berada di Feed beranda youtube, pada posisi tertentu video akan diputar secara otomatis meski tanpa suara, dan untuk memutar lengkap dengan suara tentu kita harus klik salah satu videonya untuk melihat secara utuh dari channel yang bersangkutan.

Meski saat ini ada juga versi ringan dan ramah data intenet yang bernama youtube-Go. Dan untuk mengetahui apa beda keduanya silahkan simak artikel Perbedaan Youtube Go dan Versi Standar.

Baca Juga cara mengunduh film atau Video Youtube tanpa aplikasi tambahan.

Keluhan borosnya kuota internet juga bisa disebabkan seringnya berselancar di beranda youtube. Meski tidak membuka link Video-nya namun otomatis diputar saat kita berhenti sejenak di posisi tertentu.

Leave a reply "Mengatur Youtube Tidak Play Otomatis Agar Hemat Data Internet"