Penyebab HP Android Macet dan Lemot saat Internetan

Penyebab HP android macet dan lemot digunakan internetan – Berbagai masalah sistem di smartphone android bisa disebabkan beberapa hal. Bisa karena kesalahan pengguna, aplikasi maupun dari dalam sistem itu sendiri.

android sering macet dan lemot

Banyak juga pemilik HP android yang merasa HP cepat panas dan menyebabkan baterai HP cepat habis meskipun merasa ponsel jarang dipakai untuk waktu yang lama dan jarang menjalankan gae berat selama berjam-jam.

Permasalahan Internet Lemot dan sering macet saat digunakan untuk berselancar atau menjalankan aplikasi sosial media menjadikan pengguna android merasa tidak nyaman.

Tidak hanya itu, banyak juga yang mengeluhkan HP cepat panas saat dipakai internetan atau terkadang aplikasi keluar sendiri ketika sistem melambat dan terasa lemot.

Penyebab HP Android lemot atau macet saat internetan

Nah, bagi anda yang mengalami salah satu problem pada smartphone miliknya, entah itu merek HP Merek OPPO, Samsung, lenovo, Asus, Xiaomi dan selainnya, bisa menyimak penyebab dan tips mengatasi lemot dan macet ketika internetan di bawah ini.

Tangkapan Sinyal dan mode data

Pengaruh tangkapan sinyal yang tidak stabil bisa menjadi penyebab lemotnya koneksi internet. Apabila kita tidak menggunakan jaringan WiFi alias memakai kartu selular untuk terkoneksi ke sambungan data, maka syarat utamanya harus mempunyai tangkapan sinyal yang bagus agar sambungan data stabil tidak terputus-putus.

Jadi pastikan kondisi sinyal di HP tidak minim dan stabil, setidaknya cukup 2 baris tanda sinyal tidak turun sudah bagus.

Selain itu Mode data pada pengaturan internet juga harus diperhatikan, pastinya saat kita menyetting dengan kondisi mode 2G akan jauh berbeda rasa kecepatannya dengan 3G apalagi 4G.

Baca juga:  Cara Ubah Mode Desktop Facebook di HP Android

Baca juga: Sinyal 3G dan 4G tapi internet tetap Lemot Apa sebabnya?

Membuka Banyak Tab

Mungkin anda termasuk dari salah satu pengguna HP android yang suka membuka browser dengan beberapa Tab didalamnya, hal tersebut akan mempengaruhi kinerja CPU dan penggunaan RAM sehingga bisa membuat HP terasa lemot dan bahkan macet saat dijalankan.

Banyak membuka Tab di browser memang menguntungkan saat kita ingin mengunjungi banyak situs dalam satu browser tanpa menutup alamat situs yang lain.

Selain dapat mempercepat habisnya kuota data, membuka banyak Tab di browser bisa membuat kapasitas RAM dna kinerja prosesor semakin berat dan akhirnya suhu HP naik dan sistem menjadi lemot atau melambat kinerjanya.

Jadi lebih baik tutup situs yang sudah tidak kita baca untuk memulai membuka alamat web lain, jangan terlampau banyak membuka beberapa tab supaya ponsel tidak lekas panas, lambat dan akhirnya Hang / macet.

Banyak Proses di background Sistem

Banyaknya aplikasi yang terinstall di android bisa berdampak pada proses yang sedang berjalan di belakang layar. Semakin banyak proses yang terjadi background sistem semakin menambah beban bagi CPU maupun RAM sehingga berdampak pada suhu dan kinerja hardware didalamnya.

Baca juga:

Beberapa contoh aplikasi yang selalu berjalan di background sistem android diantaranya aplikasi Sosmed seperti FB, WhatsApp, BBM, Line, Instagram, twitter dan beberapa aplikasi yang menggunakan sinkron data via internet.

Meskipun kita tidak sedang menjalankan aplikasi tersebut, saat koneksi data internet sedang terhubung, maka tanpa kita sadari akan terjadi proses secara terus menerus untuk sinkronisasi data ke server penyedia aplikasi tersebut.

