Cara memindah Nomor WhatsApp ke HP Lain beserta isi Pesannya

Cara Pindah Nomor WhatsApp ke HP lain – Mungkin saja pada saat tertentu pengguna Aplikasi whatsApp (WA) harus memindah Nomor atau akun miliknya ke perangkat HP lain. Bisa saja alasannya karena Ponsel yang lama akan dijual atau memang mempunyai HP baru sehingga ingin akun WA miliknya dipindah dari HP lama ke yang baru tersebut.

memindah nomor WA ke HP lain

Untuk memindah Nomor akun whatsApp tentunya sangat mudah dilakukan, Tapi ada beberapa pengguna HP Android yang kesulitan mendapatkan salinan isi pesan agar tetap utuh ketika akun WA sudah dipindah ke ponsel yang baru.

Prinsip kerja aplikasi WhatsApp dalam mencadangkan setiap pesan yang masuk dalam setelan bawaan aplikasi akan menempati ruang folder database di memori perangkat atau internal memori.

Baca juga tips WhatsApp berikut:

Tempat Backup chattingan WA

Ketika pengguna Aplikasi WA ingin memindah nomor atau akun miliknya ke perangkat smartphone lain, pastinya database yang berisi cadangan (backup) data chatting tidak akan berpindah tanpa adanya campur tangan dari penggunanya sendiri untuk memindah secara manual (copy-paste) cadangan data tersebut ke perangkat HP yang baru.

Menjadi hal yang mudah ketika pengguna smartphone yang sudah terbiasa menelusuri file di folder memori untuk melakukan proses copy paste database chatingan WhastApp. Namun tidak semua pengguna android bisa melakukan transfer data dari smartphone satu ke ponsel yang lain.

Baca juga:  Tips Huawei Nova 3i Membuat Kunci Pola atau Sandi Layar

Sebenarnya ada satu opsi lagi untuk pencadangan data yang sudah disediakan oleh aplikasi WA itu sendiri, yakni pencadangan data pesan WhatsApp via akun google Drive.

Dengan memanfaatkan fitur backup chatingan WA melalui google drive maka data bisa diambil dari mana saja tanpa membutuhkan media transfer database pesan WA seperti melalui microSD, kabel data, flashdisk dan lain sebagainya.

Kelebihan lain menggunakan google drive untuk menyimpan data cadangan chattingan WA, ketika kita ingin menginstall aplikasi WA ke ponsel lain maka secara otomatis merestore (mengembalikan) isi pesan tersebut ke ponsel tujuan yang baru.

Persiapan pindah Nomor WA ke HP lain

Nah, untuk anda yang ingin berpindah akun atau nomor WhatsApp dari HP lama ke HP yang baru, maka terlebih dahulu kita harus mencadangkan data chattingan agar ketika akun WA sudah di Ponsel baru maka seluruh data pesan bisa kembali seperti semula.

Adapun cara mencadangkan data melalui akun google drive bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

Cadangan pesan WA di google drive

1. Buka aplikasi WhatsApp, kemudian masuk ke opsi Setelan, posisi pada pojok bagian kanan.

Baca juga:  Mengatasi Notifikasi WhatsApp tidak muncul - Penyebab dan Solusinya !

pencadangan data chattingan WA

2. Dari halaman setelan silahkan masuk ke opsi Chatting

3. Selanjutnya masuk lagi ke opsi ‘Cadangan chat’

4. Di halaman pencadangan tersebut, bila sebelumnya tidak pernah menautkan akun google drive maka lakukan penautan terlebih dahulu

cara pencadangan data WA ke google drive

5. Pada opsi ‘Akun’ silahkan masukkan akun google (alamat email) yang sama dengan akun google di HP android. Bisa juga anda menggunakan akun email lainnya asalkan nanti di ponsel yang baru juga harus menggunakan akun google yang sama.

6. Setelah mengisi alamat email, silahkan tekan saja tombol ‘cadangkan’

7. Nantinya secara otomatis semua isi pesan atau chatting di WhatsApp akan di-backup ke akun google drive.

Cadangan pesan WA di memori perangkat

Selain dengan cara diatas, bagi yang sudah terbiasa copy paste dari perangkat HP satu ke HP lainnya, bisa melihat cadangan data chatingan WhatsApp di folder database aplikasi WA.

Dan untuk melihat dan menyalin cadangan file chatting WA bisa dengan tips di bawah ini:

1. Buka aplikasi file manager atau file saya (setiap merek HP akan berbeda penamaan manajer file-nya)

2. Silahkan masuk ke drive ‘Perangkat Saya’ atau internal memori

Letak backup data chattingan WhatsApp

3. Kemudian masuk ke folder ‘WhatsApp’ > Database

4. Nah, di folder database itulah letak semua cadangan data pesan WA. silahkan copy atau salin semua file tersebut dan simpan di memori MicroSD atau media penyimpanan lain

Baca juga:  Cara Merekam Gerakan Layar di Vivo Y71 tanpa Aplikasi

Cara Pindah WA ke HP lain beserta data chattingan

Nah, untuk melakukan perpindahan akun WhatsApp ke smartphone android lain, silahkan lakukan tahapan sebagai berikut:

1. Pastikan Nomor kartu selular (Sim Card) sudah tertancap di HP tujuan yang baru, dan juga akun google di HP tersebut sudah sama dengan alamat email yang tadinya digunakan untuk backup data chatting di google drive

2. Selanjutnya, unduh dan pasang aplikasi WhatsApp seperti biasanya

3. Setelah melakukan validasi nomor telepon, nantinya aplikasi akan mencari cadangan data dari akun google maupun dari memori perangkat

4. Ketika cadangan di google drive ditemukan oleh aplikasi, maka otomatis WA akan melakukan pengunduhan data chattingan, tunggu sampai proses selesai.

5. Bilamana kita tidak melakukan backup data pesan WhatsApp di google drive, bisa dengan cara lain yakni melakukan copy data yang tadi sudah tersimpan ke folder Database

6. Ingat, letakkan file backup WhatsApp ke dalam folder database WA, jangan di folder lain.

Dengan cara diatas kita akan mudah memindah nomor akun WhatsApp ke HP lain beserta seluruh isi pesan yang ada. Bagaimana, mudah banget kan?, semoga bermanfaat untuk pembaca semua.

Leave a reply "Cara memindah Nomor WhatsApp ke HP Lain beserta isi Pesannya"