Apa pengaruh Memori MicroSD Error terhadap kinerja Android ?

Pengaruh memori MicroSD error terhadap kinerja Android – Penggunaan kartu memori eksternal menjadi opsi pilihan ketika pengguna HP android ingin menambah ruang penyimpanan. Meskipun saat ini banyak smartphone yang sudah dibekali internal memori berkapasitas besar namun penggunaan kartu memori eksternal masih dibutuhkan.

efek kartu microsd error di hp android

Seiring berjalannya waktu pemakaian smartphone, mulai dari proses mengisi data berupa file gambar, file musik, film, dokumen dan sebagainya maka peluang terjadinya error di kartu memori MicroSD makin terbuka.

Apalagi saat ini banyak kartu MicroSD yang palsu atau abal-abal di pasaran dengan harga yang pastinya murah, menjadikan banyak pengguna smartphone mengeluhkan banyak yang kehilangan data akibat trouble di kartu memori miliknya.

Lalu apa pengaruhnya terhadap kinerja sistem android bilamana kartu memori yang terpasang tersebut mulai mengalami masalah ?

Baca juga tips android dibawah ini:

Banyak pengguna android yang merasa kartu miliknya tidak bermasalah, padahal ada ciri-ciri yang sering terjadi ketika memory card mulai rusak meskipun masih bisa diakses.

Ciri-ciri dan efek kartu memori mulai rusak

Adapun ciri-ciri dan efek yang ditimbulkan di HP Android saat kartu MicroSD miliknya mulai terkena gejala kerusakan, salah satunya sebagai berikut :

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Penghemat Data di Facebook

1. Ponsel Lemot

Bagi anda yang mempunyai masalah ponsel lemot dan tidak responsif lagi seperti waktu pertama kali beli, perlu diwaspadai ada masalah pada kartu eksternalnya.

Meskipun kejadian melambatnya kinerja smartphone bisa disebabkan oleh software atau file sistem yang rusak, bisa juga disebabkan oleh hardware atau perangkat keras ponsel seperti Prosesor, RAM, GPU, Memori card dan lain sebagainya.

Untuk memastikan apakah kartu MicroSD yang terpasang di ponsel mengalami gejala error atau tidak silahkan coba copot kartu dan nyalakan ulang ponsel.

Bila ternyata setelah kartu memori dilepas dan sistem bekerja stabil tidak lembat lagi, maka bisa dipastikan kartu MicroSD mulai mengalami masalah.

2. Aplikasi sering macet

Bila seringkali kita mengalami aplikasi yang terbuka tiba-tiba macet, hang atau mungkin lambat sekali respon membuka beberapa fungsi didalamnya maka adda kemungkinan kartu memori mulai error.

Hal ini tidak berlaku untuk aplikasi yang tersimpan di memori perangkat (internal memori). Jadi apabila aplikasi yang sering macet tersebut tersimpan instalasinya di kartu memori maka kemungkinan besar memang kartunya yang bermasalah.

Ketika pengguna HP Android pertama kali membuka aplikasi yang tersimpan di memori card, maka segala sesuatunya akan dihandle olah sistem. dan bila pembacaan di kartu mengalami trouble maka sistem juga secara otomatis melambat bahkan tidak merespon sama sekali.

3. HP Restart sendiri

Baca juga:  Memunculkan ikon persentase Baterai Nokia 3, 5, 6 dan 8

Kejadian ponsel tiba-tiba restart sendiri memang bisa disebabkan oleh sistem maupun aplikasi yang trouble. Namun tidak menutup kemungkinan masalah tersebut ada di kartu memori.

Ketika MicroSD sulit dibaca oleh sistem dan data tersebut sangat penting maka pembacaan berulang yang gagal selain bisa memperlambat kinerja ponsel juga dapat menyebabkan ponsel restart dengan sendirinya.

4. HP Cepat Panas

Kondisi smartphone yang cepat panas juga bisa dipengaruhi oleh kinerja kartu memori. Dimana kinerja Prosesor akan semakin berat saat file-file yang ada di dalam memory card tidak bisa diakses.

Secara terus menerus sistem akan melakukan tugasnya sampai selesai untuk membaca file yang dibutuhkan di kartu MicroSD, apalagi banyak aplikasi yang tersimpan didalamnya.

Semakin lambat dan sulitnya membaca isi kartu memori akibatnya kinerja CPU akan semakin keras dan akhirnya ponsel bisa overheat. Oleh sebab itu, kalau ponsel kita tiba-tiba panas secara tidak wajar, coba copot dahulu kartu MicroSD untuk memastikan langkah berikutnya.

5. Gagal simpan File

Apabila kita sering gagal menyimpan file di HP Android, seperti misal saat kita memotret atau merekam objek dan ternyata di layar sering terdapat notifikasi kegagalan menyimpan foto atau video maka bisa dipastikan kalau memori mulai bermasalah.

6. Proses transfer lambat

Selain dipengaruhi oleh spesifikasi smartphone, cepat atau lambatnya kecepatan transfer file dari perangkat lain ke ponsel atau sebaliknya bisa disebabkan kartu memori microSD yang menurun performa dan kinerjanya.

Baca juga:  Cara Perpanjangan 5 Tahunan STNK Di SAMSAT, Syarat & Prosesnya !

Begitu juga kecepatan trasfer file juga dipengaruhi oleh class dan tipe kartu memori yang kita pakai. Bilamana sudah menggunakan kartu dengan class 10 yang bisa mentransfer cepat file namun masih saja lambat, bisa diakibatkan kualitas dan kondisi kartu yang mulai rusak.

Cek kartu MicroSD

perbaikan kartu microsd error

Untuk memastikan apakah memory card yang ada di HP android kita sehat atau sudah mulai ada error-nya silahkan cek menggunakan metode berikut :

1. Cek dengan Komputer

Bila kita sudah familiar dengan perangkat komputer maka bisa digunakan untuk melakukan cek dan repair error di kartu MicroSD.

Di komputer coba cek dengan metode check disk supaya bila terjaddi error bisa secara otomatis diatasi oleh sistem di komputer.

2. Format kartu

Untuk lebih memastikan dan membuat memori card kita sehat kembali, silahkan format kartu dengan menggunakan Ponsel atau bisa dengan perangkat komputer.

Dengan melakukan format, maka susunan blok-blok di kartu akan diperbaiki apabila ada yang corrupt. Namun sebelum memutuskan format kartu memori, silahkan backup terlebih dahulu file yang ada agar nantinya bsia dikembalikan lagi.

Mungkin itu dulu pembahasan admin tentang apa efek yang terjadi pada HP android saat kartu MicroSD mulai timbul gejala kerusakan, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Apa pengaruh Memori MicroSD Error terhadap kinerja Android ?"