Menyambungkan Internet DVB-T2 dengan HP lewat Kabel Data

Saat ini STB untuk menonton siaran TV Digital lagi laris di pasaran dengan berbagai fitur yang ditawarkan, Seperti bisa terkoneksi ke Internet via Dongle Wi-Fi atau Hotspot ponsel untuk melihat Video Youtube, IPTV, MiTube, Perkiraan Cuaca dan lan sebagainya.

Menyambungkan STB Matrix dengan HP android lewat kabel data

Salah satu produk STB TV Digital yang murah dan banyak peminatnya yaitu DVB-T2 Matrix Apple HD Merah maupun Silver. Dimana harga STB Matrix kisaran Rp 190 Ribu sampai Rp  230 Ribuan di Toko Onlne seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan selainnya.

Untuk bisa menonton youtube, Perangkat STB Matrix harus diberi alat tambahan berupa stik receiver Wi-Fi untuk terhubung ke jaringan internet. Adapun tipe Dongle WiFi yang support DVB-T2 Matrix Apple yaitu Ralink 7601 dan 5370.

Pertanyaannya, Bagaimana menghubungkan DVB T2 Matrix ke Internet menggunakan HP Android tanpa perlu memasang Dongle Wi-Fi ?

Cara Koneksi Internet DVB Matrix via HP Android

Bila sobat tidak memiliki Dongle Wi-Fi, mash ada cara untuk menyambungkan Internet STB Matrix Apple, Yaitu menggunakan fitur hotspot Portable yang ada di smartphone.

Baca juga:  Cara Berbagi Internet HP Samsung J2 Prime ke Laptop

Persiapkan dulu kabel data USB dan ponsel sudah terhubung ke jaringan Wi-Fi internet. Bila sudah, lanjut ke langkah-langkah mengkoneksikan STB dengan HP android di bawah ini:

  1. Nyalakan TV dan DVB Matrix
  2. Colokkan Kabel data ke STB dan Ponsel
  3. Buka Menu pengaturan di HP dan masuk ke Koneksi
  4. Aktifkan opsi Penambatan USB
  5. Bila berhasil, Di TV akan tampil ikon USB selama 3 detik di pojok kanan bawah
Koneksi DVB T2 dan HP Android via kabel data USB

Untuk memastikan Koneksi STB dan Ponsel sudah terhubung, Pilih menu Wi-Fi di DVB-T2 Matrix. Bila tampil tulisan ‘Kabel-1’ di bagian Alat, berarti smartphone sudah tersambung dan siap digunakan.

Coba lakukan test dengan menjalankan aplikasi Youtube atau IPTV di STB dan pastikan smartphone juga sudah terhubung ke internet. Bila video Youtube bisa diputar dan tidak ada pesan kesalahan jaringan, berarti koneksi berhasil.

Intinya, Smartphone yang tersambung ke STB sebagai receiver seperti menggunakan Donggle Wi-Fi dengan memanfaatkan fitur Tethering USB. Sedangkan untuk jaringan internet bisa menggunakan Data seluler selain terhubung ke hotspot Wi-Fi di rumah.

Baca juga:  Mengatasi STB Matrix Apple Gagal Update dan Selalu Restart

Q & A

Mengapa Internet STB Matrix Tidak terhubung menggunakan Tethering HP ?

Pastikan kabel data berfungsi dengan baik, Kemudian lepas dan tancapkan lagi kabel data ke port USB di DVB dan juga ponsel.

Bila perlu reboot STB dan HP supaya sistem kembali fresh dan siap untuk dikoneksikan. Lalu, aktifkan fungsi Tethering atau Penambatan USB yang ada di menu pengaturan smartphone.

Internet tidak terhubung juga disebabkan Ponsel tidak terhubung ke jaringan WiFi atau data Internet. Pastikan juga membuka aplikasi IPTV atau Youtube Kids yang ada di DVB Matrix untuk memastikan memang benar jaringan internet tersambung atau tidak.

Mengapa Youtube ada Tulisan No Result di DVB-T2 saat dijalankan ?

Mungkin sobat pernah mengalami problem saat ingin menonton Youtube di DVB-T2 Matrix Apple ternyata tampil notifikasi ‘No Result’, Meskipun IPTV dan aplikasi lain bisa dijalankan.

Youtube No Result di STB Matrix bisa diatasi dengan melakukan update software dengan versi terbaru atau setidaknya yang lebih tinggi dari bawaan DVB.

Baca juga:  6 Cara Mengatasi Fingerprint Samsung Error Tidak Berfungsi

Cara Upgrade Software DVB Matrix Apple versi Terbaru sudah saya bagikan tutorialnya sebelumnya, Begitu juga cara setting dan input daftar Channel IPTV lengkap siaran Dalam dan luar Negeri.

Mengapa Internet Lancar tapi Youtube Tersendat-sendat di DVB Matrix ?

Bila hal tersebut terjadi, maka sobat tidak sendirian mengalaminya. Di waktu-waktu tertentu terkadang memang server youtube untuk STB matrix sedang mengalami masalah, sehingga video yang diputar sering buffering atau macet-macet.

Di forum pengguna DVB-T2 Matrix facebook sudah dijelaskan bahwasanya masalah video youtube yang selalu buffering disebabkan gangguan server. Jadi bukan STB kita yang rusak atau bermasalah.

Adapun solusinya yaitu menunggu server Youtube Matrix kembali lancar dan menanti file update terbaru software DVB-T2 Matrix untuk mendapat fitur aplikasi yang lebih stabil dari sebelumnya.

Itulah cara menghubungkan STB dengan HP Android untuk mendapat koneksi internet tanpa menggunakan Dongle Reciver Wi-Fi, dan bila masih bingung bisa menonton video tutorialnya di bawah ini, Semoga bermanfaat.

Video Tutorial Cara Koneksi STB Matrix Apple HD dengan HP Android via Kabel Data USB

Artikel Terkait