Cara Mengetahui Akun FB Kita Dibajak Orang Lain atau Tidak

Cara Mengetahui Akun FB Kita Dibajak Orang Lain – Pastinya setiap pengguna Facebook khawatir akun miliknya disadap atau dibajak oleh orang lain, dan hal tersebut menjadi masalah tersendiri karena privasi kita akan terbuka, mulai dari inbox yang diintip sampai akun FB diambil dan dijalankan tanpa sepengetahuan kita.

mengamankan FB dari pembobol akun

Banyak teman saya yang bertanya, bagaimana juga cara mengetahui orang yang mengganti password FB kita atau juga bagaimana cara mudah mengetahui kalau akun kita sedang dibuka di tempat lain dari ponsel atau perangkat Laptop, apakah bisa dideteksi?

Pihak Facebook sendiri sudah memberikan fitur menu keamanan pada aplikasi FB miliknya. dimana setiap penggunanya bisa melakukan pengecekan perangkat apa saja yang login ke akun FB dan dari mana asalnya, semua lengkap tersedia dan bisa dilihat di pengaturan keamanan Facebook.

Cara Melihat Akun FB kita dibajak / dibuka Orang lain

Simak tips Facebook berikut ini:

Nah, Langsung saja kita simak bagaimana melihat aktifitas akun facebook milik kita apakah aman dari pembajak FB ataukah tidak, dan kita bisa melihat apakah perangkat yang digunakan itu berasal dari milik kita ataukah bukan, berikut tipsnya:

1. Disini admin mencontohkan menggunakan aplikasi Facebook Lite, dan untuk FB standar caranya hampir sama.

Baca juga:  Cara Ubah Tema HP Realme agar Tampilan Lebih Menarik dan Unik

2. Pertama kali buka aplikasi Facebook dari smartphone anda, kemudian masuk ke opsi menu, letaknya pada bagian pokok paling kanan sebelah atas

3. Kemudian masuk ke opsi Pengaturan, dan lanjut ke menu Keamanan dan login

pengaturan keamanan FB dari pembajak akun

4. Di bagian dalam opsi kemanan tersebut, kita bisa melihat pada opsi ‘tempat anda login‘, dimana untuk melihat apakah akun kita benar-benar kita sendiri yang membukanya atau tidak bisa klik pada opsi ‘lihat lainnya’ (simak contoh di gambar)

pengaturan keamanan login FB

5. Di dalam halaman yang ditampilkan akan terlihat nama perangkat tempat kita login FB, letak posisi online, apakah status sedang aktif atau tidak, Bila menggunakan Browser terlihat apa tipe browsernya dan lengkap pula dengan tanggal waktu login.

6. Nah, dari situ kita bisa melihat apakah ada pembobol akun FB kita atau tidak.

7. Bilamana ada yang mencurigakan, silahkan langsung mengganti password FB dengan kata kunci yang baru lebih kuat, dan juga aktifkan peringatan (notifikasi) login dari perangkat yang tidak dikenal seperti tips dibawah ini.

Ciri-ciri FB dibajak Orang lain

Untuk melihat gejala awal apakah facebook kita dibobol atau dijalankan orang lain bisa kita lihat sekilas cirinya sebagai berikut:

1. Di timeline atau beranda FB kita tiba-tiba ada status baru meskipun kita tidak merasa melakukan update status

Baca juga:  Cara Setting Fingerprint HP Samsung J7 Prime

2. Ada aktifitas messenger di kotak masuk, ini biasa dilakukan kalau ada orang terdekat yang usil ingin mengatasnamakan akun FB kita untuk keinginannya

3. Meskipun tidak ada status terbaru atau messenger dilakukan pembajak akun FB, namun teman kita bisa melihat aktifitas kita sedang online padahal kita saat itu sedang tidak membuka aplikasi FB.

4. Ada notifikasi login dari perangkat tidak dikenal yang muncul di email, messenger atau dari aplikasi FB itu sendiri. Namun kalau sebelumnya kita belum mengatur pemberitahuan login dari alamat email maka kita tidak akan diberi notifikasi via email, jadi setting dahulu emailnya dengan cara yang admin sebutkan di bagian bawah artikel ini.

Cara Mengamankan Facebook dari pembajak akun

Nah, untuk mengantisipasi apabila nanti ada seseorang yang berhasil masuk ke akun facebook milik kita tanpa kita ketahui, maka kita bisa mengetahuinya dengan cepat dengan mengatur notifikasi yang masuk ke ponsel kita, caranya sebagai berikut:

1. Masih ada di halaman Kemanan dan login, silahkan klik pada opsi ‘Dapatkan Peringatan tentang login tidak dikenal

Notifikasi login akun fb

2. Disana akan terlihat 3 opsi yang bisa kita aktifkan seluruhnya atau menurut selera kita seperti :

  • Notifikasi : silahkan aktifkan fitur ini karena nantinya bila tidak kita nyalakan maka FB tidak akan memberitahu kita ada perangkat lain yang baru saja aktif masuk ke akun Facebook.
  • Messenger : Kita bisa mengaktifkan ini atau tidak, terserah karena nantinya kita akan mendapat pemberitahuan dari pesan messenger kalau ada login dari perangkat yang tidak dikenali
  • Email : Nah, kita juga bisa memasukkan alamat email milik kita, sehingga saat ada pembajak akun FB masuk dari ponsel atau Laptop maka kita akan langsung diberitahu via kiriman email oleh FB ada aktifitas mencurigakan.
Baca juga:  Tips OPPO A3s Lupa Pola dan Password Kunci Layar HP

Tips Agar FB aman dari pembobol / pembajak Akun

1. Perbarui secara berkala password atau kata sandi FB agar tidak mudah dibobol teman dekat atau orang lain

2. Jangan menggunakan kata sandi dengan nama, tempat tanggal lahir atauppun yang terkait dengan jati diri kita karena mudah diterka-terka orang lain

3. Jangan lupa logout atau keluar dari akun saat menggunakan perangkat Ponsel atau Laptop yang bukan milik kita pribadi

4. Kunci layar smartphone atau yang kalau sistem ada fitur lock aplikasi bisa memanfaatkan fitur pengunci aplikasi agar FB bisa kita kunci aksesnya untuk dibuka orang lain.

5. Jangan tinggalkan HP atau PC dnegan kondisi Aplikasi Facebook masih login karena rawan untuk dibobol orang tidak bertanggung jawab.

Demikianlah cara mudah mengamankan akun dari pembajak facebook, semoga bisa menjadi pembelajaran dan bisa dipraktekkan agar akun kita aman dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Leave a reply "Cara Mengetahui Akun FB Kita Dibajak Orang Lain atau Tidak"