Baca juga:  Cara Ubah Jaringan 4G slot SIM 2 HP Samsung Galaxy

Jadi, untuk menghindari HP android lemot dan panas saat digunakan untuk internetan, sebisa mungkin matikan proses aplikasi yang jarang kita pakai, atau lebih baik uninstall aplikasi dan bisa kita pasang kembali saat kita membutuhkannya.

Aplikasi atau sistem Error

Mungkin kita pernah mengalami saat menjalankan aplikasi sering macet atau keluar sendiri?, Bila hanya satu saja aplikasi yang menyebabkan sistem Hang atau macet maka bisa dipastikan ada kerusakan pada aplikasi, dan solusinya tentu harus mencopot dan memasang ulang aplikasi agar fresh.

Namun bila beberapa aplikasi atau bahkan sebagian besar saat dijalankan menyebabkan HP lemot, terkadang macet dan seringkali menyebabkan sistem android Hang, bisa dipastikan penyebabnya adalah sistem, meskipun ada beberapa penyebab seperti hardware yang bermasalah.

Untuk mengatasi sistem error dan saat menjalankan beberapa aplikasi sering ngadat dan membuat ponsel panas tidak seperti biasanya, silahkan lakukan terlebih dahulu proses reset pengaturan seperti factory reset atau hard reset.

Masa pemakaian HP android

Mungkin saat pertama kita beli HP terasa lancar dan cepat untuk membuka aplikasi maupun untuk aktifitas internet. Namun setelah sekian lama kita menggunakannya, ada problem yang muncul seperti HP sering hang, aplikasi sering keluar sendiri, HP terasa panas dan boros baterai dan lain sebagainya.

Dalam masa pemakaian yang lama tersebut, kita seringkali menginstall dan mencopot aplikasi, memasukkan file dan menghapusnya dan beberapa aktifitas didalamnya. Hal tersebut dapat membuat file sampah bertumpuk di android.

Baca juga:  Cara Screen Recording HP Nova 2i dan 3i Mudah dan Cepat

Oleh sebab itu, banyak sekarang ini aplikasi untuk membersihkan file-file sampah, membersihkan cache dan temporary file yang fungsinya tidak lain membuat sistem tetap sehat tidak cepat rusak.

Efek Browser dan situs

Khusus untuk pengguna android yang suka internetan di browser, mungkin pernah mengalami lelet atau lemot saat mengakses situs yang kita jelajahi. Bahkan saat koneksi terlihat baik dengan mode jaringan 4G namun situs tidak cepat terbuka, Nah apa masalahanya?

Untuk penyebab lemotnya membuka alamat situs, ada beberapa penyebab yang bisa terjadi seperti trafik hosting situs sedang padat sehingga meskipun kita menggunakan koneksi internet cepat tetap saja kita harus antri untuk masuk ke alamat tersebut.

Ada juga penyebab lain seperti Browser kita yang error, banyak Tab yang terbuka, atau bahkan ada malware yang menumpang di sistem android.

Adanya Virus di Android

Nah, untuk masalah yang satu ini mungkin kita langsung tertuju pada penangkalnya yakni antivirus. Dimana virus yang sudah masuk ke sistem android bisa menyebabkan masalah serius seperti koneksi internet lemot, HP terasa panas, baterai cepat habis, aplikasi sering macet, menu di HP tiba-tiba hilang dan lain sebagainya.

Untuk masalah yang satu ini tentu kita harus mencoba salah satu antivirus ampuh untuk mengatasi malware yang menjangkiti sistem android kita.

Ada banyak antivirus ampuh yang bisa menghapus berbagai virus di android seperti Avast, Avira, McAfee dan beberapa antivirus populer di google play store yang dapat kita pilih.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang penyebab dan solusi mengatasi HP android sering macet maupun internetan lemot, semoga bisa bermanfaat untuk pmebaca semua.

Tags:

Leave a reply "Penyebab HP Android Macet dan Lemot saat Internetan"