Cara Melihat Alamat IP WiFi Hotspot di HP Samsung

Penggunaan jaringan WiFi di HP Samsung Galaxy untuk terkoneksi ke internet menjadi alternatif selain menggunakan kuota data selular. Dan saat kita terkoneksi ke Hotspot ada alamat IP yang diberikan dan bisa dilihat pada menu pengaturan smartphone.

melihat IP HOTSPOT WiFi di HP Samsung

Melihat IP Address WiFi di HP Samsung bisa berguna untuk mengetahui alamat akses poin hotspot yang sedang kita pakai, dan biasanya mempunyai kelas yang sama. Semisal router WiFi menggunakan IP 192.168.1.1 maka umumnya range alamat akses WiFi yang bisa terkoneksi ada di antara 192.168.1.2 sampai 192.168.1.254.

Pengalamatan IP seperti diatas umumnya ada pada jenis router rumahan, sedangkan untuk alamat IP yang lebih kompleks lagi bisa menggunakan antarmuka perangkat mikrotik.

Kembali ke topik semula, yakni bagaimana cara melihat alamat IP WiFi Router dan juga IP yang sedang kita gunakan di HP Samsung galaxy ?, Caranya gampang, simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Langkah pertama buka menu Pengaturan di Smartphone Samsung

2. Selanjutnya masuk ke menu Koneksi dan aktifkan WiFi

Baca juga:  HP Xiaomi untuk Remote TV DVD AC atau Projector, Begini caranya!
Cara cek IP WiFi di HP Samsung

3. Sambungkan dulu HP ke jaringan Hotspot yang ada, dan tunggu sampai benar-benar terhubung

4. Sesudah terkoneksi, klik atau tekan pada nama SSID yang terhubung

5. Nantinya akan terlihat detail Kekuatan Sinyal, Tipe Pengaman, Alamat IP dan juga alamat Router atau akses point dari hotspot yang kita gunakan

6. Untuk melihat IP Address WiFi letaknya ada di bagian “Alamat IP”, sedangkan alamat akses point perangkat hotspot / Router ada di bagian “Buka Halaman Web”

Bila anda klik atau mengakses IP address pada opsi Buka halaman Web, maka browser akan terbuka dan akan membuka halaman login router WiFi.

Simak juga tips Format kartu memori MicroSD di HP Samsung Galaxy

Jadi, semisal anda sedang terhubung ke jaringan hotspot cafe tempat anda nongkrong, dan ingin usil atau sekedar tahu apakah router WiFi-nya akses login aman atau tidak, silahkan buka alamat IP routernya dan login menggunakan username dan kata sandi default sesuai dengan tipe/merk perangkat yang digunakan.

Baca juga:  Cara mengatasi HP Samsung Selalu Gagal kirim SMS

Kadangkala pemilik hotspot yang masih awam akan akses utama login ke router idak mengganti nama pengguna dan juga password akses masuknya, sehingga dengan mudah orang lain yang sudah terhubung ke jaringan hotspot miliknya bisa mengubah beberapa setelan sistem hotspot.

Demikianlah pembahasan singkat cara mengetahui alamat Internet Protocol (IP) WiFi di HP Samsung Galaxy, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Melihat Alamat IP WiFi Hotspot di HP Samsung"