Sinyal 3G dan 4G tapi internet tetap Lemot Apa sebabnya?

Mengatasi masalah Sinyal 4G tapi Internet lemot – Bagi pengguna HP tipe apapun, entah itu Merek OPPO, HP Samsung, Xiaomi, Lenovo, Asus, Vivo dan lain sebagainya permasalahan jaringan data internet tidak bisa dihindari. Mulai koneksi putus nyambung, internet lemot meskipun sudah mode 3G atau 4G dan permasalahan jaringan lainnya.

penyebab koneksi internet lemot jaringan 3g 4g

Kebanyakan pengguna HP Android, iPhone, Blackberry atau OS lainnya umumnya menyalahkan provider selular bila terjadi lemot di smartphone miliknya. Padahal tidak semua penyebab internet lemot hanya dari sisi penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Dalam terkoneksi ke jaringan internet, Entah itu kita menggunakan kartu selular Telkomsel, Indosat, XL, Tri, smartfren dan lainnya bisa mengalami masalah internet lemot.

Namun seperti yang admin sampaikan diatas, kalau kita sudah mendapat sinyal 3G ataupun 4G seharusnya memang koneksi bisa lancar dan cepat seperti yang diiklankan oleh provider. Namun permasalahan di dalam sistem dan hardware perangkat smartphone juga harus menjadi perhatian.

Baca juga tips android berikut:

Penyebab Koneksi internet Lambat di jaringan 3G dan 4G

1. Kekuatan Sinyal

Hal pertama yang menjadi penyebab lambatnya koneksi internet di smartphone yaitu tangkapan sinyal. Ketika suatu are sudah tercover jaringan semisal 3G ataupun 4G, dan ponsel sudah mensupport edua jenis jaringan tersebut maka yag harus diperhatikan yaitu kekuatan tangkapan sinyal.

Kondisi sinyal yang lemah, semisal hanya satu baris saja, selain bisa membuat boros daya baterai HP juga beresiko terjadinya gagal koneksi internet.

Bisa admin gambarkan, sistem kerja jaringan di smartphone sebenarnya sama dengan ketika kita memasang antena WiFi untuk mendapat sinyal dari penyedia jaringan Hotspot.

Baca juga:  3 Cara Membuka Kunci Layar HP Advan Lupa Sandi Pola PIN

Dimana kekuatan sinyal yang bagus akan membuat nilai Ping semakin kecil dan kekuatan transfernya semakin besar. Bila di test dengan aplikasi speed test internet, maka nilai semakin kecil semakin bagus yang berarti Hubungan antara pemancar dan penerima semakin cepat, efeknya pasti koneksi akan stabil.

Solusi dari permasalahan lemahnya tangkapan sinyal di HP sehingga menyebabkan koneksi internet melambat yaitu carilah area atau posisi yang mudah untuk mendapat sinyal yang bagus, setidaknya 2 sampai 3 strip tanpa naik turun, semisal di luar ruangan atau posisi yang tidak tertutup tebalnya tembok bangunan.

2. Banyaknya pengguna Jaringan

pengguna jaringan yang banyak

Satu hal yang jarang diketahui oleh setiap pemilik smartphone ketika terkoneksi jaringan selular adalah banyaknya user dengan kartu provider yang sama dalam satu area cakupan pemancar (antena BTS).

Logika sederhananya, semisal bila di area tempat tinggal kita banyak yang menggunakan kartu Im3 Indosat dan semuanya rata-rata menggunakannya untuk terkoneksi ke internet, maka bandwidth akan terbagi ke seluruh pengguna yang saat itu sedang aktif.

Mungkin kita tidak akan tahu persis berapa jumlah pengguna kartu selular dengan provider yang sama di suatu daerah, namun kita bisa melihat secara garis besar dari banyaknya konter pulsa atau penyedia kartu perdana yang menawarkan produk kartu tertentu yang paling banyak diminati di area tersebut.

Jadi, bilamana kondisi cakupan sinyal di ponsel kita sudah bagus dan Sistem di HP tidak mengalami masalah, lalu internetan terasa lemot meskipun adda di jaringan 4G, bisa jadi di area tersebut banyak pengguna yang mengakses jaringan internet dalam waktu bersamaan.

Baca juga:  Cara Perpanjangan 5 Tahunan STNK Di SAMSAT, Syarat & Prosesnya !

