Cara Mengatasi HP Android Panas dan Mencari penyebabnya

Cara mengatasi Suhu HP Android Panas (Overheat) – Mempunyai smartphone yang awet dan bisa kinerjanya normal menjadi idaman bagi Pemiliknya, apalagi smartphone tidak pernah rewel, tidak mengalami Hang atau macet dan panas yang kita rasakan pada Ponsel tidak membuat kita khawatir terjadi kerusakan didalamnya.

penyebab HP Android suhu panas

Sebenarnya, pada semua perangkat elektronika yang bekerja dengan adanya arus listrik yang mengaliri setiap komponen umumnya akan menimbulkan panas pada perangkat tersebut.

Apalagi bicara perangkat PC ataupun Smartphone, dimana ada komponen pengolah data atau sering disebut sebagai CPU yang selalu menimbulkan panas karena banyaknya proses keluar masuk data yang harus dikerjakan.

Tidak seperti Ponsel jaman jadul, yang pastinya kita tidak pernah menemui HP dengan OS java mengalami yang namanya overheat, kecuali ada komponen didalamnya yang konsleting atau bermasalah.

Baca juga:

Pada smartphone seperti sekarang ini, apalagi yang bersistem Android, Panas yang dirasakan penggunanya ketika memegang ponsel saat beraktifitas dengan gadget miliknya menjadi tidak terelakkan lagi.

Apakah Panas di HP Android itu Normal?

Panas pada HP Android merupakan hal yang wajar, senyampang itu masih dalam suhu yang bisa ditoleransi oleh Prosesor dan komponen lainya.

Apabila panas yang dihasilkan terlampau tinggi (overheat), maka selain dapat memperpendek umur komponen yang bersangkutan juga bisa merembet ke komponen lain.

Pastinya, panas pada HP Android yang sedang aktif jaringan data 3G ataupun 4G akan lebih panas suhunya dibanding ketika kita tidak mengaktifkan mode jaringan data saat menggunakan smartphone.

Baca juga:  Cara Nonaktifkan Salah Satu SimCard di HP Samsung

Begitu Pula setiap aplikasi yang kita buka juga akan berlainan efek panas komponen yang dihasilkan, semisal kita main game berkualitas HD pastinya suhu ponsel akan cepat meningkat dibanding hanya melakukan chatting WhatsApp, dan lain sebagainya.

Penyebab dan solusi HP Android cepat Panas

Di bawah ini ada beberapa penyebab HP android suhunya tinggi yang bisa kita simak beserta solusinya:

Mode Jaringan

Seringkali pengguna HP android tidak menyadari kalau sedang mengaktifkan mode jaringan 3G atau bahkan 4G bisa membuat HP lebih cepat panas.

Hal tersebut wajar karena pada smartphone yang sedang aktif koneksi 3G/4G-nya akan memerlukan daya yang besar untuk menstabilkan sinyal, memperkuat jaringan dan juga menjaga kecepatan koneksi tidak turun.

Mode jaringan 3G/4G selain bisa mempercepat panasnya HP, juga semakin cepat membuat daya Ponsel berkurang.

Solusinya, bilamana ponsel terlampau panas, terlebih dahulu coba matikan sementara koneksi internet 3G/3G anda, Tunggu beberapa saat sampai suhu ponsel turun dan nyalakan ulang koneksinya.

Sinyal minim

Tangkapan sinyal yang tidak stabil juga menjadi pemicu ponsel android panas dengan cepat. Apalagi dibarengi dengan penggunaan koneksi internet yang aktif, pastinya suhu hardware akan semakin tinggi.

Fetching jaringan selular dan juga untuk menstabilkan tanggapan sinyal juga akan berpengaruh pada asupan daya baterai, Semakin bagus sinyal didapat, semakin awet pula daya baterai dan suhu komponen HP juga tidak mudah panas.

Solusinya, jika indikator sinyal di ponsel tidak stabil dan cenderung naik turun atau bahkan no signal dan membuat ponsel naik suhunya, silahkan aktifkan dahulu air plane mode (mode terbang) untuk sementara dan cari tempat yang bagus untuk mendapat cakupan sinyal dari operator selular.

