Setting Mode Manual Kamera HP Redmi Note 7 / 8 Layaknya DSLR

Smartphone jaman sekarang tidak kalah dengan Kamera DSLR dalam menghasilkan bidikan gambar yang bagus. Dimana menu settingan ISO, Shutter speed dan bukaan lensa juga bisa dilakukan dari kamera ponsel.

mode kamera manual HP Redmi Note 7 dan 8

Seperti halnya di smartphone Xiaomi Redmi Note 7 atau 8 serta seri Pro, Bisa memilih pengaturan kamera dari otomatis ke mode manual, Seperti memilih nilai ISO, mengatur bukaan diafragma lensa dan juga mengatur kecepatan shutter.

Biasanya pengguna smartphone ingin memilih mode manual karena ingin menghasilkan jepretan foto yang lebih kreatif. Kalau menggunakan mode Otomatis, tinggal tekan tombol terkadang gambar yang dihasilkan tidak sesuai dengan harapan, seperti efek bokehnya, terang-gelap foto, noise dan aspek lainnya.

Mengaktifkan mode manual kamera HP Redmi Note 7 / 8

Langsung saja ikuti langkah-langkah memilih mode manual kamera di ponsel Xiaomi Redmi note 7 / Pro, Note 8 / Pro dan beberapa tipe lainnya.

  1. Jalankan aplikasi kamera bawaan ponsel
  2. Selanjutnya masuk ke mode ‘Pro‘, untuk letaknya coba geser ke kanan layar sampai menemui mode profesional.
  3. Di tampilan Pro, anda bisa mengubah nilai ISO, S (Shutter Speed) dan F (Fokus / aperture) dengan menggeser slider kekanan dan kekiri.
Mode Pro kamera Xiaomi Redmi Note

Apa itu ISO, Shutter Speed dan Aperture Kamera ?

Bila di smartphone proses bukaan lensa kamera dilakukan secara elektrik, Berbeda dengan kamera DSLR yang penggeraknya secara mekanik dan elektronik.

Baca juga:  Fingerprint di Xiaomi Redmi Tidak Fungsi Bagaimana Mengatasinya ?

Simak juga : Cara Mengatasi Error Kamera HP Xiaomi / Redmi dan cara mengatasi kesalahan otentifikasi WiFi di HP Xiaomi.

Terlepas dari cara kerja kedua perangkat tersebut, tentunya saat sobat memotret objek dari smartphone seperti Xiaomi di mode manual harus memilih sendiri ISO, Shutter speed dan juga Aperturenya. Bagi yang belum tahu apa fungsi ketiga fitur tersebut, simak ulasan singkatnya di bawah ini.

Pengertian ISO Kamera

Secara sederhana ISO merupakan nilai sensitifitas pada sensor kamera. Semakin rendah nilainya semakin sedikit pula cahaya yang diterima.

Anda bisa mencobanya pada kamera ponsel Xiaomi dengan memilih ISO 100 misalnya, maka keadaan image akan lebih gelap dibanding memilih ISO 800.

Namun Semakin tinggi ISO yang dipilih, maka hasil foto akan banyak noise. Oleh sebab itu sebisa mungkin pilihlah ISO paling rendah untuk mendapat gambar yang halus dan meminimalkan noise.

Pengertian Aperture (Bukaan Lensa)

Agar mudah dipahami, Aperture adalah bukaan diafragma lensa kamera, Semakin besar bukaan lensanya maka semakin kecil nilai f-numbernya.

Baca juga:  Apa Fungsi HDR Kamera Xiaomi Redmi Note 7 dan Tipe Lainnya ?

Semakin kecil bukaan lensa maka cahaya yang masuk ke sensor juga sedikit, begitu juga sebaliknya.

Bayangkan saja sebuah jendela kamar, saat anda membuka jendela kamar lebar-lebar maka cahaya yang masuk otomatis lebih banyak dibanding membukanya separo.

Pengertian Shutter Speed

Sedangkan shutter speed sendiri adalah kecepatan buka-tutup sensor kamera dan berapa lama sensor tersebut menerima paparan cahaya masuk.

Ukuran Nilai Shutter speed adalah Second atau detik. Dimana semakin kecil nilainya maka semakin cepat mengambil dan menciptakan foto.

Semisal anda ingin memotret benda bergerak dan hasilnya seperti diam, maka gunakan shutter speed kecil seperti 1/500 atau 1/1000.

Sedangkan bila ingin memotret gerakan air seolah mengalir natural, gunakan kecepatan shutter seperti 6 detik atau diatasnya.

Dan yang perlu diingat, saat memilih shutter speed tinggi semisal 10 sampai 30 detik gunakanlah tripod, karena proses pengambilan gambar yang lama sehingga sensitif terhadap gerakan tangan.

Kesimpulannya, Untuk menggunakan mode manual pada smartphone Xiaomi Redmi Note 7 / 8 mapun tipe ponsel lainnya, pemilihan nilai ISO, F dan Shutter yang tepat akan berpengaruh pada hasil foto yang kreatif dan berbeda dari mode otomatis.

Baca juga:  Mengubah Koneksi Data Kartu SIM 1 dan 2 HP Redmi Note 7/Pro

Dalam istilah dunia fotografi ada nama Segitiga eksposure, dimana ketiga komponen tersebut berpengaruh pada setiap hasil jepretan kamera. Jadi intinya harus banyak mencoba.

Itulah tips singkat tentang cara mengaktifkan mode manual pada kamera ponsel Redmi Note 7 / Pro dan 8/Pro. Semoga bisa dimengerti dan dipraktekkan dengan mudah, terima kasih.

Leave a reply "Setting Mode Manual Kamera HP Redmi Note 7 / 8 Layaknya DSLR"