Tips lain untuk memperoleh koneksi yang cepat dan lancar yaitu pada saat jam malam sampai jam 6 pagi, biasanya waktu-waktu tersebut banyak orang yang tidak menggunakan koneksi internet secara aktif karena masuk waktu istirahat.

3. Banyak Aplikasi Online

Banyaknya aplikasi sosial media ataupun aplikasi Online Shop juga berpotensi membuat koneksi internet di HP melambat. mengapa demikian?

Jenis atau tipe aplikasi yang menggunakan koneksi data internet untuk tersinkron di server aplikasinya, meskipun tidak dalam kondisi digunakan akan tetap membutuhkan jaringan data untuk selalu sinkron dengan server.

Semisal di smartphone terinstall aplikasi BBM, WhatsApp, FB, Line, Instagram, Aplikasi Tokopedia, Lazada, Shopee dan aplikasi sejenisnya maka tanpa kita sadari semuanya menyedot kuota data internet meskipun tidak sedang kita gunakan.

Oleh sebab itu, jangan heran kalau semisal kita sudah mendapat jaringan data bagus dan kondisi sinyal juga oke, namun banyak aplikasi seperti diatas yang terinstall maka bandwidth internet juga akan terbagi di beberapa aplikasi tersebut sehingga ketika kita ingin berselancar akan terasa berat.

4. Aplikasi Anti virus

Tanpa kita sadari, ketika ponsel sudah dipasang aplikasi antivirus maka semua koneksi dan lalu lintas data yang masuk dan keluar dari sistem smartphone akan dilakukan filtering atau penyaringan agar aman.

Dampaknya akan terasa ketika kita ingin berselancar di internet semisal ingin browsing di google dan mengunjungi situs tertentu maka saat itulah koneksi bisa melambat karena harus melalui filter antivirus.

5. Settingan APN yang keliru

Ketika smartphone ingin terkoneksi ke Internet melalui kartu selular maka diperlukan adanya settingan APN (Access point names) yang tepat sesuai yang disyaratkan providernya.

Baca juga:  Mengatasi Problem Sinyal HP Hilang di Semua Tipe Android

Bila kita tidak tepat mengisi data APN maka resikonya pasti koneksi internet akan terganggu, melambat atau bahkan tidak terkoneksi sama sekali.

Meskipun isian APN sudah terisi secar otomatis ketika kita menancapkan SIM Card ke dalam ponsel, terkadang isian tersebut bisa berubah karena ada yang usil atau memang terjadi trouble di sistem ponsel sehingga nilainya berubah.

Untuk itu periksa apakah APN internet sudah benar atau belum di pengaturan jaringan HP anda, dan setiap provider tidak sama isian APN-nya satu dengan lainnya.

6. Sistem Bermasalah

Banyak juga permasalahan koneksi internet lambat di jaringan 3G/4G karena masalah di sistem HP. Sistem yang mengalami masalah bisa berdampak pada semua fungsi menu dan settingan yang ada.

Untuk permasalahan ini tentunya cara paling tepat yaitu melakukan factory reset, atau kalau di tipe smartphone android anda ada menu reset pengaturan jaringan silahkan coba dahulu sebelum dilakukan factory reset sistem secara keseluruhan.

7. Hardware trouble

Ketika semua permasalahan internet lambat tidak dapat diselesaiakan dengan melihat gejala yang admin sebutkan diatas, meskipun dengan opsi flashing firmware sekalipun tetap lemot koneksinya, padahal ketika kartu dipindah ke HP lain bisa cepat maka ada gejala penurunan performa di hardware jaringannya.

Umumnya gejala hardware ponsel mulai rusak bisa ditandai yang salah satunya dengan turunnya kinerja fungsi dari hardware yang bersangkutan.

Untuk solusi yang terakhir ini hanya service center atau tukang service HP yang bisa mendeteksi kerusakan hardware didalamnya.

Itulah beberapa gejala dan solusi untuk mengatasi internet lemot padahal jaringan sudah 3G atau 4G, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

2 Comments

    1. kalau tidak ada masalah di sistem umumnya lemotnya koneksi internet bisa karena banyaknya user di area BTS , jadi terbagi bandwidthnya.. bikin lemot pasti 🙂

Comments are closed.