Baca juga:  Cara Mengatur Agar Terlihat Offline di Facebook Lite

Banyak Aplikasi

Sebenarnya berapapun banyaknya aplikasi yang terinstall di HP tidak akan berpengaruh terlampau banyak pada sistem bila spesifikasi HP bagus, semisal RAM berkapasitas besar dan juga kualitas prosesor mumpuni.

Namun bila Spesifikasi HP rendah, semisal RAM hanya berkasitas 512 MB atau 1 GB denga aplikasi yang banyak sekali, tentunya akan memberatkan kinerja sistem pada akhirnya.

Apalagi untuk aplikasi yang bisa bekerja pada background meski tidak dibuka, semisal aplikasi SOSMED FB, BBM, WA, Line, instagram dan ain sebagainya, meskipun tidak posisi dijalankan namun tetap saja ada sinkron data dengan server saat koneksi data aktif.

Untuk solusi yang suka install banyak aplikasi dan juga suhu HP panas meski tidak digunakan, silahkan matikan untuk sesaat koneksi data bila ponsel tidak sedang dipakai.

Hal ini untuk mencegah adanya kerja aplikasi dan jaringan seccara-terus menerus meskipun ponsel tidak sedang kita gunakan.

Suhu ruangan Panas

Jangan menempatkan smartphone pada suhu yang terlampau panas, karena bisa menyebabkan suhu baterai dan komponen meningkat tajam.

Panas secara terus menerus bisa menyebabkan kinerja sistem juga menurun karena secara otomatis chipset yang ada di dalam ponsel akan melakukan penyesuaian kinerja supaya suhu tidak melebihi titik kritis.

Jadi, untuk membuat ponsel tidak lekas rusak gara-gara panas berlebih, biasakan untuk tidak meletakkan di dekat benda panas atau aktifitas di bawah terik matahari.

Baca juga:  Cara Ganti Nada Pesan dan Panggilan WhatsApp

Sistem bermasalah dan Virus

Sistem yang trouble juga bisa menyebabkan suhu panas pada perangkat Smartphone. Apalagi kalau sudah ada virus yang menginfeksi HP android, pastinya kinerja sistem akan lebih meningkat dari kondisi normalnya.

Umumnya Virus di HP android bisa bekerja meskipun penggunanya tidak sedang beraktifitas dengan ponsel miliknya.

Beberapa virus dengan tipe spyware akan selalu aktif dan mencari celah untuk mengirim data pengguna HP secara diam-diam untuk diunggah ke server pembuat virus, dan pada akhirnya kinerja sistem meningkat yang menyebabkan panas berlebih pada hardware.

Bila merasa curiga dengan sistem di ponsel, dan ditengarai ada virus didalamnya, coba dahulu install antivirus dan scan. Bila tidak ada potensi ancaman malware, unistall lagi antivirus, karena antivirus juga berpotensi membuat kinerja prosesor serta RAM tinggi.

Hardware bermasalah

Apabila semua solusi diatas sudah tidak mengatasi masalah, meskipun kita juga sudah melakukan reset atau bahkan flash ulang HP. Maka ada potensi hardware yang bermasalah, untuk yang satu ini solusinya tentu harus dilakukan pengecekan di tempat service HP.

Ada satu lagi tips yang bisa kita lakukan untuk menurunkan suhu tinggi pada smartphone android, yaitu dengan menggunakan aplikasi pendingin HP.

Di google play store banyak kita temui aplikasi pendingan HP, dimana sistem kerja aplikasi ini umumnya membatasi aplikasi di ponsel yang terlampau tinggi mobilitasnya, silahkan dicoba dulu.

Mungkin itu dulu informasi dan tips yang bisa admin bagikan untuk pembaca Gusinfo.com tentang penyebab dan cara mengatasi HP Android panas berlebih, semoga bermanfaat.

Tags:

Leave a reply "Cara Mengatasi HP Android Panas dan Mencari penyebabnya"