6 Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error Tidak Berfungsi – Sensor sidik jari di HP android Samsung yang tidak berfungsi normal bisa disebabkan oleh beberapa Hal. Adapun Permasalahan sensor HP bisa terjadi hampir di semua Tipe Smartphone, tidak hanya samsung saja seperti di HP xiaomi, OPPO, Asus, Huawei, iPhone dan lain sebagainya.

Fingerprint HP Samsung Error tidak mendeteksi

Fingerprint Error seperti di Samsung J5 Pro, J7 Prime, J3 pro, J5, S series dan tipe selainnya dapat diatasi dengan mengetahui terlebih dahulu apa penyebab troublenya. Jadi cara penyelesaiannya harus diusahakan jangan melakukan flashing ulang ataupun membongkar Hp terlebih dahulu, kita cek dari yang paling ringan penyebabnya sampai yang lebih detail.

Dari sekian banyak tipe Samsung yang menggunakan sensor sidik jari, kendala pasti ada saat sensor tidak berfungsi seperti tidak dapat memindai sidik jari, Selalu salah saat scanner, atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Baca Tips HP samsung berikut:

Cara Memperbaiki Fingerprint Samsung Error

1. Cek dahulu Alat pemindai

Baca juga:  Settingan APN XL 3G dan 4G Internetan Cepat

Bilamana di HP samsung letak fingerprint tidak on the Fly alias tidak ada di tampilan layar, maka kondisi fisik pemindai sidik jari yang ada di belakang ponsel cobalah untuk memeriksa kondisinya secara kasat mata.

Cek apakah banyak debu yang menempel di alat scanner fingerprint Samsung, Bersihkan dengan alat yang lembut dan pastikan tidak ada sesuatu yang tertempel sedikitpun di alat pemindai.

Bila alat pemindai ada di dalam layar atau sistem, pastikan juga kondisi layar tidak kotor dan tidak kondisi basah, bersihkan layar.

cek Kondisi Scanner fingerprint

2. Cek kondisi sidik jari kita

Sedah sering kejadian gagal memindai sidik jari di HP android karena kondisi jari tangan kita yang saat itu sedang kotor, terlalu basah atau bahkan ada goresan di jari yang sudah kita registrasikan ke alat fingerprint.

Jadi pastikan letak di alat scanner harus tepat dan juga kondisi jari tidak boleh kotor, tertempel sesuatu semisal Cat atau bahkan ada luka terkelupas supaya pemindai mengenali guratan kontur sidik jari kita dnegan benar.

3. Bersihkan Cache Aplikasi

Untuk memperbaiki Fingerprint samsung yang tiba-tiba error dan sensor tidak mau membaca sidik jari kita, maka cobalah untuk membersihkan cache atau file sampah yang ada di sistem.

Baca juga:  Penyebab HP Android Macet dan Lemot saat Internetan

Untuk cara membersihkan cache aplikasi di HP samusng sangatlah mudah, karena saat ini di sistem android Samsung sudah dibekali fitur untuk mengoptimalkan perangkat, dimana didalamnya sudah ada fitur pembersih RAM dan juga cache yang tidak diperlukan.

Sistem yang terlalu dibebani file cache akan kelebihan beban kinerja pada CPU, RAM dan juga mempengaruhi kinerja hardware, salah satunya bisa membuat fingerprint gagal membaca sidik jari.

4. Hapus Data Sidik jari

Bila fingerprint bersih dan jari kita juga tidak bermasalah, maka cobalah untuk menghapus semua data sidik jari yang sudah terdaftar di sistem HP Samsung, dan caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke opsi Settings, kemudian pilih menu Application manager
  • Setelah itu pilih opsi All (semua) dan kemudian pilih Fingerprint
  • Dan langkah terakhir pilih opsi Clear data

Bila sesudah melakukan penghapusan data sidik jari, maka untuk menggunakannya kita harus meregistrasi ulang setiap jari yang ingin kita gunakan.

5. Reset HP Samsung

Langkah reset pengaturan ke dalam kondisi defaultnya merupakan opsi yang tepat saat semua cara diatas sudah dilakukan dan tidak berhasil mengatasi fingerprint Samsung yang trouble.

Baca juga:  Cara Ubah penyimpanan Kamera HP Samsung ke Kartu MicroSD

Untuk angkah reset HP samsung sangatlah mudah, yakni cukup masuk ke opsi Pengaturan > Manajemen Umum > Reset > Reset data Pabrik. Setelah mereset HP samsung cobalah untuk melakukan setting ulang atau registrasi sidik jari ke alat fingerprint.

Perlu diingat, saat proses factory reset, maka seluruh data di memori internal HP samsung juga akan ikut terhapus, jadi backup dahulu data penting seperti nomor kontak, foto atau video di memori internal pindah ke eksternal dan beberapa data lainnya.

6. Flasing ulang HP Samsung

Nah, Untuk tips terakhir mengatasi error fingerprint HP samsung yakni dnegan melakukan penghapusa sistem dan install ulang atau biasa disebut flashing.

Untuk melakukan flash, tentunya harus diserahkan kepada ahlinya atau service center terdekat supaya tidak ada kesalahan dalam melakukan flashing firmware.

Demikianlah ulasan cara mudah memperbaiki fingerprint HP samsung error tidak bisa mendeteksi sidik jari, semoga bermanfaat bagi pembaca semua dan tentu menjadi salah satu solusi perbaikan smartphone sobat, terima kasih.

Leave a reply "6 Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error Tidak Berfungsi"