File Upgrade STB DVB Matrix Apple versi Terbaru

Pada pembahasan sebelumnya saya sudah bagikan tutorial cara upgrade Set Top Box DVB-T2 Matrix Apple HD versi 248. Tidak berselang lama, sudah keluar versi 249 dan bahkan firmware terbaru versi 253 sudah bisa didownload dengan upgrade otomatis, dimana fitur disediakan dengan beberapa penyempurnaan dan lebih ringan dijalankan.

file software upgrade stb matrix terbaru 2022

Seperti diketahui, pada versi software STB matrix Apple DVBT2 banyak yang mengeluhkan youtube saat diputar selalu buffering alias tidak lancar. Meskipun speed internet tinggi dan lancar, namun tetap saja video tersendat menjadikan aktifitas menonton terasa membosankan.

Meskipun permasalahan youtube di STB Matrix Apple yang tidak lancar sudah dijelaskan oleh pihak matrix kalau ada masalah server, Namun tetap saja banyak konsumennya yang tidak tahu penyebabnya, Apalagi yang tidak mengikuti perkembangan beberapa Forum di media sosial.

Untungnya tidak berselang lama, ada pembaruan software ke versi 249 untuk STB Matrix Apple HD Merah, yang setelah admin coba install ternyata benar, Video youtube tidak buffering lagi.

Cara Update software STB DVB-T2 Matrix Apple

Bagi Kamu yang belum membaca postingan saya sebelumnya perihal cara upgrade DVB-T2 Matrix Apple HD, sebaiknya simak dulu bagaiman cara memperbarui firmware ke versi terbaru berikut ini :

  1. Silahkan Unduh file Firmware DVB-T2 Matrix Apple versi 249 pada link berikut > Download
  2. Simpan file yang sudah didownload ke Flashdisk
  3. Bila sudah, Nyalakan TV dan STB
  4. Selanjutnya masukkan Flashdisk ke port USB depan atau belakang di STB Matrix
  5. Buka menu Upgrade, Lalu pilih USB Upgrade
  6. Selanjutnya masuk ke opsi Jalur File dan pilih lokasi letak file disimpan di flashdisk
  7. Bila sudah silahkan pilih menu Mulai dan tekan tombol OK di remot
  8. Tunggu sampai proses selesai dan STB Matrix Apple Reboot Otomatis
Baca juga:  Lupa  Password WiFi yang tersambung di HP, Begini Cara Melihatnya !

Untuk memeriksa apakah software STB sudah update, masuk ke menu Informasi. Disana akan terlihat info mengenai nama perangkat, Versi software, tanggal Build, Jenis koneksi dan lain sebagainya.

Cara Upgrade dan Recovery STB Matrix Apple lewat Booting

Ada cara lebih cepat untuk memperbarui software DVB-T2 Matrix Apple selain menggunakan cara standar diatas, yaitu melalui layar booting.

Simak juga informasi : Daftar STB TV Digital Resmi Bersertifikat Kominfo, serta Cara mengatasi Youtube No Result pada STB DVBT2 Matrix Apple HD merah.

Dimana metode update firmware via booting di STB bisa digunakan juga untuk memperbaiki error sistem, seperti mengatasi DVB Matrix stuck atau bootlop alias hanya tampil logonya saja dan macet tidak bisa masuk ke tampilan menu utama.

Jadi selain untuk upgrade atau Downgrade, file software juga dapat digunakan untuk proses Recovery sistem STB matrix Apple yang rusak atau hanya terdiam di logonya saja.

Adapun cara recovery maupun update sistem STB matrix, ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

Baca juga:  Cara Restart Paksa HP OPPO Layar Macet tidak Respon
  1. Pastikan sudah download firmware STB Matrix
  2. Salin file ke dalam flashdisk dan taruh di bagian luar, jangan di folder
  3. Langkah selanjutnya Ubah nama file menjadi recovery.rcv
  4. Nyalakan TV, dan posisikan STB jangan dihidupkan dulu
  5. Dalam kondisi DVB Off, tancapkan Flashdisk ke lubang USB
  6. Nyalakan STB dan tunggu sampai tampilan layar mengeluarkan perintah
  7. Akan muncul informasi di layar berupa teks, Tekan OK di tombol remot untuk memulai proses recovery
  8. Tunggu sampai proses selesai 100 persen
  9. Bila ada perintah unplug USB maka lepaskan flashdisk
  10. Setelah itu STB akan reboot otomatis dan tunggu sampai menu utama muncul
  11. Proses telah selesai dan silahkan cek infonya di menu informasi

Mengapa flashdisk tidak terdeteksi di STB Matrix Apple ?

Beberapa hal yang bisa menyebabkan flashdisk tidak terbaca di perangkat set top box, diantaranya Flashdisk tidak tertancap sempurna, coba copot dan colokkan ulang jangan sampai miring.

Penyebab kedua yaitu format flashdisk tidak support di DVB-T2, Coba format ulang flashdisk ke FAT32 (default) dan setelah itu tancapkan embali ke STB.

Baca juga:  Cara Simpan Foto dan Video di Google Drive HP Android

Penyebab ketiga Flashdisk tidak terbaca di DVB yaitu perangkat tidak support atau rusak. Dimana ada beberapa merek dan tipe Flashdisk yang tidak dapat terdeteksi di perangkat STB.

Mengapa upgrade STB selalu gagal ?

Bila mengalami saat ingin upgrade software Matrix Apple namun selalu gagal, Pastikan dulu flashdisk sudah diformat dengan FAT32.

Unduh ulang firmware, bisa jadi file yang didownload sebelumnya ada corrupt atau rusak tanpa kamu sadari.

Bila metode upgrade dari menu utama STB tidak bisa dilakukan dan sudah yakin kalau firmware tepat sesuai tipe dan merek STB, coba lakukan upgrade via booting sepeti langkah diatas, dengan merubah terlebih dahulu namanya menjadi recovery.rcv .

Apakah bisa software STB DVB-T2 Matrix diturunkan versinya ?

Kamu bisa menurunkan versi firmware STB sama dengan langkah-langkah upgrade diatas. Melakukan downgrade biasanya dilakukan apabila tidak menykai versi terbaru, entah karena masih suka tampilan dan menu yang lama, maupun penyebab lainnya.

Artikel Terkait