Sering Gagal Scan Sidik Jari Redmi Note 7, Simak Cara Mengatasinya!

Sebagai smartphone berfitur premium dengan harga murah menjadikan ponsel Xiaomi Redmi Note 7 sangat laris di pasaran. Dan salah satu fitur keamanan berupa sensor sidik jari yang responsif dan cepat untuk buka tutup layar juga salah satu kelebihannya.

Sensor fingerprint redmi note 7 error

Untuk pembahasan kali ini saya akan memberikan tips bagaimana mengatasi scanner fingerprint yang selalu gagal memindai sidik jari penggunanya. Meski tergolong smartphone keluaran baru, segala permasalahan sistem dan perangkat tentu tidak bisa dihindari.

Semisal sebelumnya tidak ada masalah ketika ingin membuka layar Redmi Note 7 dengan Fingerprint. Namun pada saat tertentu sidik jari selalu gagal di pindai sensor. Berulang-kali dicoba, selalu ada notifikasi ‘Coba lagi’.

Ketika beberapa kali salah scan sidik jari, akan keluar kolom isian password / PIN atau disuruh untuk menunggu beberapa saat untuk bisa mencobanya kembali.

Mengatasi Fingerprint Redmi Note 7 Gagal Memindai

Jangan berasumsi dulu bahwa komponen sensor fingerprint Xiaomi REDMI Note 7 rusak, karena ada beberapa penyebab yang bisa memicu terjadinya error scanner. Untuk mengatasinya, silahkan coba tips berikut ini.

Baca juga:  Kesalahan Otentifikasi WiFi di HP Xiaomi, Penyebab dan Solusinya!

1. Bersihkan Jari Tangan dan Sensor

Salah satu penyebab error fingerprint smartphone adalah kondisi jari tangan yang kotor, kering atau bahkan terlalu basah.

Baca juga : Cara memasang 2 aplikasi FB WA dan Instagram di Redmi Note 7

Ketika berulang kali menempelkan jari ke sensor namun tetap salah, coba cek jari anda. Lap atau cuci tangan, bersihkan noda yang menempel di guratan jari agar tidak menghalangi pemindai.

Jari yang terlalu kering juga bisa menyebabkan gagal dikenali sistem, lembabkan dengan mencuci atau menyentuh air. Jangan lupa membersihkan sensor fingerprint dari debu atau kotoran yang  menempel.

2. Restart Sistem

Sistem android Redmi Note 7 yang trouble, entah karena crash aplikasi atau terlalu banyak proses di background bisa menyebabkan gagal scan sidik jari.

Untuk mengatasinya, coba muat ulang atau restart ponsel. Bila kasusnya lupa sandi buka layar saat fingerprint juga gagal memindai sidik jari, coba dulu muat ulang paksa dengan menekan tombol power beberapa saat sampai keluar menu ‘restart’.

Baca juga:  Cara Menghubungkan Redmi Note 7 ke TV dengan STB Huawei

3. Hapus dan Buat ulang Sandi

Anda juga bisa menghapus sandi dan fingerprint terlebih dahulu di Redmi Note 7 untuk kemudian membuatnya ulang.

Sistem bisa saja gagal mengenali sidik jari penggunanya meski tidak amasalah dengan sonsor dan juga kondisi jari pemiliknya.

Untuk menghapus sidik jari di Xiaomi Redmi Note 7 bisa melalui Menu Pengaturan >> Kunci Layar & Sandi >> Kelola Sidik jari >> (Masukkan Sandi Lama) >> Pilih salah satu rekaman jari yang ingin dihapus dan tekan tombol “Hapus Sidik jari”

Sedangkan cara untuk menonaktifkan konci layar yang berupa sandi dan Fingerprint, bisa melalui menu Pengaturan >> Kunci Layar & Sandi >> Setel Kunci layar >> masukkan sandi lama anda >> lalu pilih menu “Matikan penguncian”. Saat memilih mematikan penguncian layar, maka otomatis rekaman sidik jari juga terhapus.

4. Bersihkan Cache Sistem / Aplikasi

Meskipun cache sangat berguna untuk proses aplikasi maupun sistem, namun file yang usang dan tidak diakses lagi akan menjadi sampah. Akhirnya beban kinerja sistem juga berat dan bisa mengakibatkan HP Lemot dan tidak responsif lagi.

pembersih cache di redmi note 7
Cache Cleaner Redmi Note 7

Untungnya membersihkan Cache di Redmi Note 7 sangat mudah, dimana ada tool atau aplikasi khusus yang sudah disediakan di menu ponsel yaitu aplikasi Pembersih.

Baca juga:  Cara Perpanjangan 5 Tahunan STNK Di SAMSAT, Syarat & Prosesnya !

Cara penggunaannya sangat mudah, jalankan app “Pembersih” yang ikon-nya berupa tanda Sapu. Lalu Tunggu sistem secara otomatis melakukan peindaian sampah, file tidak berguna dan cache. Setelah itu klik tombol “Bersihkan” yang ada di bagian bawah.

5. Reset Ulang Xiaomi

Setelah beberapa langkah diatas, seperti jari dan scanner bersih, cache sudah dibersihkan dan sudah membuat ulang sandi dan perekaman sidik jari, Namun selalu sistem gagal memindai, maka bisa mengambil opsi Reset ulang.

6. Bawa ke Service center

Bila Sesudah reset ulang tidak mempan mengatasi Fingerprint Redmi Note 7 selalu gagal mengenali sidik jari, Bawa ke service center Resmi Xiaomi terdekat di kota anda. Atau bila masih ada masa garansinya oleh Toko penjual, silahkan klaim agar dilakukan perbaikan gratis.

Leave a reply "Sering Gagal Scan Sidik Jari Redmi Note 7, Simak Cara Mengatasinya!"