Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Memori HP

Tips menyimpan Video Facebook ke Memori HP Android – Sebagai aplikasi sosial media paling populer di Dunia, Salah satu konten selain melihat status teman adalah melihat video yang diunggah teman atau dari tautan yang di share orang lain.

Cara simpan video FB ke HP

Tentu ada sebagaian pengguna FB yang ingin mengunduh atau menyimpan video dari Facebook tersebut ke dalam HP android miliknya. Tentu tujuannya untuk ditonton dilain waktu menggunakan player bawaan smartphone tanpa membuka aplikasi Facebook.

Bisakah video yang ada di facebook disimpan di memori HP ? Jawabnya tentu bisa, bahkan tanpa aplikasi tambahan sekalipun. Meski saat ini banyak ditawarkan aplikasi downloader di google play store yang bisa mengunduh tautan video seperti di youtube, instagram, Twitter atau tautan video dari berbagai situs lainnya.

Bagaimana Simpan Video dari FB ke HP android ?

Untuk mendownload video dari facebook standar atau FB Lite tanpa menggunakan aplikasi tambahan sangatlah mudah.

Simak juga tips Cara Mengatur Agar Terlihat Offline di Facebook dan juga tutorial Tips Video tidak Play Otomatis di Facebook

Di bawah ini admin mencontohkan menggunakan FB lite untuk menonton video dengan smartphone Samsung. Untuk tipe FB standar dan juga smartphone lain caranya sama saja, silahkan disimak.

Baca juga:  Cara Mengaktifkan Format Foto HEIF di HP Samsung Galaxy

1. Buka aplikasi facebook, Boleh FB lite atau facebook standar. Kemudian cari video mana yang ingin kita unduh nantinya

2. Syarat untuk bisa menyimpan file video FB tersebut, kita harus menonton terlebih dahulu sampai selesai.

3. Jadi, lihat dan putar dulu video tersebut sampai selesai, sesudah itu tutup kembali aplikasi facebook.

4. Lalu buka menu File saya atau Pengelola berkas / File manager (pada masing-masing Tipe smartphone berbeda penamannya, jadi harap disesuaikan saja nama menu untuk melihat file)

5. Setelah terbuka, masuk ke memori Perangkat (Internal memori)

Mendownload video facebook ke memori HP android

6. Selanjutnya menuju menuju ke Folder ‘Android‘, lalu buka lagi Folder ‘Data

7. Di bagian folder data tersebut, cari folder dari aplikasi FB, semisal kalau kita menggunakan FB Lite maka nama foldernya ‘com.facebook.lite‘, kalau menggunakan facebook standar tulisannya hanya ‘com.facebook

mengunduh dan menyimpan video FB ke memori HP

8. Setelah masuk, pilih folder ‘Cache‘, kemudian lanjut ke folder ‘Video

9. Disana anda akan melihat beberapa folder file yang namanya seperti abjad acak tidak terbaca. Semakin banyak video di FB yang kita tonton makin banyak pula folder yang terdaftar disana.

Baca juga:  Memunculkan ikon persentase Baterai Nokia 3, 5, 6 dan 8

10. Sebagai contoh, masuk saja ke salah satu folder yang ada, Kemudian akan tampak nama-nama file berupa adigit angka acak serta ukuran file dibawah nama tersebut

Menyimpan file video facebook ke android

11. Tugas anda adalah memilih file yang ukuran filenya paling besar, semakin panjang durasi video maka semakin besar pula ukuran filenya.

12. Tekan dan tahan untuk dua detik, lalu file ersebut akan terseleksi dengan tanda centang, silahkan ubah nama file tersebut dengan hanya memberi tanda akhiran ‘.mp4‘ (tanpa tanda petik)

13. Contoh penulisan ubah nama file, semisal 0000 kita ganti nama filenya menjadi ‘0000.mp4’ (tanpa ada tanda petik), nantinya akan ada peringatan di layar, tekan saja lanjut atau Ya.

hasil unduhan video FB di memori HP

14. Bila sudah, kita akan melihat file tersebut akan muncul thumbnail gambar (cuplikan gambar awal) dari file video facebook yang kita tonton tadinya.

15. Nah, kit abisa memainkan video tersebut secara langsung atau bisa memindahnya ke folder lain terlebih dahulu, semisal dipindah ke folder galeri atau bisa langsung kita share ulang ke media sosial.

Yang perlu diingat, mengapa facebook tidak menyediakan tombol unduh untuk file video di aplikasinya ?, jawabannya adalah masalah privasi dan hak cipta.

Baca juga:  Cara Mengatasi Flashdisk OTG Tidak terdeteksi di Android

Seperti halnya video di Youtube, Instagram, twitter dan selainnya milik platform google, kita sebenarnya dilarang untuk mengunduh serta share ulang karena berkaitan dengan hak cipta seseorang.

Catatan: Meski Tanpa menginstall aplikasi downloader di HP android, untuk bisa menyimpan file video dari facebook ke memori ponsel ada syaratnya, yakni jangan melakukan pembersihan cache terlebih dahulu.

Bila anda rutin menghapus cache setiap hari yang tujuannya untuk menghemat ruang memori HP serta melegakan kapasitas RAM, maka urungkan dulu sebelum kita sukses menyimpan file video FB ke dalam ponsel. Barulah setelah proses menyimpan selesai kita bisa membersihkan cache ponsel.

Begitu juga semakin kita banyak melihat-lihat berbagai video yang beredar di FB, maka lambat laun memori internal HP android kita akan berkurang disebabkan adanya file cache video yang masih tersimpan di memori. Jadi untuk mengatasinya tentu dengan menghapus cache ponsel.

Itulah tips dan trik cara menyimpan video yang kita tonton dari aplikasi facebook ke memori HP android tanpa menginstall aplikasi tambahan, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Cara Menyimpan Video dari Facebook ke Memori HP"